Pages

Pages - Menu

Sabtu, 31 Agustus 2024

Senin, 02 September 2024

 TEMA 2 (MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN)

 SUB TEMA 3 (MENYAYANGI TUMBUHAN)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Senin, 02 September 2024

Tema/ Sub Tema : 2/3

Pembelajaran : 1

Alat peraga : contoh video pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran :

1. Dapat mengidentifikasi langkah-langkah cara perawatan tumuhan dengan tepat

2. Dapat menentukan posisi bilangan cacah pada garis bilangan dengan tepat.

3. Dapat menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan garis bilangan dengan tepat.

4. Dapat mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif.

Ayo Mengamati

 

Tumbuhan banyak memberi manfaat bagi manusia. Tumbuhan menyediakan udara untuk pernapasan. Tumbuhan juga menjadi sumber makanan dan industri. Bahkan, tumbuhan dapat membuat lingkungan menjadi nyaman dan sejuk. Lingkungan yang tidak ada tumbuhan akan terasa gersang. Karena memiliki banyak manfaat iulah kita harus menyayangi tumbuhan. Tumbuhan disayangi dengan cara dirawat dengan baik.

Cara merawat tumbuhan

A.       Penyiraman

B.       Pemupukan

C.       Pemangkasan

D.      Pembersihan Hama dan Gulma

 

Untuk mengetahui petunjuk perawatan tumbuhan kalian dapat membaca buku Tema 2 halaman 108 sampai halaman 109

 


Ayo Mengamati


Di sekolah Siti ditanam pohon sirih.

Sirih adalah tanaman yang tumbuh merambat.

Daunnya berbentuk jantung dengan ujung daun runcing.

Panjang daun sirih sekitar 5-8 cm dan lebar 2-5 cm.

Panjang daun sirih sekitar 5-8 cm dan lebar 2-5 cm.

Jika daunnya diremas akan mengeluarkan bau khas.

Siti dan teman-temannya akan mengukur panjang pohon sirih.

Sebelum mengukur pohon sirih, Siti dan temantemannya belajar tentang garis bilangan.

Yuk, kita amati bersama garis bilangan di bawah ini!

Garis bilangan dimulai dari angka 0 (nol).

Setelah angka 0 secara berurutan angka 1, 2, 3, dan seterusnya.

Tulislah angka yang seharusnya menempati huruf

pada garis bilangan di bawah ini!       

Sekarang, kita bantu Siti melakukan pengamatan pertumbuhan pohon sirih, yuk!

Pohon sirih yang baru ditanam berada di posisi A (pada angka 0).

Setelah beberapa waktu panjang pohon sirih ada di posisi B (pada angka 2). 

  

Jika panjang pohon sirih di angka 4 dan setelah beberapa waktu tumbuh 7 satuan, berapa panjang pohon sirih sekarang?


Siti sedang membantu Ibu merapihkan lemari baju. di lemari ada beberapa kain batik milik Ibu. Siti memperhatikan motif yang ada pada kain batik. Ada bermacam - macam motif daun dan bunga. setelah membantu Ibu, Siti menggambar hiasan dengan motif tumbuhan. 


Gambar dekoratif adalah gambaran hiasan yang memiliki pola atau motif tertentu.

Gambar dekoratif dapat dibuat dikertas atau benda lain seperti kayu dan kain (pada batik).

Motif pada gambar dekorasi bisa berupa tumbuhan, hewan, bentuk geometris, atau abstrak.

TUGAS LATIHAN

1.       Tuliskan salah satu manfaat tumbuhan bagi manusia!

2.       Tuliskan cara merawat tumbuhan!

3.        

 

4.        

5.       gambaran hiasan yang memiliki pola atau motif tertentu disebut....


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami penjumlahan dalam bentuk garis bilangan dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham dalam menjumlah dalam bentuk garis bilangan. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal penjumlagani pada garis bilangan.

Kamis, 29 Agustus 2024

Jumat, 30 Agustus 2024

 TEMA 2 (MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN)

 SUB TEMA 2 (MANFAAT HEWAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Jumat, 30 September 2024

Tema/ Sub Tema : 2/2

Pembelajaran : 6

Alat peraga : contoh video pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran :

pembelajaran 

Pembelajaran : 

1.    Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menuliskan tugas anggota keluarga berdasarkan perannya dengan tepat.

2.    Dengan kegiatan review, siswa dapat menentukkan posisi bilangan cacah pada garis bilangan dengan tepat. 

3.    Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat melengkapi teka-teki silang dengan tepat.

Kemarin kita telah mempelajari tentang peran dari anggota keluarga, dimana kalian sudah memahami tugas serta peran dari anggota keluarga kalian, nah sekarang kalian dapat membaca teks di bawah ini untuk mengetahui peran anggota keluarga Beni.
 
Bacalah teks di bawah ini!
Beni tinggal bersama ayah dan ibunya. Setiap hari Beni melakukan tugas-tugas yang menjadi kewajibannya. Salah satu tugas Beni yaitu menyiram tanaman setiap sore. Beni senang memelihara tanaman. Ia menyukai mangga. Karenanya ia menanam mangga di belakang rumahnya. Beni mulai menanam dari biji. Sekarang pohon itu sudah tumbuh besar. Tinggi pohon itu sekitar 3 m.
Setiap hari ayah, ibu, dan Beni bangun pagi. Ibu akan menyiapkan sarapan untuk semua anggota keluarga. Ayah mempersiapkan diri untuk pergi bekerja. Beni juga bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. Beni sudah menyiapkan semua keperluan sekolahnya di malam hari. Buku-buku dan alat tulis yang akan digunakan sudah dimasukkan ke dalam tas.
Ayah berangkat ke tempat kerja dengan sepeda motor. Kadang-kadang ayah mengantar Beni ke sekolah. Ayah Beni rajin bekerja. Ia melakukan itu semua untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Setelah Beni dan ayahnya berangkat, ibu Beni  mulai melakukan aktivitas lainnya. Kegiatan mencuci pakaian, membersihkan rumah, dan memasak dilakukan ibu Beni setiap hari. Pada siang hari akan ada seorang tetangga yang membantu ibu Beni untuk menyetrika pakaian.
Review
 
Contoh Soal
Ayah memiliki 2 buah tali tambang dengan panjang tali pertama 4 m dan tali kedua 7 m. Berapakah panjang keseluruhan tali tambang

ayah?




 



Bagaimana dengan materi hari ini, semoga kalian dapat memahami materi hari ini ya 🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat pertukaran pada perkalian yang sesuai pada gambar dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih banyak peserta didik yang belum paham dalam menentukan hasil perkalian pada sifat pertukaran. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal pertukaran pada perkaliam sehingga peserta didik akan lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran.

Dokumentasi:







Praktik Ki-4 
Membuat Diorama daur hidup katak











Rabu, 28 Agustus 2024

Kamis, 29 Agustus 2024

 TEMA 2 (MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN)

 SUB TEMA 2 (MANFAAT HEWAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Kamis, 29 September 2024

Tema/ Sub Tema : 2/2

Pembelajaran : 4 dan 5

Alat peraga : contoh video pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran :

1. Dapat memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi yang tepat

2. Dapat menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”

3. Dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat

4. Dapat menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan masalah dengan tepat

Ayo Bermain Peran 

Hari ini Beni akan ada kegiatan bermain peran. Mereka akan memerankan dongeng Anak Gembala dan Serigala. Anak gembala bertugas menjaga domba-domba yang diternakkan.  Jika domba sudah besar dapat dijual ke pasar.

Bacalah dongeng pada buku Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 82 - 85 dan bermain peranlah bersama temanmu atau bersama anggota keluargamu di rumah!

Tahukah kamu?

Domba adalah hewan yang masih satu keluarga dengan kambing.

Domba mirip kambing, namun memiliki bulu yang tebal.

Bulunya biasa dijadikan benang wol. Daging domba dapat diambil manfaatnya. Biasanya diolah menjadi gulai, satai, dan sebagainya. Jika kalian sudah membaca dan memperagakan dongeng kisah Anak Gembala dan Serigala.  Coba temukan pesan moral yang terdapat dari dongeng tersebut dengan menyusun kata - kata berikut ini!


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami dan mempraktikan bermain peran pada sebuah cerira atau dongeng, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum bisa mempraktikan cara bermain peran. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru mengajak peserta didik untuk menonton contoh bagaimana cara bermain peran dengan memperhatikan intonasi dan mimik wajah.

Dokumentasi:






Selasa, 27 Agustus 2024

Rabu, 28 Agustus 2024

 TEMA 2 (MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN)

 SUB TEMA 2 (MANFAAT HEWAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Rabu, 28 September 2024

Tema/ Sub Tema : 2/2

Pembelajaran : 3

Alat peraga : contoh video pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran :


1.       Dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat

2.       Dapat menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan masalah dengan tepat

3.       Dapat memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari dengan tepat

Ayo Membaca 



Kucing adalah hewan jinak yang dipelihara manusia. Banyak manfaat dari memelihara kucing. Kucing sebagai teman bermain, dapat menghilangkan stres, dan menghalau tikus.

Ibu Beni suka kucing, namun tidak memelihara kucing. Kucing-kucing liar sering berkumpul di rumah Beni, sebab ibu sering memberi makan kucing-kucing yang datang ke rumah.

Beni sering memperhatikan tingkah kucing-kucing.  Ada kalanya mereka bermain-main dengan tirai yang tertiup angin. Seringnya mereka bertengkar saat makan. Gerakan kucing-kucing itu lucu dan menggemaskan.

Kita menirukan gerakan kucing, yuk!

1. Gerakan kucing mencakar-cakar

2. Gerakan kucing menangkap tikus

3. Menggabungkan gerakan mencakar-cakar dan menangkap tikus

Tahukah kalian Kegiatan menirukan gerakan dan ekspresi wajah disebut Pantomim

Kita tahu, ada hewan jinak ada pula buas. Hewan jinak memiliki pengertian hewan yang pada umumnya tidak menakutkan, tidak galak, tidak buas, patuh pada manusia sebagai pemeliharanya. Biasanya hewan jinak merupakan hewan yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan maupun dijadikan penghibur oleh pemiliknya.

Hewan buas memiliki pengertian hewan liar dan biasanya memusuhi manusia (biasanya ganas, seperti harimau dan serigala). Hewan dianggap sebagai hewan buas adalah hewan yang berbahaya bagi manusia. Bahaya disini artinya bisa menyerang dengan gigitan, cakaran, tandukan, menyengat, menyemburkan racun, menerkam dan serangan berbahaya lainnya, yang dapat menimbulkan luka, bahkan kematian.

Ciri hewan buas yaitu :

a.        lahir dan hidup dialam liar,

b.       biasanya tidak dipelihara manusia,

c.        menyerang bila diganggu atau merasa terancam,

d.       berbahaya bagi manusia.

Contoh hewan buas, yaitu:

a.        harimau,

b.       serigala,

c.        buaya,

d.       ular kobra,

e.       macan tutul.

 

Anak anak coba kalian baca dongeng yang ada di buku  Tema 2 subtema 2 halaman 75 sampai halaman 76 


Kita bantu Beni menyelesaikan masalahnya, yuk!

Caranya dengan menyelesaikan soal-soal di bawah ini!
Ayam-ayam Beni ada yang bertelur. Hari ini Beni mengumpulkan telur-telur ayam di kandang. Ia mengumpulkan 20 telur. Gambarlah telur pada kotak yang tersedia! 


Jika telur disimpan pada 5 kotak maka tiap kotak berisi 4 butir telur.
Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan 5 x 4 = 20

   
Jika telur disimpan pada 4 kotak maka tiap kotak berisi 5 butir telur.
Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan 4 x 5 = 20

Maka kita dapat menuliskan bentuk perkalian dari penyimpanan telur Beni.  5 x 4 = 4 x 5

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat pertukaran pada perkalian yang sesuai pada gambar dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih banyak peserta didik yang belum paham dalam menentukan hasil perkalian pada sifat pertukaran. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal pertukaran pada perkaliam sehingga peserta didik akan lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran.