Pages

Pages - Menu

Senin, 19 Agustus 2024

Selasa, 20 Agustus 2024

 TEMA 2 (MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN)

 SUB TEMA 1 (MANFAAT TUMBUHAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Hari/Tanggal : Selasa, 20 Agustus 2024

Tema/ Sub Tema : 2/1

Pembelajaran : 2

Alat peraga : Video 

Tujuan Pembelajaran:

- Setelah mendengarkan teks dongeng yang berjudul "Mengembara dan Sebuah Pohon", peserta didik dapat menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar.

- Dengan kegiatan berdiskusi, peserta didik dapat menemukan arti penting berterimakasih kepada sesama manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dengan "Garuda Pancasila"


Edo, Siti, dan Beni sedang bermain di rumah Dayu.

Dayu menunjukkan sebuah majalah yang di 

dalamnya ada cerita dongeng.

Edo, Siti, dan Beni berebut untuk membaca 

dongeng tersebut.

Dayu mengusulkan agar salah satu dari mereka 

membacakan dongeng.

Teman lainnya menyimak dongeng yang dibacakan.

Simaklah dongeng yang dibacakan temanmu!



Ayo Bercerita

Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan tujuan 
tertentu. Setiap makhluk hidup bermanfaat untuk 
makhluk hidup lainnya. Tumbuhan bermanfaat 
untuk manusia. Hewan juga memiliki banyak 
manfaat untuk manusia.
Bagaimanakah sikap manusia terhadap tumbuhan dan binatang?
Ayo Mengamati

Setelah membaca dongeng Pengembara dan 
Sebuah Pohon, kita belajar untuk selalu bersyukur.
Sikap bersyukur dapat ditunjukkan dengan 
menyayangi makhluk hidup.
Kita simak dialog di bawah ini, yuk!
Beni : “Kenapa Ayah sering mengucapkan 
terima kasih?”
Ayah Beni : “Berterima kasih itu termasuk orang 
yang selalu bersyukur.”
Beni : “Apa hubungannya berterima kasih 
dengan bersyukur, Yah?
Beni : “Ada dong. Berterima kasih itu salah 
satu cara kita bersyukur. Orang yang selalu bersyukur adalah orang yang rendah hati. Kebalikannya orang yang 
tidak bersyukur adalah orang yang 
sombong.”
Beni : “Apa kita juga berterima kasih kepada 
tumbuhan dan hewan? Bagaimana 
caranya?”
Ayah : “Iya, kita juga perlu berterima kasih 
kepada tumbuhan dan hewan. 
Caranya berbeda dengan cara kita 
berterima kasih kepada manusia.”
Ibu : “Jika kita berterima kasih kepada 
tumbuhan maka kita merawat 
tumbuhan dengan baik. Tumbuhan 
diberi air, pupuk, dan sinar matahari 
yang cukup. Kita juga tidak memetik 
bunga dan daun-daun sembarangan.”
Beni : “Bagaimana cara berterima kasih 
kepada hewan?
Ayah : “Cara berterima kasih kepada hewan 

Ayah : “Cara berterima kasih kepada hewan 
yaitu dengan menyayangi hewan. 
Kita memberi makan atau minum 
hewan-hewan. Kita tidak menyiksa 
hewan. Orang yang pandai bersyukur 
akan disukai teman-teman. Tuhan 
juga mencintai orang yang pandai bersyukur".



REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat pertukaran pada penjumlahan dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih banyak peserta didik yang belum teliti dalam menjumlahkan angka besar seperti ribuan. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal penjumlahan angka besar sehingga peserta didik akan lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran.

Dokumentasi pembelajaran :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar