Pages

Pages - Menu

Sabtu, 30 September 2023

Senin, 02 Oktober 2023

 TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITARKU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Senin, 28 September 2023

Tema/ Sub Tema : 3/1

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 5

1.  Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat

2. Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.

3.    Dengan melakukan konvensi satuan panjang, siswa dapat mengenal konvensi satuan panjang.

Ayo membaca

 

Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayau ,kertas, dan pelastik . Perhatikan benda yang ada di rumahmu . Benda yang kamu gunakan sehar hari . Adakah benda yang bukan berasal dari kayu ,kertas,atau pelastik? 

Bacalah informasi berikut ini 

 

Benda dari kaca

                       


 

Adakah benda benda yang dibuat dari kaca . Benda tersebut ,antara lain gelas,piring,mangkuk ,kaca mata , akuarium jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifst kedap air dan tembus cahaya . Oleh karena itu,kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

   

Benda dari logam 



Coba amati benda yang ada di rumahmu ! Adakah benda yang dibuat dari logam ?Benda benda tersebut , antara lain panci ,penggorengan ,sendok sayur,sendok makan ,kerangka mobil ,dan pagar rumah

 

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

 Benda dari Karet



 Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tua mu

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik. Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tuamu

Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentubenda. 

Setiap bahan pembentuk benda mempunyaisifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! 

Sebutkan bahan yang biasa digunakanuntuk membuat tempat sampah!

Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah ditempatnya?

Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris?

perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm)

 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Soal Latihan

1.      Tuliskan benda – benda yang terbuat dari plastik!

2.      Untuk mengurangi sampah plastik dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu: reduce, reuse, dan recycle. Recycle berarti . . .

3.   Saat kamu bermusyawarah bersama anggota keluargamu tentang cara mengurangi sampah pelastik di lingkungan rumahmu. Bagaimana jika hasi musyawarah itu tidak sesuai dengan pendapatmu?
4.      Tuliskan sifat bahan benda dari kaca! 
5.      6 m = . . . cm 

Jumat, 29 September 2023

Jumat, 29 September 2023

 TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITARKU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Jumat , 28 September 2023

Tema/ Sub Tema : 3/1

Pembelajaran : 4

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 4 

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan membaca wacana, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang benda yang terbuat dari plastik dengan benar.

2.        Dengan melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar, siswa dapat menggambarkan kondisi sampah plastik dalam bentuk tulisan dengan tepat.

3.   Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat

4.    Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.

Ayo Membaca

Kalian sudah mengetahui bermacam – macam benda yang terbuat dari kertas dan kayu, namun tidak semua benda terbuat dari kertas dan kayu. Ada juga benda yang terbuat dari plastik, mari kita pelajari bersama – sama.

Plastik: Solusi dan Masalah

Perhatikan benda-benda yang ada di rumah mu!

Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik.

Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai sendok sayur. Kantong kemasan dan botol air minum juga terbuat dari plastik.

Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk  dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.

 

Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.

 

Jadi, kamu dapat membayangkan apabila membuang kantong plastik sekarang. Kantong  plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang.

Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.  

Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga. Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik.

Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi. Kamu dapat membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampaplastik. Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik kepada  pemulung atau petugas kebersihan.  Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah.

Gunakan plastik dengan bijak agar bumi selamat!

Lambang Reduce, Reuse

 

 

Ayo membaca

 

Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayau ,kertas, dan pelastik . Perhatikan benda yang ada di rumahmu . Benda yang kamu gunakan sehar hari . Adakah benda yang bukan berasal dari kayu ,kertas,atau pelastik? 

Bacalah informasi berikut ini 

 

Benda dari kaca

                       


 

Adakah benda benda yang dibuat dari kaca . Benda tersebut ,antara lain piring,mangkuk ,kaca mata , akuarium jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifst kedap air dan tembus cahaya . Oleh karena itu,kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

   

Benda dari logam 



Coba amati benda yang ada di rumahmu ! Adakah benda yang dibuat dari logam ?Benda benda tersebut , antara lain panci ,penggorengan ,sendok sayur,sendok makan ,kerangka mobil ,dan pagar rumah

 

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

Selasa, 26 September 2023

Rabu, 27 September 2023

                  MEMPERINGATI MAULID NABI 




Senin, 25 September 2023

Selasa, 26 September 2023

 TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( BENDA)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Senin, 25 September 2023

Tema/ Sub Tema : 3/1

Pembelajaran : 1

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Pembelajaran :

1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.

2.  Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.

3.   Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.

4.  Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.

5.     Dengan menjawab pertanyaan pada persiapan bercerita, siswa mampu menceritakan kembali informasi secara lisan tentang benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan percaya diri.

6. Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah dengan tepat.

 

Setiap hari kita melihat aneka benda di lingkungan sekitar. Benda-benda itu dapat membantu aktivitas kita sehari-hari. Benda di sekitar kita beraneka bentuk dan warnanya. Ada benda yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil.

Ayo, perhatikan benda-benda di sekitar kita

Benda-Benda di Sekitar Kita

Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda

hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas? Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang. 

Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.





Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan.

Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca,  plastik, dan lainnya.

benda dapat menghasilkan bunyi yang khajika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.

Musyarawah merupakan salah satu cara untuk mencari keputusan bersama. Apa yang terjadi jika keputusan langsung diambil tanpa musyawarah sebelumnya?

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Soal Latihan
1.      Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!



2.      Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda-benda di bawah ini!

3.      Alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu disebut... 
4.      Musyawarah merupakan satu cara untuk mencari. . .

Senin, 25 September 2023

 TEMA 3 (MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN)

 SUB TEMA 1 ( MENYAYANGI HEWAN)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Senin, 25 September 2023

Tema/ Sub Tema : 3/1

Pembelajaran : 1

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Pembelajaran :

1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.

2.  Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.

3.   Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.

4.  Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.

5.     Dengan menjawab pertanyaan pada persiapan bercerita, siswa mampu menceritakan kembali informasi secara lisan tentang benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan percaya diri.

6. Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah dengan tepat.

 

Setiap hari kita melihat aneka benda di lingkungan sekitar. Benda-benda itu dapat membantu aktivitas kita sehari-hari. Benda di sekitar kita beraneka bentuk dan warnanya. Ada benda yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil.

Ayo, perhatikan benda-benda di sekitar kita!

 

Benda-Benda di Sekitar Kita

Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda

hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas? Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang. 

Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.





Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan.

Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca,  plastik, dan lainnya.

benda dapat menghasilkan bunyi yang khajika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.

Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.

Apakah kamu pernah memainkan alat musik di atas? Selain menggunakan alat musik, kita dapat meng gunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu.

Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau pun tepukan tangan.


Benda Terbuat dari Kayu

Sebutkan bahan untuk membuat pensil! Pensil terbuat darkayu. Di sekitarmu banyak sekali benda yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari.

Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinanMisalnya, patung dan piguraKayu adalah bagian dari pohon. Untuk memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambibagian batang untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi benda-benda tersebut melalui proses yang berbeda - beda.

Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusa penggergajian. Pengiriman log menggunakan angkutan khusus. seperti truk melalui darat atau kapal melalui sungai.

Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah sesuai keperluan. Kayu dapat dipilih 

lainnya.

Desa tempat tinggal Siti dan teman-teman mempu nyai hutan. Di dalam hutan tersebut terdapat beraneka jenis pohon. Fungsi hutan antara lain untuk menyerap air hujan. Hutan menyimpan air hujan tersebut dalam jumlah yang banyak. Namun, ketika hutan digunduli, membuat aliran air terganggu. Hal ini menyebabkan air menggenang. Akhirnya, terjadi banjir yang mengalir ke pemukiman penduduk.

Kebutuhan benda dari kayu yang terus meningkat, mengakibatkan kebutuhan akan bahan kayu terus meningkat.

Setiap tahun banyak pohon yang ditebang untuk mendapatkan kayu. Terka dang, ada sekelompok orang yang menebang pohon tanpa izin. Kegiatan ini disebut penebangan liar. Semakin lama jumlah pohon di hutan semakin berkurang.


Musyarawah merupakan salah satu cara untuk mencari keputusan bersama. Apa yang terjadi jika keputusan langsung diambil tanpa musyawarah sebelumnya?

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Soal Latihan
1.      Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!



2.      Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda-benda di bawah ini!

3.      Alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu disebut... 
4.      Musyawarah merupakan satu cara untuk mencari. . .