TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU
SUB TEMA 2 WUJUD BENDA
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru serta papa/mama salam sehat dan semangat selalu, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Tema 3 :
Subtema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 1
Tujuan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca wacana tentang wujud benda, siswa dapat mengidetifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.
2. Dengan mengerjakan latihan soal, siswa dapat mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat.
Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia. Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.
Apakah kamu memperhatikan perbedaan dari benda-benda tersebut? Benda dapat dikelompokkan dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari bersama.
Wujud Benda
Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas.
Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?
Ayo Mengamati
Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar?
Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?
Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor.
Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m.
Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m.
Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.
Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya.
Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.
Pernahkah kamu memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin putting beliung, dan lain-lain.
Sekarang, coba kamu bergerak seolah-olah seperti kertas yang tertiup angin!
Perhatikan gambar berikut!
Gerakan angin sepoisepoi bergeraklah lemah ke kiri dan ke kanan.
Jika angin kencang, bergeraklah dengan hentakan yang kuat ke kiri dan ke kanan. Jika angin putting beliung, bergeraklah berputar.
Dengan mengikuti gerakan di atas, kamu dapat membedakan gerakan kuat dan lemah. Dalam tarian, selain gerak tangan ada juga gerakan langkah kaki. Gerakan tangan dan kaki harus selaras dengan irama yang mengiringi. Sekarang, coba kamu berlatih gerakan kaki terlebih dahulu. Iringilah dengan lagu yang kalian suka.
Berlatihlah gerakan kaki dengan gerak lembut. Seperti pohon yang melambai ditiup angin sepoi sepoi dan gerakan pohon yang ditiup angin kencang!
Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan semoga anak anak bisa memahaminya. Bu guru akhiri wassalamuallaikum 🙏🥰🤭
Tidak ada komentar:
Posting Komentar