Senin, 13 November 2023

Senin, 13 November 2023

      TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU)

 SUB TEMA 1 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Jumat, 13 Oktober 2023

Tema  4                    :  Kewajiban dan Hakku

Subtema  1              :  Kewajiban dan Hakku di Rumah 


Rumahku Bersih dan Nyaman

Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa menyenangkan.

Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit.

Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal yang bersih?

Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi.

 

Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya baru selesai mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah.

Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin?

Pola Irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang dan pendeknya bunyi dapat di hitung melalui ketukan. ketukan tersebut digambarkan seperti bunyi detak jarum jam. Pola irama akan berjalan menurut Birama. Birama adalah kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. 

Setiap lagu mempunyai irama. ada yang bunyinya tinggi ada yang rendah, dan ada yang sedang. Bunyi yang memiliki getaran yang teratur disebut dengan Nada. Nada - nada yang di rangkai akan menjadi sebuah lagu yang indah jika di dengarkan. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Udin dan Mutiara ingin rumahnya selalu rapi.

Apa saja kewajiban yang harus Udin dan Mutiara lakukan? Apa saja hak Udin dan Mutiara?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 17 Mei 2024

          TEMA 8 PRAJAMUDA KARANA SUBTEMA 3 AKU SUKA BERKARYA  KELAS 3 SD AL AZHAR 2   Tema 8                        : Prajamuda karana Subt...