Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menggambar jenis lambang/simbol lalu lintas. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan pancasila.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.
3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari
gambar tersebut?
2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat
menyeberang jalan?
Nenek mengucapkan terima kasih karena telah
dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus
makanan tradisonal. Makanan tradisional itu
empek-empek. Empek-empek berasal dari
kampung halaman nenek. Masih ada banyak
contoh makanan tradisional lainnya. Contoh kue
tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon,
dodol, serabi, dan kue lapis.
Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue
tradisional?
Perhatikan diagram makanan tradisional yang
disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan
diagram tersebut!
1. Berapa banyak anak yang menyukai serabi?
2. Berapa banyak anak yang menyukai kelepon?
3. Apa nama kue yang paling banyak disukai?
4. Apa nama kue yang paling sedikit disukai?
5. Berapa banyak perbedaan antara yang menyukai
kue lapis dan kue onde-onde?
Apa saja yang dapat kamu simpulkan dari diagram
tersebut?
Berbagai jenis makanan tradisional merupakan
kekayaan Indonesia. Rumah adat dan suku juga
kekayaan Indonesia. Begitupun pakaian adat dan
agama yang sangat beragam di Indonesia lambang
kekayaan dan kekuatan. Kita harus hidup rukun
untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
Ayo Berlatih
Berilah tanda centang (✔) untuk sikap
menghargai perbedaan!
Carilah informasi tentang rumah dan pakaian
adat nusantara.
Gunting dan tempelkan rumah dan pakaian adat
yang berasal dari daerah yang sama.
Tuliskan nama daerah sesuai rumah dan pakaian
adat tersebut!
Adakah manfaat dari keberagaman pakaian yang
dimiliki Indonesia?
Tuliskan pendapatmu tentang manfaat
keberagaman pakaian di Indonesia!
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar. . Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar