Selasa, 29 Oktober 2024

Jumat, 01 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 1 (KEAJAIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Rabu, 30 Oktober 2024

Tema/ Sub Tema : 4/1

Subtema  1           :  Hak dan Kewajibanku di Rumah

Pembelajaran        : 6

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Kerja Kelompok, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang membuat kalimat saran serta mempelajari tentang kewajiban dan hakku sebagai anggota keluarga terkait tempat tinggal. Hari ini kita akan belajar tentang rumahku bersih dan nyaman.

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dapat menunjukkan ungkapan  atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

2.        Dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan tempat tinggal dengan tepat.

Rumahku Bersih dan Nyaman

Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa menyenangkan.

Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit.

Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal yang bersih?

Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi.

Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya baru selesai mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah.

Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin?

Agar lebih jelas mari kita simak video berikut ini :



Pola Irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang dan pendeknya bunyi dapat di hitung melalui ketukan. ketukan tersebut digambarkan seperti bunyi detak jarum jam. Pola irama akan berjalan menurut Birama. Birama adalah kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. 

Setiap lagu mempunyai irama. ada yang bunyinya tinggi ada yang rendah, dan ada yang sedang. Bunyi yang memiliki getaran yang teratur disebut dengan Nada. Nada - nada yang di rangkai akan menjadi sebuah lagu yang indah jika di dengarkan. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Udin dan Mutiara ingin rumahnya selalu rapi.

Apa saja kewajiban yang harus Udin dan Mutiara lakukan? Apa saja hak Udin dan Mutiara?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 15 November 2024

  TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )   SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA )  KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Jumat , 15 ...