Pages

Pages - Menu

Rabu, 28 Agustus 2024

Kamis, 29 Agustus 2024

 TEMA 2 (MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN)

 SUB TEMA 2 (MANFAAT HEWAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Kamis, 29 September 2024

Tema/ Sub Tema : 2/2

Pembelajaran : 4 dan 5

Alat peraga : contoh video pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran :

1. Dapat memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi yang tepat

2. Dapat menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”

3. Dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat

4. Dapat menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan masalah dengan tepat

Ayo Bermain Peran 

Hari ini Beni akan ada kegiatan bermain peran. Mereka akan memerankan dongeng Anak Gembala dan Serigala. Anak gembala bertugas menjaga domba-domba yang diternakkan.  Jika domba sudah besar dapat dijual ke pasar.

Bacalah dongeng pada buku Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 82 - 85 dan bermain peranlah bersama temanmu atau bersama anggota keluargamu di rumah!

Tahukah kamu?

Domba adalah hewan yang masih satu keluarga dengan kambing.

Domba mirip kambing, namun memiliki bulu yang tebal.

Bulunya biasa dijadikan benang wol. Daging domba dapat diambil manfaatnya. Biasanya diolah menjadi gulai, satai, dan sebagainya. Jika kalian sudah membaca dan memperagakan dongeng kisah Anak Gembala dan Serigala.  Coba temukan pesan moral yang terdapat dari dongeng tersebut dengan menyusun kata - kata berikut ini!


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami dan mempraktikan bermain peran pada sebuah cerira atau dongeng, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum bisa mempraktikan cara bermain peran. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru mengajak peserta didik untuk menonton contoh bagaimana cara bermain peran dengan memperhatikan intonasi dan mimik wajah.

Dokumentasi:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar