Pages

Pages - Menu

Minggu, 02 Oktober 2022

Senin, 03 Oktober 2022

 

Tema 3 Sub Tema 3 PB 1 dan 2

 Hari/Tanggal : Senin, 03 Oktober 2022

 


Assalamuallaikum
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi yang akan ibu guru sampaikan hari ini adalah.

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  3              :  Perubahan Wujud Benda 

Pembelajaran         : 1

Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan melakukan percobaan, siswa dapat menuliskan informasi perubahan wujud sesuai dengan hasil percobaan.

2.    Dengan menyelesaikan soal latihan di Buku Siswa, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan berat.

3.    Dengan menggambar seni dekoratif, siswa dapat menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan tepat.

Kalian telah mengenal wujud benda. Ada padat, cair, dan gas. Kalian juga telah mengetahui sifat-sifatnya.

Sekarang, apa yang terjadi jika benda tersebut dipanaskan, didinginkan, dan diletakkan di udara terbuka? Apakah benda - benditu mengalami perubahan?

Benda dapat mengalami perubahan wujud. Jika benda tersebut dipanaskan atau didinginkan. Perubahan wujud apa sajakah  yang akan terjadi?

Perubahan wujud benda di alam tanda kebesaran Tuhan. Marilah pelajari perubahan wujud di sekitarmu!


Benda padat jika terkena panas akan mencair. Peristiwa mencair tidak hanya terjadi pada es.

Namun, proses mencair juga terjadi pada benda - benda padat lainnya. Apakah semua benda padat mencair pada waktu bersamaan?

Untuk memahami ini, lakukan percobaan berikut!

Bahan dan Alat

• Empat buah gelas plastik bekas kemasan air mineral

• Es batu, cokelat, kapur, dan mentega


Langkah-Langkah Percobaan

1. Masukkan setiap benda ke dalam gelas. Satu gelas diisi dengan satu benda.

2. Letakkan gelas tersebut di ruangan terbuka. Ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Diamkan selama 15 menit. Coba perhatikan! Apa yang akan terjadi?




Hari ini Lani berulang tahun. Lani akan merayakan bersama teman-temannya. Ibu ingin membuatkan kue cokelat untuk Lani.

Di negara-negara yang mengalami empat musim, saat mu sim dingin tiba akan turun salju. Salju akan mencair begitu ganti musim semi. Tahukah kamu bahwa setiap butiran salju mempunyai bentuk yang khas?

Kamu akan melihat butiran salju yang bentuknya berbeda-beda. Bentuk yang berbeda jika dilihat di bawah mikroskop.

Dari gambar butiran salju, terciptalah karya seni seperti berikut!

Kamu dapat menghasilkan karya seni. Untuk itu, kamu harus menggabungkan garis, bentuk, dan warna. Dengan demikian, hasilnya menjadi harmoni yang indah.

Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan. Semoga anak anak dapat memahami materi hari ini dan bu guru akhiri wassalamuallaikum 🙏🥰🙏

Sabtu, 24 September 2022

Jumat, 30 September 2022

            TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU

SUB TEMA 2 WUJUD BENDA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru serta papa/mama salam sehat dan semangat selalu, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi yang akan ibu guru sampaikan hari ini adalah :

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 5

Tujuan Pembelajaran :

1.      Dengan menuliskan pendapat tentang hidup sederhana, siswa dapat memaparkan arti penting hidup sederhana dengan tepat

2.      Dengan kegiatan menulis, siswa dapat menyusun  informasi tetang wujud benda dengan kalimat efektif.

3.      Dengan kegiatan menimbang, siswa dapat menimbang berat dengan satuan baku.

 

Anak anak kalian sudah belajar cara mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan panjang yaitu mm, cm dm ,m,dam hm dan km. Pada hari ini kita akan mempelajari cara mengukur berat  benda  .

   Aneka Wujud Benda sebagai Anugerah Tuhan

Benda diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam wujudnya. Pernahkah kamu membayangkan jika wujud benda hanya satu? Apa yang akan terjadi? Setiap benda mempunyai sifat dan fungsinya masing-masing. Kamu telah mempelajari benda dan sifatnya. Coba lengkapilah bagan berikut ini.

Ada beberapa satuan masa yang sehar hari disebut berat. Seprti kg ,gram,dan ons.Ketiga satuan ini saling berhubungan. Lakukan lah percobaan berikut! Percobaan menimbang dengan timbangan kue !perhatikan berat benda 1kg dan1000 gram ! apakah benda tersebut menunjuk kan berat yang sama ?

Perhatikan gambar di atas !

Gambar 1 menunjuk kan bahwa 1 kg sama dengan 10 ons

Gambar 2 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 1000 gram

Gambar 3 menunjuk kan bahwa 1 ons sama dengan 100 gram 


Contoh satuan berat 

1. Berat badan Udin adalah 30 kg 

2 Ibu membeli telur seberat 1 kg 

3 Berat cincin ibu adalah 3 gram 

4 Gula pasir yang dibutuh kan untuk membuat kue adalah 250 gram 

5 Ibu memerlukan bawang seberat 100 gram untuk memasak .

 

Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan hari ini, semoga anak anak dapat memahaminya dan bu guru akhiri wassalamuallaikum 🙏🥰🙏

Kamis, 29 September 2022

              TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU

SUB TEMA 2 WUJUD BENDA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru serta papa/mama salam sehat dan semangat selalu, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi yang akan ibu guru sampaikan hari ini adalah :

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 5

Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan mengamati aneka jenis timbangan, siswa dapat menyesuaikan jenis timbangan dengan benda yang diukur dengan tepat.

2.  Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat memahami arti penting bergotong royong.

Ayo Mengamati 

Mengenal Benda Gas Lebih Dekat 

Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan. Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap. Untuk mengetahui hal ini, lakukan percobaan berikut!

Benda gas mempunyai sifat antara lain:

  • Terdapat di segala tempat
  • Mengisi seluruh ruangan yang ditempati
  • Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah
  • Menekan ke segala arah
  • Gerakan antar partikel bebas
  • Memiliki massa atau berat
  • Susunan partikel benda gas tidak teratur
  • Gaya tarik menarik benda gas lemah
Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat. 

Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut!

Perhatikan satuan yang digunakan dalam timbangan berikut! 

Ayo Mencoba 

Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa. Dayu membantu ibu menimbang bahanbahan

yang diperlukan. Dayu menggunakan timbangan kue. Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas. Kompor gas memerlukan tabung gas. Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)? LPG adalah benda berwujud gas. Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar.

Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak. Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah. Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.

  

Ayo Mengamati 

Pernahkah kamu memperhatikan asap yang ada di sekitarmu? Banyak asap di sekitarmu. Misalnya

asap kendaran, hasil pembakaran sampah, dan dari sebuah pabrik. Apakah wujud asap itu? 

Asap berwujud gas. Walaupun di dalam asap masih mengandung campuran benda padat. Hal itu ditan dai karena masih dapat dirasakan dan dilihat wujudnya. Padatan yang ada di dalam asap berukur an sangat kecil.

                                     

Udin membaca berita tentang bencana kebakaran. Bencana tersebut terjadi di beberapa wilayah di Indonesia selama tahun 2015.Kondisi ini mengakibatkan asap menutupi berapa wilayah di Indonesia

Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan hari ini, semoga anak anak dapat memahaminya. Bu guru akhiri wassalamuallaikum 👍🥰👍

Rabu, 28 September 2022

            TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU

SUB TEMA 2 WUJUD BENDA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru serta papa/mama salam sehat dan semangat selalu, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi yang akan ibu guru sampaikan hari ini adalah :

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 4

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan melakukan percobaan tentang sifat benda cair dan gas, siswa dapat menyusun informasi secara lisan/tulis/visual dengan kalimat efektif.

2.        Dengan kegiatan pengamatan terhadap timbangan, siswa dapat menentukan satuan berat baku dengan tepat.

Pada pembelajaran kalian sudah mempelajari tentang wujud benda yaitu benda padat , benda cair dan gas pada hari ini kita akan melihat kembali benda cair  lebih dekat .

Ayo Mencoba  

Melihat Benda Cair Lebih Dekat

Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan. Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah?Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas? 

Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifat-sifat benda cair.

Lakukanlah!

Mengetahui sifat benda cair 

Lakukan secara bersama orangtuamu

Alat dan Bahan

1. Air 

2. wadah kecil

3. Gelas

4. Kantong plastik

Langkah-Langkah Percobaan:

1. Masukkan air ke dalam wadah kecil. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.

2. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!

 

Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair?

Ayo Membaca 

Bacalah wacana di bawah ini

Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masingmasing. Bapak-bapak membantu membersihkan lahan.

Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya. Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil.

Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman. Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan. 

 

 Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan hari ini, semoga anak - anak dapat memahaminya. 

Bu guru akhiri Wassalamuallaikum 🙏🥰🙏