Pages

Pages - Menu

Selasa, 28 Mei 2024

Kamis, 30 Mei 2024

    PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP

KELAS 3 SD AL AZHAR 2 

BANDAR LAMPUNG


Kisi – Kisi PAS Tema 8

PKN
Ø  Memahami    Arti Gambar pada     Lambang Negara “Garuda Pancasila”
Bahasa Indonesia
Ø  Mengidentifikasi lambang/simbol ( rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara )beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
Matematika
Ø  Menjelaskan sudut, jenis sudut ( sudut siku – siku,sudut lancip, dan sudut tumpul )
Ø  Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat – sifat yang dimiliki.
Ø  Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.
SBdP
Ø  Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
Ø  Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
Ø  Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung
Ø  Memahami dinamika gerak tari

Rabu, 29 Mei 2024

     PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP

KELAS 3 SD AL AZHAR 2 

BANDAR LAMPUNG


Berikut ini kisi kisi Penilaian Akhir Semester genap tema 6 semoga Sholeh Sholeha Bu gur dapat mempelajari dengan baik dan dapat menjawab soal-soal nya dengan benar sehingga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin,🤲

Kisi – Kisi PAS Tema 7

PKN
Ø  Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia
Ø  Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan  tehnologi produksi, komunikasi, dan transportasi setempat
Matematika
Ø  Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan banda konkret.
Ø  Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
Ø  Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar.
SBdP
Ø  Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
Ø  Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
Ø  Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung

Ø  Memahami dinamika gerak tari

Senin, 27 Mei 2024

Selasa, 28 Mei 2024

     PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP

KELAS 3 SD AL AZHAR 2 

BANDAR LAMPUNG


Berikut ini kisi kisi Penilaian Akhir Semester ganjil semoga Sholeh Sholeha Bu gur dapat mempelajari dengan baik dan dapat menjawab soal-soal nya dengan benar sehingga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin,🤲


Kisi- kisi Soal
Tema 6








Senin, 27 Mei 2024

     PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP

KELAS 3 SD AL AZHAR 2 

BANDAR LAMPUNG


Berikut ini kisi kisi Penilaian Akhir Semester ganjil semoga Sholeh Sholeha Bu gur dapat mempelajari dengan baik dan dapat menjawab soal-soal nya dengan benar sehingga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin,🤲






Kamis, 09 Mei 2024

Rabu, 20 Mei 2024

         TEMA 8 PRAJAMUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 8                      : Prajamuda karana

Subtema 4              : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran            : 4,5,6

Pembelajaran         : 4, 5 dan 6 

Kode KD Bahasa Indonesia (3.7), Matematika (3.13), PPKn (3.1)

Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menceritakan pengalaman yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
2. Siswa dapat menentukan arah mata angin dan dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
3. Siswa dapat menginterpretasikan data dan dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar. 


Ayo Membaca

Peraturan dan Sikap Adil di Perpustakaan

Ada beberapa peraturan yang diterapkan di perpustakaan. Hal ini dilakukan agar ruang perpustakan tetap nyaman dan menyenangkan untuk pengunjungnya. Ada peraturan yang harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Ada pula peraturan yang harus dilakukan oleh pengunjung perpustakaan.
Salah satu peraturan di perpustakaan  adalah merapikan ruangan secara rutin. Peraturan itu harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Saat merapikan ruangan, petugas perpustakaan memperhatikan arah mata angin. Petugas perpustakaan juga berkewajiban melayani pengunjung dengan baik.

Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan agar semua anggota perpustakaan mendapatkan kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan sikap adil. 

Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menunjukkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Kekayaan ini hendaknya dapatdirasakan manfaatnya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.

Ayo Berlatih

Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.

Diagram akan digambar seperti berikut ini!

 

Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!

1. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat? 8 Buah Buku
2. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu? 20 Buah Buku
3. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak? pada hari Senin 

Ayo Membaca

Siti dan teman-teman memiliki semangat tinggi dalam berkarya. Mereka berkarya menciptakan lingkungan yang asri dan hijau. Siti dan temanteman berencana mengadakan kegiatan penghijauan.

Mereka menanam pohon di area sekolah dan lingkungan sekitar. Mereka memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami. Kegiatan menanam pohon sangat bermanfaat untuk kesehatan lingkungan. Lingkungan menjadi lebih asri dan teduh. Udara sekitar pun akan menjadi lebih segar.

Perhatikan denah taman bermain berikut ini!

Pelajari cara membaca denah tersebut!

Lalu, tentukan area penghijauan yang paling tepat pada gambar denah tersebut!

Keterangan :

Posisi seluncuran ada di A1.

Posisi ayunan ada di A2.

Posisi tempat duduk ada di A3.

Kamis, 16 Mei 2024

          TEMA 8 PRAJAMUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 8                      : Prajamuda karana

Subtema 4              : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran            : 1,2,3

Kode KD Bahasa Indonesia (3.7), Matematika (3.13), PPKn (3.1), SBdP (3.4)

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menceritakan pengalaman yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
2. Siswa dapat menentukan arah mata angin dan dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
3. Siswa dapat menginterpretasikan data dan dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
4.Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan dengan benar.

Ayo Membaca

Udin dan teman-teman sedang berlatih membaca denah. Udin dan teman-teman melakukan perjalanan membawa denah. Denah dilengkapi dengan tanda arah. Denah bermanfaat untuk membantu menemukan suatu lokasi yang dimaksud.

Apakah kamu mengetahui arti denah dan arah mata angin?

Bacalah informasi berikut untuk mengetahui maksud denah dan arah mata angin!

Arah Mata Angin dan Denah

Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat.  Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Gambar berikut ini merupakan contoh denah.

SD Nusantara berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan gambar  tabel yang dibuat Udin!

1. Di manakah tempat yang memiliki rumah paling banyak? Jalan Lili

2. Di manakah tempat yang memiliki rumah paling sedikit? Jalan Mawar

3. Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Kamboja dan Jalan Mawar? 10

Ayo Membaca

Menjadi Petugas Penerima Tamu Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas  memberikan penjelasan tentang SD Nusantara. 

Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur Udin dan teman-teman bertugas dengan baik.

Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas. Para penerima tamu telah bertugas dengan baik.

Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah. 

Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu!

Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf. 

Contoh

Edo anak yang rajin. Semua tugas sekolah selalu dikerjakan tepat waktu. Edo juga selalu membantu orang tua. Edo selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Pikiran pokok dari paragraf di atas adalah “Edo anak yang rajin”.

Ayo Mengamati

Sikap anak-anak SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama saat menerima tamu. Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa senang berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga mampu membagi tugas dengan baik.

Semua anak terlibat dalam melaksanakan program kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk menentukan program kebersihan sekolah. Semua anak mendapat kesempatan memberikan pendapat. 

Sekian materi kita pada hari ini semoga ananda semua dapat memahaminya dengan baik. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Rabu, 15 Mei 2024

       TEMA 8 PRAJAMUDA KARANA

SUBTEMA 3 AKU SUKA BERPETUALANG 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 8                      : Prajamuda karana

Subtema 3              : Aku Suka berpetualang

Pembelajaran            : 5 dan 6

Kode KD Bahasa Indonesia (3.7), Matematika (3.13), PPKn (3.1)

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.

2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  dengan tepat.

4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

 

Ayo Membaca

Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar ramburambu petunjuk tempat.

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!


Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?


Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri

Perhatikan petunjuk tempat beribadah berikut!


Perhatikan gambar berikut ini!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
    Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross

2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
    Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross        pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.


Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya.  Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.

Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?

Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.



Sekian materi kita pada hari ini semoga ananda semua dapat memahaminya dengan baik. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh💖😊

TUGAS !

MRT HALAMAN 143 DAN 145 BAGIAN A ( Memilih a,b,c) dan (mengisi titik-titik) kerjakan langsung di buku MRT

Selasa, 14 Mei 2024

       TEMA 8 PRAJAMUDA KARANA

SUBTEMA 3 AKU SUKA BERPETUALANG 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 8                      : Prajamuda karana

Subtema 3              : Aku Suka berpetualang

Pembelajaran            : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran:

1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar.

2. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

3. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.

4. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai pengamalan sila Pancasila dengan benar.

 

 

Bersepeda Bersama Teman

Hari ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda.  Tidak semua teman Udin ikut bermain menggunakan sepeda. Teman Udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda.
Udin dan teman-teman melewati jalan raya.
Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas. Lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau. Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus berhenti.
Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.

Untuk materi pembelajaran 3 lebih lanjut mengenai pembelajaran Matematika dapat disimak video berikut ini 



Ayo Membaca!


Kekayaan Indonesia

Indonesia dianugerahi perairan yang luas. Pemandangan bawah laut Indonesia sangatlah indah. Indonesia memiliki kekayaan laut yang paling beragam di dunia. 

Perairan menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk di pantai. Ikannya yang melimpah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ikan dapat menjadi sumber makanan bergizi. 
Keindahan laut juga dapat menjadi tempat wisata yang menarik. Laut dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat. Laut juga dapat menjadi mata pencaharian bagi pengelola wisata. 

Kebiasaan masyarakat di dekat laut berbeda dengan masyarakat di pegunungan. Penduduk di Indonesia sangat beragam wilayah tempat tinggalnya. Keragaman wilayah tempat tinggal membuat beragam pula kebiasaan masyarakatnya. Hal ini  menyebabkan beragam rumah adat yang ada di Indonesia. Hal ini pula menyebabkan beragam pakaian adat di Indonesia. Perbedaan ini membuat Indonesia menjadi semakin kaya. Walaupun berbeda kebiasaan, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun dan damai.

Ayo Membaca!

Selain permainan Jala ikan yang mengasyikkan. Menyantap ikan juga baik untuk kesehatan. Ikan mengandung banyak protein. Berikut ini berbagai ikan yang biasa dikonsumsi.
Apakah kamu suka makan ikan tersebut?
Di mana kamu dapat menemukan penjual ikan tersebut?

Para nelayan menjual ikan hasil tangkapan di pasar ikan. Penjual ikan di warung dan pasar membeli ikan di pasar ikan.

Perhatikan gambar di atas!

Ibu Siti ingin membeli ikan di Pasar Ikan. Perhatikan papan petunjuk arah pada gambar! Kemana Ibu Siti harus menuju dari tempatnya berdiri saat ini?
Jawab : Ibu siti menuju arah belok kanan

Papan petunjuk tersebut termasuk rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis. 
Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut.