TEMA 5 CUACA
SUBTEMA 1 KEADAAN CUACA
KELAS 3 SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Assalamuallaikum
Materi kita pagi ini anak sholeh sholeha 🥰🥰
Tema 5 : Cuaca
Subtema 1 : Keadaan Cuaca
Pembelajaran: 5
Tujuan Pembelajaran :
- Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat memberi contoh sikap bersatu dalam keberagaman dengan benar.
- Dengan kegiatan mendata makanan khas daerah masing-masing, siswa dapat membuat daftar dari sikap bersatu dalam keberagaman dengan baik.
- Dengan mengidentifikasi pecahan, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
Ayo Berkreasi
Festival ragam makanan akan dilaksanakan besok. Udin, Beni, Siti, dan teman-teman mulai sibuk.
Mereka mempersiapkan segala sesuatunya. Mereka akan membawa makanan sesuai daerah asalnya. Hari ini mereka akan menghias kelas. Ruang festival akan menjadi lebih meriah. Udin membagi kelompok kerja teman-teman. Kelompok Beni bertugas menyusun meja dan kursi.
Mereka membaginya berdasarkan nama pulau besar di Indonesia. Kelompok Siti bertugas membuat daftar makanan. Apa saja makanan yang akan dipamerkan saat festival? Daftar makanan ditulis di karton besar. Kelompok Lani bertugas menjadi penerima tamu. Mereka juga akan mengatur acara festival. Acara akan menjadi lebih tertib dan teratur. Kelompok Edo bertugas menyiapkan musik dan lagu. Musik dan lagu untuk mengiringi acara festival. Acara festival akan menjadi lebih meriah. Kelompok Dayu akan menyiapkan hiburan. Hiburan pembuka berupa tarian daerah. Tarian daerah untuk menyambut para tamu yang hadir.
Ayo Berlatih
Festival makanan telah tiba. Udin membawa kue cucur khas Betawi.
kue cucur
Siti dari Padang membawa contoh Lamang. Lamang adalah makanan khas dari Padang. Satu batang Lamang dipotong menjadi 20. Siti membaginya untuk teman-teman.
Kue Lamang
Satu batang lamang Siti bagi untuk 5 orang. Masing-masing mendapat 5/20 atau sama dengan 1/4
(seperempat batang).
Satu batang lagi Siti bagi untuk 10 orang. Masingmasing mendapat 2/20 atau sama dengan 1/10
(sepersepuluh batang).
Manakah nilai yang lebih besar antara 5/20 atau 2/20 ?
Nilai yang paling besar adalah 5/20 (seperempat batang).
Siapakah yang lebih banyak mencicipi lamang dari Padang? Apakah yang mendapat 5/20 atau 2/20 bagian?
yang lebih banyak mencicipi lamang dari padang adalah yang mendapat bagian 5/20 (seperempat batang).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar