Selasa, 04 April 2023

Selasa, 04 April 2023

     TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SUBTEMA 4 PERKEMBANGAN

 TEKNOLOGI DAN TRANSPORTASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Tema 7               : Perkembangan Teknologi

Subtema 4         : Perkembangan Teknologi Transportasi 

Pembelajaran   : 3

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi transportasi di lingkungan setempat dengan tepat.

2. Dengan mencermati kata-kata pada teks, siswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi transportasi.

3. Dengan membaca uraian, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu

Beni senang menyeberang pulau dengan perahu. Namun, ia punya keinginan naik kereta. Beni teringat cerita Udin tentang asyiknya naik kereta. Bagaimana pengalaman Udin naik kereta? 

Mari kita cari tahu melalui kegiatan berikut ini!

AYO MEMBACA!

Bacalah teks berikut ini dengan senyap!

Perjalanan dengan Kereta 

Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron.

Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.



Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalulalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. Udin melihat semuanya dari jendela kereta. 

Udin sangat bersyukur dapat menikmatiperjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon.

AYO MENGAMATI!

Udin mengetahui jenis-jenis alat transportasi. Salah satunya kereta api. Udin mengingat kembali alat transportasi yang sudah ia ketahui.  

Bantulah Udin dengan mengisi tabel berikut ini! 


AYO MENULIS!

1. Bacalah kembali teks “Perjalanan dengan Kereta”. Temukan kata-kata baru pada teks! Tuliskan lima kata baru itu pada tabel!  Lalu, buatlah kalimat dengan kata-kata baru itu!

AYO MENCOBA!

Udin dan keluarganya menunggu kereta didekat peron. Peron adalah pelataran tempat penumpang naik dan turun dari kereta. Di sekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu. Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang kursi 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling kursi peron?

Keliling kursi peron:  250 + 50  + 250 +  50  =    600 cm


AYO BERLATIH!

2. Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!



a. Keliling B= ... + ... + ... + ... =        

b. Keliling E= ... + ... + ... + ...=         .

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 22 November 2025

TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )   SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA)  KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Kamis , 21 ...