Pages

Pages - Menu

Selasa, 20 Mei 2025

Kamis, 22 Mei 2025

  TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Rabu, 21 Mei 2025

Tema                : 8 Praja Muda Karana

Subtema               :  4 Aku Suka Berkarya

Pembelajaran        : 5 

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, Diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 7 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 8 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  membuat diagram dalam bentuk gambar dengan tepat. Nah sekarang kita akan mempelajari sub tema 4

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,

Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa dapat menentukan arah mata angin dan dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.

2. Siswa dapat membuat denah sesuai lokasi menggunakan arah mata angin dengan tepat

3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan posisi suatu tempat dengan benar. 

4. Setelah berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.  

5. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.  


Ayo Berlatih

Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.


Diagram akan digambar seperti berikut ini!

 

Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!

1. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat? 8 Buah Buku
2. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu? 20 Buah Buku
3. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak? pada hari Senin 

Membuat Denah

iti dan teman-teman berlatih membuat denah untuk lokasi kegiatan amal. Mereka berencana melaksanakan kegiatan di lapangan upacara.

Ada tiga meja untuk menjual mainan bekas. Semua meja penjualan mainan bekas menghadap ke arah
barat.

Ada tiga meja untuk penjualan sepatu bekas. Semua meja penjualan sepatu bekas menghadap ke arah timur.

Ada empat meja untuk penjualan buku bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah selatan.

Ada lima meja untuk penjualan baju bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah utara.

Buatlah denah berdasarkan informasi tersebut!
Pakaian Bekas

Andaikan kegiatan tersebut dilakukan di sekolahmu. Jelaskan beberapa hal berikut! Di mana kegiatan akan dilakukan? (Kegiatan dilakukan di halaman sekolah) Jelaskan arah perjalanan dari gerbang sekolah menuju tempat kegiatan amal! (Dari gerbang sekolah berjalan ke arah barat )


Membaca denah dalam bentuk gambar

Perhatikan denah taman bermain berikut ini! Pelajari cara membaca denah tersebut! Lalu, tentukan area penghijauan yang paling tepat pada gambar denah tersebut!

Denah Penghijauan
Posisi seluncuran ada di A1.
Posisi ayunan ada di A2.
Posisi tempat duduk ada di A3.

Ayo Berlatih
Isilah titik-titik sesuai gambar taman bermain!
Tentukan posisi sesuai contoh!
  1. Posisi pedagang ada di B2
  2. Posisi jembatan ada di B3
  3. Posisi air mancur ada di C2
  4. Posisi tempat sampah ada di C1
  5. Misalkan akan ditanam pohon. Lokasi yang bisa di gunakan B1 dan C3

Sekarang perhatikan gambar denah berikut ini !
Lengkapi denah dengan gambar sesuai keterangan!
Denah Lengkap
Keterangan
Posisi A1 terdapat tempat duduk anak-anak saat beristirahat.
Posisi B2 terdapat kolam ikan.
Posisi A3, B3, dan C3 terdapat area penghijauan.
Posisi C1 terdapat tempat sampah

Baca dan diskusikanlah bersama temantemanmu!
Tentukan sila Pancasila yang sesuai dengan perilaku tersebut!
Beri tanda centang pada kolom yang sesuai! Kamu bisa memberi centang lebih dari satu disetiap perilaku!


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu  mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benarNamun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu menentukan mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benarUntuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar