Selasa, 02 Februari 2021

Rabu, 03 Februari 2021

 TEMA 6 LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI

SUBTEMA 1 LINGKUNGAN RUMAHKU

KELAS 1 SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG



Bahan Ajar Tema 6 Subtema 1 PB 4

Hari/Tanggal    : Rabu, 03 Februari 2021

Kelas                  : 1 (satu) 

Tema            : 6 (Lingkungan, Bersih, sehat dan bersih) 

Subtema             : 1 (Lingkungan rumahku)

Pembelajaran    : 4

Alat Peraga         : Gambar


Kompetensi Dasar :

B Indonesia KD 3.8

Sbdp KD 3.2

Assalamuallaikum wr wb

Anak hebat, anak pintar dan anak sholih sholiha bu guru. Apa kabar mu hari ini? Jawab penuh semangat ya, "Alhmdulillah luar biasa Allahu Akbar" πŸ’ͺ😍 Alhamdulillah ibu guru juga dalam keadaan sehat wal'afiat. Anak anak mari kita lanjutkan pembelajaran kita hari ini ya, tapi sebelum beraktifitas yuuk kita laksanakan sholat duha dahulu, setelah itu lanjutkan dengan muroajaah ya sayangπŸ€— 🌷

Apersepsi

Kemarin kita sudah memperlajari tentang kalimat petunjuk. Kalimat petunjuk adalah kalimat yang digunakan untuk menjelaskan cara melakukan sesuatu sesuai urutan. Serta mengurangkan dua angka tanpa tehnik meminjam. Sekarng kita lanjukan pembelajaran kita hari ini yaitu pembelajaran ke 4 😊

Tujuan pembelajaran

  • Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanggapan terhadap ungkapan petunjuk
  • Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat berupa ungkapan petunjuk dan membuat kalimat tanggapannya.
  • Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi
  • Melalui permainan alat musik ritmis siswa mampu memeragakan kuat lemah bunyi pada sebuah lagu.

Ayo Mencoba

Selesai berolahraga Udin dan teman-teman bermain musik.

Mereka memainkan marakas dan rebana.Sambil bermain mereka belajar membedakan bunyi

kuat dan lemah.Ikuti petunjuk cara memainkan marakas dan rebana. Mainkanlah dengan iringan lagu. Bedakan kuat lemah bunyi lewat permainan alat musik. 


Simak video berikut ini, contoh alat musik marakas dan cara memainkannya :




Ayo Belajar πŸ“’✏

Tanggapan adalah pendapat atau jawaban. Tanggapan diucapkan setelah melihat, mendengat atau merasakan sesuatu.

Tanggapan dapat berupa persetujuan pertanyaan atau pendapat.


Nah, sekarang cobalah membuat kalimat

tanggapan dari petunjuk berikut ini.

1. Petunjuk: Membersihkan debu sebaiknya dengan lap basah

Tanggapan: Baik aku akan membersihkan debu dengan lap basah. 

2. Petunjuk: Letakkan bola di keranjang.

Tanggapan: Baiklah aku akan meletakan bola di keranjang. 

3. Petunjuk: Selesai digunakan, mainan dikembalikan ke tempatnya.

Tanggapan: ……………………………………………….

4. Petunjuk: Lantai rumah sebaiknya dipel setiap hari.

Tanggapan: ……………………………………………….

5. Petunjuk: Semprot kaca dengan cairan pembersih. Lalu, gosok dengan lap atau karet

pembersih kaca.

Tanggapan: ……………………………………………….

Nah sekarang anak anak boleh lanjutkan membuat kalimat tanggapan pada no 3, 4 dan 5 ya. Boleh isi jawaban mu di kolom komentar blogger bu guru πŸ‘

Penilaian Harian Bahasa Lampung



Jangan lupa minta bantuan mama/papa dengan menggunakan kata tolong dan terimakasih πŸ€—

Dan jangan lupa pula cuci tangan mu setelah selesai menulis supaya tidak ada kuman yang menempel di tangan.  

Selamat beraktifitas, wassalamualaikum πŸ˜πŸ™πŸ˜

Dokumentasi Hasil belajar siswa   




















22 komentar:

  1. Assalamu"alaikum Ibu Hesti
    Nama : Hafiza Khairunnisa Az zahra
    No.Absen: 8
    Hadir Ibu Guru
    Jawabanya :
    3.Baiklah aku akan simpan mainannya ditempatnya agar mainan tidak hilang, tidak tercecer dan rumah juga rapi.
    4.Baiklah aku akan pel lantai setiap hari agar lantai bersih bebas dari kuman dan bakteri.
    5.Baiklah aku akan membersihkan kaca dengan cairan pembersih dan kemudian mengelapnya dengan lap atau karet pembersih kaca.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum ibu guru Hesti
    Nama: Shenta Cahya Anggraini
    No.absen:23
    Hadir ibu guru
    Jawabannya:
    1.Tanggapannya:Baiklah aku akan mengembalikan mainan ke tempatnya.
    2.Tanggapannya:Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari agar bersih.
    3.Tanggapannya:Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih lalu menggosok dengan lap atau karet.

    BalasHapus
  3. Assalamualaimum
    M. Haikal Zhafran
    No absen 14
    Hadir bu
    Jawabannya
    1. Baiklah aku akan mengembalikan mainan ke tempatnya.
    2. Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari.
    3.Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih lalu menggosok dengan lap atau karet

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr wb
    Mikhayla azzahra
    No absen 15

    Jawabanya:
    1. Baiklah aq akan mengembalikan mainan ke tempatnya
    2. Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setia hari
    3. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih lalu menggosoknya dengan kain lap atau karet
    Terimakaaih bu guru wasallam πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Jibril Tanu Danendra
    No.absen 9
    Hadir

    Jawaban :
    3. Baiklah setelah digunakan aku akan mengembalikan mainan ketempatnya.
    4. Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari.
    5. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih, lalu menggosoknya dengan lap atau karet pembersih kaca.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum bu..
    Daffa Arestian Ramadhan
    No.absen 4
    Hadir

    Jawaban :
    3. Baiklah setelah digunakan aku akan mengembalikan mainan ketempatnya.
    4. Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari.
    5. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih, dan menggosoknya dengan lap atau karet pembersih kaca.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum bu
    Zerna yusvi maryama absen 26
    Zerni yusvi mariyam absen 27
    Hadir ya bu

    Jawaban
    3.Baiklah setelah digunakan aku akan mengembalikan mainan ketempatnya
    4.Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari
    5.Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih dan menggosoknya dengan lap dan karet pembersih kaca

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Muhammad Rafa abizar
    No. Absen 16
    Hadir Bu

    Jawaban :
    3.baiklah aku akan mengembalikan mainan ke tempatnya
    4.baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari
    5.baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih,danmenggosoknya dengan lap atau karet pembersih kaca

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum bu guru
    ADEEVA RAMEYZA ELYA
    NO ABSEN 1
    HADIR

    JAWABAN
    1. Baiklah setelah selesai menggunakan mainan aku akan mengembalikan ketempatnya
    2. Baiklah aku akan mengepel lantai setiap hari
    3. Baiklah aku akan meyemprot kaca dengan cairan pembersih dan menggosoknya dengan lap atau karet
    πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Bu guru
    Fathimah Az-Zahra kelas 1 a no absen18 hadir
    Jawaban
    1.Baiklah aku akan mengembalikan mainan ke tempatnya
    2. Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari
    3. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih lalu mengosoknya dengan lap atau karet

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum
    Kanaka aditya rahman
    Kls 1a absen 10 hadir
    Jawabnya
    3. Baiklah aku akan mengembalikan mainan ketempatnya setelah bermain
    4. Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap harinya
    5. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih lalu menggosokannya dengan lap atau karet...

