TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
SUBTEMA 4 PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI DAN TRANSPORTASI
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 4 : Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran : 1 & 2
Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), Matematika (3.10), PPKn (3.3), SBdP (3.4)
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks
perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
2. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.
3. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar
dengan satuan baku tertentu dengan benar.
5. Dengan mengidentifikasi keberagaman pada teks, siswa dapat membuat daftar
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
AYO MEMBACA!
Liburan yang lalu, Beni dan keluarganya berkunjung ke rumah paman. Apa saja yang mereka lakukan disana?
Ayo, kita cari tahu bersama! Bacalah teks berikut dengan intonasi yang tepat!
AYO MENGAMATI!
Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil?
Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita
buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini!
Peralatan yang dibutuhkan:
- Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas
kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar
kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem
AYO MENCOBA!
Amatilah bangun datar pada mobil kardus diatas!
Bangun datar apa saja yang kamu temukan? Sebutkan!
Perhatikan gambar kaca depan mobil! Berapa ukurannya?
Jika kamu akan menghias kaca mobil dengan pita, berapa panjang pita yang kamu butuhkan untuk
menghias seluruh tepi kaca? Mari kita hitung:
Panjang pita yang mengelilingi tepi kaca mobil adalah keliling kaca mobil.
AYO BERLATIH!
2. Amati bangun datar berikut! Berapa kelilingnya?
Keliling Bangun A=... Keliling Bangun B=...
Paman mengajak Beni ke pulau Bunaken. Bunaken memiliki keindahan bawah laut yang terkenal di dunia. Saat bepergian ke Bunaken, Beni menggunakan perahu umum. Bagaimana suasana di dalam perahu yang Beni tumpangi?
AYO MEMBACA!
Bacalah teks berikut dengan suara nyaring!
Pergi ke Pulau
Paman mengajak Beni pergi ke pulau Bunaken dengan perahu umum. Perahu umum dapat ditumpangi siapa saja. Perahu yang ditumpangi Beni dapat memuat 30 orang penumpang. Di perahu, Beni bertemu banyak orang.
Perahu berisi penumpang yang beragam. Ada penumpang laki-laki dan perempuan. Ada anak anak, remaja, dan orang tua. Ada penduduk setempat, pengunjung lokal, dan turis asing. Penumpang perahu mengenakan baju yang beragam. Turis asing mengenakan celana pendek dan kaus tanpa lengan. Ada juga yang memakai pakaian seragam. Semua penumpang duduk bersama-sama di dalam perahu. Selama di perahu, paman menyapa penumpang. Paman juga berbincang-bincang dengan penumpang. Mereka tertawa bersama saat ada yang melucu. Mereka senang dengan suasana akrab di perahu.
Paman berdiskusi tentang transportasi air dengan turis asing. Paman bercerita bahwa Indonesia adalah negara pelaut. Transportasi air sudah digunakan sejak zaman dahulu. Awalnya transportasi air hanya perahu kayu yang digerakkan tangan. Ada kano dan sampan. Sekarang, orang-orang menyeberang laut dengan perahu mesin. Ada kapal feri yang dapat menampung banyak orang. Ada speed boat yang dapat bergerak dengan cepat. Ada kapal pesiar untuk pergi jarak jauh.
AYO BERCERITA!
Alat transportasi terus berkembang. Berikut adalah gambar alat transportasi zaman dulu dan sekarang. Pasangkanlah alat transportasi dulu dan sekarang berikut ini dengan cara menarik garis!
AYO MENGAMATI!
Amati kembali teks “Pergi ke Pulau”!
Perahu berisi penumpang yang beragam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar