TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU
SUB TEMA 2 WUJUD BENDA
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru serta papa/mama salam sehat dan semangat selalu, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Tema 3 :
Subtema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan melakukan percobaan tentang sifat benda cair dan gas, siswa dapat menyusun informasi secara lisan/tulis/visual dengan kalimat efektif.
2. Dengan kegiatan pengamatan terhadap timbangan, siswa dapat menentukan satuan berat baku dengan tepat.
Pada pembelajaran kalian sudah mempelajari tentang wujud benda yaitu benda padat , benda cair dan gas pada hari ini kita akan melihat kembali benda cair lebih dekat .
Ayo Mencoba
Melihat Benda Cair Lebih Dekat
Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan. Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah?Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?
Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifat-sifat benda cair.
Lakukanlah!
Mengetahui sifat benda cair
Lakukan secara bersama orangtuamu
Alat dan Bahan
1. Air
2. wadah kecil
3. Gelas
4. Kantong plastik
Langkah-Langkah Percobaan:
1. Masukkan air ke dalam wadah kecil. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
2. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!
Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair?
Ayo Membaca
Bacalah wacana di bawah ini
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masingmasing. Bapak-bapak membantu membersihkan lahan.
Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya. Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil.
Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman. Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar