Selasa, 04 November 2025

Rabu, 05 November 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Rabu,  05 November 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS

Alat Peraga : lukisan seni rupa, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranbhari pada hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

🌈 MATERI SENI RUPA KELAS 4 SD

Tema: Mengeluarkan Pendapat tentang Hasil Karya Orang Lain


🎨 A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Mengamati hasil karya seni rupa teman atau orang lain dengan penuh perhatian.

  2. Mengungkapkan pendapat secara sopan dan jujur tentang hasil karya seni rupa.

  3. Memberikan masukan yang membangun (kritik dan saran) terhadap karya seni rupa.

  4. Menghargai setiap karya seni sebagai bentuk ekspresi individu.

🖼️ B. Pengantar Materi

Dalam seni rupa, setiap orang memiliki cara dan gaya sendiri dalam berkarya.
Karya seni bisa berupa:

  • Gambar

  • Lukisan

  • Patung

  • Kerajinan dari bahan alam

  • Kolase, mozaik, atau montase

Setiap karya memiliki nilai keindahankeunikan, dan pesan yang ingin disampaikan oleh pembuatnya.


💬 C. Cara Mengeluarkan Pendapat tentang Karya Seni

  1. Amati dengan baik
    Lihat dengan teliti karya seni temanmu. Perhatikan warna, bentuk, bahan, dan tema.

  2. Ungkapkan pendapat positif terlebih dahulu
    Contoh:

    “Aku suka warnanya yang cerah, membuat gambar ini terlihat gembira.”
    “Bentuknya rapi dan menarik.”

  3. Berikan saran dengan sopan
    Contoh:

    “Mungkin bisa ditambah sedikit bayangan supaya terlihat lebih nyata.”
    “Kalau diberi latar belakang, gambarnya akan lebih hidup.”

  4. Gunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung
    Hindari kalimat seperti:
    ❌ “Karyamu jelek.”
    Gantilah dengan:
    ✅ “Mungkin kalau warnanya lebih lembut, hasilnya akan lebih bagus.”

  1. (misalnya: gambar pemandangan).

  2. Siswa lain mengamati dan memberikan pendapat sesuai langkah-langkah di atas.

  3. Guru memandu diskusi agar semua siswa belajar memberi dan menerima pendapat dengan baik.

🧠 D. Contoh Kegiatan di Kelas

  1. Guru membagi siswa menjadi kelompok kecil.

  2. Setiap kelompok menampilkan satu karya seni rupa hasil tugas sebelumnya (misalnya: gambar pemandangan).

  3. Siswa lain mengamati dan memberikan pendapat sesuai langkah-langkah di atas.

  4. Guru memandu diskusi agar semua siswa belajar memberi dan menerima pendapat dengan baik.


🏆 E. Nilai-nilai yang Dapat Dipetik

  • Belajar menghargai karya orang lain

  • Melatih kejujuran dan tanggung jawab

  • Menumbuhkan sikap sopan dan saling menghormati

  • Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif


✏️ F. Tugas / Latihan

  1. Amati satu karya temanmu di kelas (boleh gambar atau kerajinan).

  2. Tulislah pendapatmu menggunakan kalimat yang sopan:

    • Apa yang kamu sukai dari karya itu?

    • Apa saranmu agar karya itu lebih baik?

Contoh jawaban:

Aku suka warna yang digunakan karena terlihat cerah dan ceria.
Mungkin bisa ditambahkan gambar awan agar pemandangannya lebih lengkap.

 MATERI IPAS

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu mengidentifikasi berbagai bentuk energi dan menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI AJAR IPAS; PERUBAHAN BENTUK ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian energi dan perubahan bentuk energi.

  2. Mengidentifikasi berbagai bentuk energi yang ada di sekitar.

  3. Memberikan contoh perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

  4. Menunjukkan sikap hemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

 A. Pengertian Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.
Tanpa energi, manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat melakukan kegiatan apa pun.

Contoh energi di sekitar kita:

  • Energi panas

  • Energi cahaya

  • Energi bunyi

  • Energi listrik

  • Energi kimia

  • Energi gerak


🔄 B. Pengertian Perubahan Bentuk Energi

Perubahan bentuk energi terjadi ketika suatu jenis energi berubah menjadi bentuk energi lain untuk melakukan suatu pekerjaan.

➡️ Contoh umum:
Ketika kita menyalakan kipas angin, energi listrik berubah menjadi energi gerak (kipas berputar).


⚡ C. Bentuk-Bentuk Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Energi Listrik → Energi Panas

Terjadi pada alat yang menggunakan listrik dan menghasilkan panas.
Contoh:

  • Setrika listrik

  • Rice cooker (penanak nasi)

  • Pemanas air

💡 Penjelasan:
Saat setrika dihubungkan dengan listrik, arus listrik mengalir dan menghasilkan panas pada lempeng logam setrika. Panas inilah yang digunakan untuk merapikan pakaian

⚡ C. Bentuk-Bentuk Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Energi Listrik → Energi Panas

Terjadi pada alat yang menggunakan listrik dan menghasilkan panas.
Contoh:

  • Setrika listrik

  • Rice cooker (penanak nasi)

  • Pemanas air

💡 Penjelasan:
Saat setrika dihubungkan dengan listrik, arus listrik mengalir dan menghasilkan panas pada lempeng logam setrika. Panas inilah yang digunakan untuk merapikan pakaian.


2. Energi Listrik → Energi Cahaya

Terjadi ketika energi listrik digunakan untuk menghasilkan cahaya.
Contoh:

  • Lampu bohlam

  • Lampu senter

  • Layar televisi

💡 Penjelasan:
Listrik mengalir ke dalam lampu dan membuat filamen di dalamnya berpijar, sehingga menghasilkan cahaya.


3. Energi Kimia → Energi Gerak

Terjadi ketika energi dari bahan kimia (misalnya baterai atau bahan bakar) diubah menjadi energi gerak.
Contoh:

  • Mobil bergerak karena energi dari bensin.

  • Mainan mobil-mobilan dengan baterai dapat berjalan.

💡 Penjelasan:
Bensin mengandung energi kimia yang dibakar di mesin mobil untuk menghasilkan gerak.


4. Energi Panas → Energi Gerak

Terjadi ketika panas menyebabkan suatu benda bergerak.
Contoh:

  • Kipas angin uap pada zaman dahulu bekerja karena panas air mendidih menggerakkan uap.

  • Udara panas naik ke atas dan menyebabkan angin bergerak.


5. Energi Cahaya → Energi Kimia

Terjadi pada proses fotosintesis di tumbuhan.
Contoh:

  • Tumbuhan hijau menggunakan energi cahaya matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi makanan (glukosa).

💡 Penjelasan:
Cahaya matahari diserap oleh klorofil (zat hijau daun), kemudian diubah menjadi energi kimia yang tersimpan di dalam makanan tumbuhan.


6. Energi Listrik → Energi Bunyi

Terjadi pada alat yang menggunakan listrik untuk menghasilkan suara.
Contoh:

  • Radio

  • Televisi

  • Speaker

  • Bel listrik

💡 Penjelasan:
Arus listrik menggerakkan membran atau getaran yang menghasilkan bunyi.

🌞 D. Manfaat Perubahan Energi dalam Kehidupan

  1. Memudahkan pekerjaan manusia.

  2. Menghasilkan alat-alat yang bermanfaat (lampu, setrika, kipas, motor).

  3. Membantu proses alam seperti fotosintesis dan pembentukan hujan.

  4. Menunjang teknologi modern yang kita gunakan sehari-hari.


🌱 E. Sikap yang Baik terhadap Penggunaan Energi

  • Menghemat listrik (mematikan lampu jika tidak digunakan).

  • Menghemat bahan bakar kendaraan.

  • Menggunakan energi alternatif seperti tenaga surya dan angin.

  • Menjaga lingkungan agar sumber energi tetap lestari.

  1. Memudahkan pekerjaan manusia.

  2. Menghasilkan alat-alat yang bermanfaat (lampu, setrika, kipas, motor).

  3. Membantu proses alam seperti fotosintesis dan pembentukan hujan.

  4. Menunjang teknologi modern yang kita gunakan sehari-hari.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 05 November 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu,  05 November 2025 Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS Alat Peraga : lukisan sen...