    BalasHapus
  12. Assalammualaikum
    Sherina Nabilla Azka
    Absen 24 Hadir....
    Jawab
    3.Baiklah setelah selesai menggunakan mainan aku akan mengembalikan
    ketempatnya
    4. Baiklah aku akan mengepel lantai setiap hari
    5. Baiklah aku akan meyemprot kaca dengan cairan pembersih dan
    menggosoknya dengan lap atau karet

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  14. assalamualaikum bu hestiπŸ™

    nama : vio abdilah pratama
    kelas : 1A
    absen : 25
    keterangan : hadir

    jawaban :
    1. baiklah selesai menggunakan mainan aku akan mengembalikan mainan pada tempatnya.
    2. baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari nya.
    3. baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih dan menggosokannya dengan lap/karet

    terimakasih ibu hesti πŸ™, wassalamu'alaikum.wr.wb.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum bu guru
    Lucky ramadhan kurniawan
    Absen 12

    Hadir
    Jawaban
    1. Baiklah setelah selesai mengunakan mainan aku akan mengembalikan ketempatnya
    2. Baiklah aku akan mengepel lantai setiap hari.
    3. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih dan menggosoknya dengan lap dan karet

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Khaela Damia Putri Zulkarnain
    1A
    No.Absen 11
    Hadir

    Jawaban:
    3. Baiklah mainan akan aku kembalikan ke tempatnya setelah digunakan
    4. Baiklah aku akan mengepel lantai setiap hari
    5. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih dan menggosoknya dengan lap atau karet

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum bu hesty.
    Nama:Rd.muh.al fatih.m.
    Kls:1a
    No:22
    Jawaban ya.
    3.Baik lah,mainan yg aku gunakan selesai
    nya akan aku kembalikan ke tempat nya
    4.Baiklah agar lantai itu bersih akan aku
    Pel setiap hari.
    5.Baiklah.aku akan menggunakan cairan
    Pembersih kaca dan mengosok dan akan
    Aku lap biar kaca nya bersih.

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum
    Afifah Fildzah Zahira
    No absen 2
    Hadir
    Jawaban
    3.Baiklah mainan akan aku kembalikan pada tempatnya selesai digunakan
    4.Baiklah aku akan mengepel lantai tiap hari
    5.Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih dan mennggosok dengan lap biar bersih.

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum
    Nabil Khalfani DP
    1A
    No.Absen 17
    Hadir

    Jawaban:
    3. Baiklah mainan akan aku kembalikan ke tempatnya setelah digunakan
    4. Baiklah aku akan mengepel lantai setiap hari
    5. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih dan menggosoknya dengan lap atau karet

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum
    Al-khalifi Aqiel Mumtaz
    No absen 3 hadir Bu guru πŸ™

    3. Baiklah mainan akan aku kembalikan ketempat nya sesudah bermain
    4. Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari
    5. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih lalu menggosokannya dengan lap sampai bersih

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum wr wb
    Raisa zahra kirana
    Absen 20
    Hadir

    Jawaban:
    1.Baik aku akan mengembalikan mainan setelah bermain
    2.Baiklah aku akan mengepel lantai rumah setiap hari
    3.Baiklah aku akam menyemprot kaca dengan cairan pembersih lalu menggosokannya dengan lap sampai bersih

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum
    Firas Arraya S.P
    Absen 07
    Hadir

    3. Baik aku akan mengembalikan mainan setelah bermain
    4. Baiklah aku akan mengepel rumah setiap hari
    5. Baiklah aku akan menyemprot kaca dengan cairan pembersih lalu menggosoknya dengan lap/karet

    BalasHapus

Jumat, 17 Mei 2024

          TEMA 8 PRAJAMUDA KARANA SUBTEMA 3 AKU SUKA BERKARYA  KELAS 3 SD AL AZHAR 2   Tema 8                        : Prajamuda karana Subt...