Pages

Pages - Menu

Rabu, 14 Mei 2025

Kamis, 15 Mei 2025

 TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 3 AKU SUKA BERPETUALANG

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Kamis, 15 Mei 2025

Tema                : 8 Praja Muda Karana

Subtema               :  3 Aku Suka Beepetualang

Pembelajaran        : 5 

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, Diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 7 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 8 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  menggambar jenis lambang/simbol lalu lintas. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan pancasila.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.

2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  dengan tepat.

4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

 

Ayo Membaca

Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar ramburambu petunjuk tempat.

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!


Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?

Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri

Perhatikan petunjuk tempat beribadah berikut!


Perhatikan gambar berikut ini!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
    Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross

2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
    Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross        pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.


Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya.  Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.

Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?

Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.



Sekian materi kita pada hari ini semoga ananda semua dapat memahaminya dengan baik. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan arah perjalanan secara runtut. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu menentukan arah perjalanan pulang secara runtut. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar