Hari/Tanggal : Kamis, 31 Oktober 2019
Pembelajran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan anggota keluarga besar dengan benar.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan dengan benar.
Materi Pembelajaran :
1. Silsilah keluarga besar
2. Membuat kalimat dari kosakata keluarga besar
3. Membuat silsilah keluarga besar
MATERI
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut
Bermain Dengan Rukun
Bela senang saudara sepupunya menginap di rumah
Bela dapat bermain dengan saudara sepupuny
Bela juga mendengar cerita dari saudara sepupu
Sore hari mereka bermain
Ada yang bermain catur
Ada yang bermain congklak
Ada yang bermain boneka
Mereka bermain dengan rukun
Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dengan intonasi yang tepat
Bermain Congklak
Tok tok tok tok
Biji biji congklak dimasukkan dalam lubang
Biji congklak berupa kerang kerang kecil
Lubang tempat biji congklak berupa cekungan pada papan
Siapa yang memasukkan paling banyak biji congklak dalam lubang miliknya dialah pemenangnya
Ayo Berlatih
Buatlah sebuah kalimat berdasarkan kata di bawah ini
Contoh :
( bermain )
Bela dan sepupu bermain di halaman
(catur dan congklak )
Anak anak bermain catur dan congklak
1. ( bermain )
…………………………………………………………….
2. ( di halaman )
…………………………………………………………….
3. ( balap karung )
…………………………………………………………….
4. ( lomba )
…………………………………………………………….
Ayo Berlatih
Lani dan adiknya sedang mengukur panjang benda
Alat yang digunakan adalah korek api
Korek api dapat digunakan untuk mengukur panjang benda
Carilah alat ukur panjang sederhana lainnya, seperyi yang digunakan Lani
Sekarang lakukan pengukuran panjang dengan alat sederhanamu di kelas
1. Apakah alat sederhana yang kamu gunakan tepat untuk mengukur panjang benda?
2. Adakah cara lain untuk mengukur panjang benda?
Profil/Biodata Guru Nama HESTI WINDARI Unit kerja : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung. Kelas yang di ajar : Kelas 3A Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram (@hesti_unikpernik) youtube (hesti windari)
Pages
▼
Pages - Menu
▼
Kamis, 31 Oktober 2019
Rabu, 30 Oktober 2019
Tema 4 subtema 3 pembelajaran 3&4
Hari/Tanggal : Rabu, 30 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks mengenai keluarga besar, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya serta mampu menunjukkan penggunaan kosa kata ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan memilih kata yang tepat, siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan benar.
3. Dengan mengamati teks, siswa dapat melakukan pendataan kepada kedudukan keluarga besarnya dengan baik.
4. Dengan mengamati teks, siswa dapat menceritakan pengalaman mendata anggota keluarga di rumah berdasarkan kedudukannnya.
Materi Pembelajaran :
1. Bercerita pengalaman bersama keluarga besar
2. Menulis kata perkenalan
MATERI
Ayo Mengamati
Berkumpul Bersama Keluarga Besar
Udin rajin mengunjungi kakek dan nenek
Udin senang berkumpul dengan keluarga besar
Kakek dan nenek sudah tua
Tapi kakek dan nenek sehat
Udin sangat menyayangi kakek dan nenek
Udin bersyukur kepada Tuhan
Udin memiliki keluarga besar yang saling menyayangi
Ayo Mengamati
Udin sedang berkunjung ke rumah kakeknya
Di rumah kakeknya ada sebuah tali karet
Udin ingin tajhu berapa panjangnya
Udin mengukur tali karet dengan jengkal tangannya
Anggota tubuh kita bisa digunakan
untuk mengukur panjang suatu benda
Ayo Belajar
Kakek menginap di rumah bela
Kakek mau menanam bunga
Kakek suruh hadi mengukur taman
Sambil bermain bela dan hadi belajar mengukur
Bela dan hadi mengukur panjang dengan alat ukur berikut
Hadi mengukur jarak pohon ke rumah 7 langkah, dengan menggunakan langkak kaki
Bela mengukur panjang meja 8 jengkal, dengan menggunakan jengkal tangan
Ayo Jawab
1. Apakah alat ukur langkah dan jengkal dapat mengukur panjang sebenarnya?
2. Bila bela juga mengukur jarak pohon ke rumah dengan langkah kaki apakah hasilnya sama dengan hadi?
3. Bagaimana bila diukur dengan penggaris?
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan memasangkan kosa kata perkenalan, siswa akan mampu menggunakan kalimat perkenalan yang benar.
2. Dengan mengisi kata perkenalan yang tepat pada latihan di buku siswa, siswa akan mampu menunjukkan penggunaan kosa kata perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat.
3. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat gambar ekspresi dengan baik.
4. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya gambar ekspresi.
Materi Pembelajaran :
1. Menulis kata perkenalan
2. Menggambar
MATERI
Ayo Berlatih
Kegiatan yang bisa kita lakukan
Ketika bersama keluarga besar adalah bermain lompat kelompok
Yuk, kita lihat Udin dan keluarga besarnya bermain lompat kelompok
Udin berkelompok dengan paman, bibi, dan sepupunya
Ayah Udin, ibu Udin, nenek Udin serta kakak Udin di kelompok lain
Tiap anggota kelompok memegang pundak temannya
Tiap kelompok lompat sesuai perintah
Kakek Udin yang memberikan perintahnya
Mari kita bermain seperti keluarga Udin
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Paman Arif
Paman Arif adik ayah bela
Bela memanggil paman Arif mamang
Mamang nama panggilan paman di jawa barat
Mang Arif pintar bermain gitar
Mang Arif hafal banyak lagu
Meng Arif senang mengajak keponakannya bernyanyi
Ayo Jawab
1. Siapakah paman arif?
2. Dari manakah paman arif berasal?
3. Apa panggilan paman arif?
4. Siapa yang diajak paman arif bernyanyi?
5. Apa alat musik yang dimainkan paman arif?
Ayo Menulis
Ayah Paman Sepupu Kakek Bibi
1. Ini adalah Bapak Rahmat, …………. Saya
2. …………… saya seorang guru
3. …………… saya bernama Dita
4. …………… saya bernama Aisyah
5. …………… saya bernama jamal
Ayo Berkreasi
Beni sedang menggambar keluarganya
Beni menggunakan alat dan bahan menggambar
Perhatikan gambar berikut
Manakah alat dan bahan untuk menggambar
Beri tanda centang ( √ ) gambar yang tepat
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks mengenai keluarga besar, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya serta mampu menunjukkan penggunaan kosa kata ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan memilih kata yang tepat, siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan benar.
3. Dengan mengamati teks, siswa dapat melakukan pendataan kepada kedudukan keluarga besarnya dengan baik.
4. Dengan mengamati teks, siswa dapat menceritakan pengalaman mendata anggota keluarga di rumah berdasarkan kedudukannnya.
Materi Pembelajaran :
1. Bercerita pengalaman bersama keluarga besar
2. Menulis kata perkenalan
MATERI
Ayo Mengamati
Berkumpul Bersama Keluarga Besar
Udin rajin mengunjungi kakek dan nenek
Udin senang berkumpul dengan keluarga besar
Kakek dan nenek sudah tua
Tapi kakek dan nenek sehat
Udin sangat menyayangi kakek dan nenek
Udin bersyukur kepada Tuhan
Udin memiliki keluarga besar yang saling menyayangi
Ayo Mengamati
Udin sedang berkunjung ke rumah kakeknya
Di rumah kakeknya ada sebuah tali karet
Udin ingin tajhu berapa panjangnya
Udin mengukur tali karet dengan jengkal tangannya
Anggota tubuh kita bisa digunakan
untuk mengukur panjang suatu benda
Ayo Belajar
Kakek menginap di rumah bela
Kakek mau menanam bunga
Kakek suruh hadi mengukur taman
Sambil bermain bela dan hadi belajar mengukur
Bela dan hadi mengukur panjang dengan alat ukur berikut
Hadi mengukur jarak pohon ke rumah 7 langkah, dengan menggunakan langkak kaki
Bela mengukur panjang meja 8 jengkal, dengan menggunakan jengkal tangan
Ayo Jawab
1. Apakah alat ukur langkah dan jengkal dapat mengukur panjang sebenarnya?
2. Bila bela juga mengukur jarak pohon ke rumah dengan langkah kaki apakah hasilnya sama dengan hadi?
3. Bagaimana bila diukur dengan penggaris?
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan memasangkan kosa kata perkenalan, siswa akan mampu menggunakan kalimat perkenalan yang benar.
2. Dengan mengisi kata perkenalan yang tepat pada latihan di buku siswa, siswa akan mampu menunjukkan penggunaan kosa kata perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat.
3. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat gambar ekspresi dengan baik.
4. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya gambar ekspresi.
Materi Pembelajaran :
1. Menulis kata perkenalan
2. Menggambar
MATERI
Ayo Berlatih
Kegiatan yang bisa kita lakukan
Ketika bersama keluarga besar adalah bermain lompat kelompok
Yuk, kita lihat Udin dan keluarga besarnya bermain lompat kelompok
Udin berkelompok dengan paman, bibi, dan sepupunya
Ayah Udin, ibu Udin, nenek Udin serta kakak Udin di kelompok lain
Tiap anggota kelompok memegang pundak temannya
Tiap kelompok lompat sesuai perintah
Kakek Udin yang memberikan perintahnya
Mari kita bermain seperti keluarga Udin
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Paman Arif
Paman Arif adik ayah bela
Bela memanggil paman Arif mamang
Mamang nama panggilan paman di jawa barat
Mang Arif pintar bermain gitar
Mang Arif hafal banyak lagu
Meng Arif senang mengajak keponakannya bernyanyi
Ayo Jawab
1. Siapakah paman arif?
2. Dari manakah paman arif berasal?
3. Apa panggilan paman arif?
4. Siapa yang diajak paman arif bernyanyi?
5. Apa alat musik yang dimainkan paman arif?
Ayo Menulis
Ayah Paman Sepupu Kakek Bibi
1. Ini adalah Bapak Rahmat, …………. Saya
2. …………… saya seorang guru
3. …………… saya bernama Dita
4. …………… saya bernama Aisyah
5. …………… saya bernama jamal
Ayo Berkreasi
Beni sedang menggambar keluarganya
Beni menggunakan alat dan bahan menggambar
Perhatikan gambar berikut
Manakah alat dan bahan untuk menggambar
Beri tanda centang ( √ ) gambar yang tepat
Selasa, 29 Oktober 2019
Tema 4 subtema 3 pembelajaran 2
Hari/Tanggal: Selasa, 29 Oktober 2019
Pembelajarn 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan kosa kata yang baik dan benar.
2. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa, serta mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan baik dan benar.
Materi Pembelajaran: Berbicara didepan kelas memperkenalkan keluarga besar
MATERI
Ayo Mengamati
Amatilah dan dengarkan teks yang dibaca gurumu berikut
Keluarga Besar Bela
Keluarga besar bela berkumpul pada hari raya
Ada kakek dan nenek
Ada paman dan bibi
Ada juga sepupu sepupu bela
Semua berkumpul di rumah bela
Keluarga besar bela rukun
Semua saling menghormati
Semua saling menyayangi
Ayo Berlatih
Lengkapi kalimat berdasarkan teks di atas
1. Keluarga bela berhari raya di …………………..
2. Kakek datang dengan …………….
3. Paman dating dengan …………….
4. Keluarga besar bela hidup ……………
5. Semua saling ……………. dan ………………..
Ayo Membaca
Ikutilah guru membaca puisi berikut
Kakekku
Kakekku suka bercerita
Cerita kakek lucu sekali
Aku tertawa mendengar cerita kakek
Kakekku baik hati
Setelah bercerita
Kakek ajak kami bermain di taman
Kami senang berada dekat kakek
Ayo Berlatih
Susunlah kata berikut menjadi kalimat
Mulailah dari huruf yang dicetak tebal
1. Suka – kakek – bercerita
2. Kakek – lucu – cerita
3. Dengan – kakek – kami – di taman – bermain
4. Senang – kakek – dekat – kami
Ayo Bercerita
Apakah kakek dan nenekmu masih hidup?
Apa pekerjaan kakek dan nenek dahulu
Apa kamu sayang pada kakek dan nenek
Ceritakan
Kini Kutahu
Kakek dan nenek adalah kerabatku
Paman dan bibi juga kerabatku
Setiap daerah punya panggilan berbeda untuk keluarga dan kerabat
Pembelajarn 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan kosa kata yang baik dan benar.
2. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa, serta mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan baik dan benar.
Materi Pembelajaran: Berbicara didepan kelas memperkenalkan keluarga besar
MATERI
Ayo Mengamati
Amatilah dan dengarkan teks yang dibaca gurumu berikut
Keluarga Besar Bela
Keluarga besar bela berkumpul pada hari raya
Ada kakek dan nenek
Ada paman dan bibi
Ada juga sepupu sepupu bela
Semua berkumpul di rumah bela
Keluarga besar bela rukun
Semua saling menghormati
Semua saling menyayangi
Ayo Berlatih
Lengkapi kalimat berdasarkan teks di atas
1. Keluarga bela berhari raya di …………………..
2. Kakek datang dengan …………….
3. Paman dating dengan …………….
4. Keluarga besar bela hidup ……………
5. Semua saling ……………. dan ………………..
Ayo Membaca
Ikutilah guru membaca puisi berikut
Kakekku
Kakekku suka bercerita
Cerita kakek lucu sekali
Aku tertawa mendengar cerita kakek
Kakekku baik hati
Setelah bercerita
Kakek ajak kami bermain di taman
Kami senang berada dekat kakek
Ayo Berlatih
Susunlah kata berikut menjadi kalimat
Mulailah dari huruf yang dicetak tebal
1. Suka – kakek – bercerita
2. Kakek – lucu – cerita
3. Dengan – kakek – kami – di taman – bermain
4. Senang – kakek – dekat – kami
Ayo Bercerita
Apakah kakek dan nenekmu masih hidup?
Apa pekerjaan kakek dan nenek dahulu
Apa kamu sayang pada kakek dan nenek
Ceritakan
Kini Kutahu
Kakek dan nenek adalah kerabatku
Paman dan bibi juga kerabatku
Setiap daerah punya panggilan berbeda untuk keluarga dan kerabat
Senin, 28 Oktober 2019
Tema 4 Subtema 3 Keluarga Besarku
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 4 Keluargaku
Subtema 3 Keluarga Besarku
Keluarga Besarku
Aku memiliki keluarga besar
Ada kakel dan nenek
Ada paman dan bibi
Aku juga memiliki sepupu
Kakek adalah ayah dari ayah atau ibu kita
Nenek adalah ibu dari ayah atau ibu kita
Paman adalah saudara laki-laki ayah atau ibu kita
Bibi adalah saudara perempuan ayah atau ibu kita
Sepupu adalah anak paman atau bibi
Hari/Tanggal : Senin, 28 Oktober 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati contoh guru membaca, siswa dapat membaca teks tentang keluarga besar dengan lancar.
2. Dengan mengamati gambar di buku siswa, siswa dapat memberikan tanggapan dengan menggunakan bahasa yang santun.
3. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga besar dengan benar.
4. Dengan membaca teks dan melihat gambar, siswa dapat memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar dengan benar.
5. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi tabel daftar keluarga dirumah dengan benar.
6. Dengan mengamat contoh, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarganya didepan kelas dengan benar dan jelas .
7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi kedudukan keluarga besar Udin dengan benar.
8. Dengan mengamati contoh gambar siswa mampu mengidentifikasi karya dua dimensi,kemudian siswa dapat menyelesaikan gambar dua dimensi dengan baik.
9. Dengan menggambar di buku siswa, siswa mampu menentukan ide/ gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya dua dimensi dengan teknik menggambar yang benar.
Materi Pembelajaran:
1. Mengenal anggota keluarga besar
2. Mampu memperkenalkan keluarga besar.
3. Menggambar
MATERI
Dengarkan cerita gurumu
Keluarga Besar Udin
Keluarga Udin sedang berkumpul
Ada ayah dan ibu
Ada kakak dan adik sepupu
Ada kakek dan nenek
Ada pula paman dan bibi
Apakah keluargamu juga suka berkumpul?
Mari berbagi cerita dengan teman dan guru
Ayo Berlatih
Pasangkan gambar di bawah ini dengan nama panggilan keluarga Udin
Ayo Mengamati
Inilah silsilah keluarga besar Udin
Ayo Menulis
Isilah dengan panggilan yang tepat
1. Ayah dari ayah atau ibu kita dipanggil………….
2. Ibu dari ayah atau ibu kita dipanggil……………
3. Adik laki-laki dari ayah atau ibu dipanggil…………..
4. Anak dari paman atau bibi dipanggil……………..
Ayo Berlatih
Lengkapilah kalimat dengan kata yang tersedia
Kerabat berkumpul hari raya
Kampung sepupu
Hari raya di rumah bela
1. Besok adalah …………………
2. Tahun ini …………….. berhari raya di rumah bela
3. Kakek dan nenek sudah datang dari …………………..
4. Besok paman dan bibi serta …………… bela akan datang
5. Keluarga besar bela selalu ………………. Pada hari raya
Hari/Tanggal: Selasa, 29 Oktober 2019
Pembelajarn 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan kosa kata yang baik dan benar.
2. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa, serta mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan baik dan benar.
Materi Pembelajaran: Berbicara didepan kelas memperkenalkan keluarga besar
MATERI
Ayo Mengamati
Amatilah dan dengarkan teks yang dibaca gurumu berikut
Keluarga Besar Bela
Keluarga besar bela berkumpul pada hari raya
Ada kakek dan nenek
Ada paman dan bibi
Ada juga sepupu sepupu bela
Semua berkumpul di rumah bela
Keluarga besar bela rukun
Semua saling menghormati
Semua saling menyayangi
Ayo Berlatih
Lengkapi kalimat berdasarkan teks di atas
1. Keluarga bela berhari raya di …………………..
2. Kakek datang dengan …………….
3. Paman dating dengan …………….
4. Keluarga besar bela hidup ……………
5. Semua saling ……………. dan ………………..
Ayo Membaca
Ikutilah guru membaca puisi berikut
Kakekku
Kakekku suka bercerita
Cerita kakek lucu sekali
Aku tertawa mendengar cerita kakek
Kakekku baik hati
Setelah bercerita
Kakek ajak kami bermain di taman
Kami senang berada dekat kakek
Ayo Berlatih
Susunlah kata berikut menjadi kalimat
Mulailah dari huruf yang dicetak tebal
1. Suka – kakek – bercerita
2. Kakek – lucu – cerita
3. Dengan – kakek – kami – di taman – bermain
4. Senang – kakek – dekat – kami
Ayo Bercerita
Apakah kakek dan nenekmu masih hidup?
Apa pekerjaan kakek dan nenek dahulu
Apa kamu sayang pada kakek dan nenek
Ceritakan
Kini Kutahu
Kakek dan nenek adalah kerabatku
Paman dan bibi juga kerabatku
Setiap daerah punya panggilan berbeda untuk keluarga dan kerabat
Hari/Tanggal : Rabu, 30 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks mengenai keluarga besar, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya serta mampu menunjukkan penggunaan kosa kata ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan memilih kata yang tepat, siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan benar.
3. Dengan mengamati teks, siswa dapat melakukan pendataan kepada kedudukan keluarga besarnya dengan baik.
4. Dengan mengamati teks, siswa dapat menceritakan pengalaman mendata anggota keluarga di rumah berdasarkan kedudukannnya.
Materi Pembelajaran :
1. Bercerita pengalaman bersama keluarga besar
2. Menulis kata perkenalan
MATERI
Ayo Mengamati
Berkumpul Bersama Keluarga Besar
Udin rajin mengunjungi kakek dan nenek
Udin senang berkumpul dengan keluarga besar
Kakek dan nenek sudah tua
Tapi kakek dan nenek sehat
Udin sangat menyayangi kakek dan nenek
Udin bersyukur kepada Tuhan
Udin memiliki keluarga besar yang saling menyayangi
Ayo Mengamati
Udin sedang berkunjung ke rumah kakeknya
Di rumah kakeknya ada sebuah tali karet
Udin ingin tajhu berapa panjangnya
Udin mengukur tali karet dengan jengkal tangannya
Anggota tubuh kita bisa digunakan
untuk mengukur panjang suatu benda
Ayo Belajar
Kakek menginap di rumah bela
Kakek mau menanam bunga
Kakek suruh hadi mengukur taman
Sambil bermain bela dan hadi belajar mengukur
Bela dan hadi mengukur panjang dengan alat ukur berikut
Hadi mengukur jarak pohon ke rumah 7 langkah, dengan menggunakan langkak kaki
Bela mengukur panjang meja 8 jengkal, dengan menggunakan jengkal tangan
Ayo Jawab
1. Apakah alat ukur langkah dan jengkal dapat mengukur panjang sebenarnya?
2. Bila bela juga mengukur jarak pohon ke rumah dengan langkah kaki apakah hasilnya sama dengan hadi?
3. Bagaimana bila diukur dengan penggaris?
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan memasangkan kosa kata perkenalan, siswa akan mampu menggunakan kalimat perkenalan yang benar.
2. Dengan mengisi kata perkenalan yang tepat pada latihan di buku siswa, siswa akan mampu menunjukkan penggunaan kosa kata perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat.
3. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat gambar ekspresi dengan baik.
4. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya gambar ekspresi.
Materi Pembelajaran :
1. Menulis kata perkenalan
2. Menggambar
MATERI
Ayo Berlatih
Kegiatan yang bisa kita lakukan
Ketika bersama keluarga besar adalah bermain lompat kelompok
Yuk, kita lihat Udin dan keluarga besarnya bermain lompat kelompok
Udin berkelompok dengan paman, bibi, dan sepupunya
Ayah Udin, ibu Udin, nenek Udin serta kakak Udin di kelompok lain
Tiap anggota kelompok memegang pundak temannya
Tiap kelompok lompat sesuai perintah
Kakek Udin yang memberikan perintahnya
Mari kita bermain seperti keluarga Udin
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Paman Arif
Paman Arif adik ayah bela
Bela memanggil paman Arif mamang
Mamang nama panggilan paman di jawa barat
Mang Arif pintar bermain gitar
Mang Arif hafal banyak lagu
Meng Arif senang mengajak keponakannya bernyanyi
Ayo Jawab
1. Siapakah paman arif?
2. Dari manakah paman arif berasal?
3. Apa panggilan paman arif?
4. Siapa yang diajak paman arif bernyanyi?
5. Apa alat musik yang dimainkan paman arif?
Ayo Menulis
Ayah Paman Sepupu Kakek Bibi
1. Ini adalah Bapak Rahmat, …………. Saya
2. …………… saya seorang guru
3. …………… saya bernama Dita
4. …………… saya bernama Aisyah
5. …………… saya bernama Jamal
Ayo Berkreasi
Beni sedang menggambar keluarganya
Beni menggunakan alat dan bahan menggambar
Perhatikan gambar berikut
Manakah alat dan bahan untuk menggambar
Beri tanda centang ( √ ) gambar yang tepat
Hari/Tanggal : Kamis, 31 Oktober 2019
Pembelajran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan anggota keluarga besar dengan benar.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan dengan benar.
Materi Pembelajaran :
1. Silsilah keluarga besar
2. Membuat kalimat dari kosakata keluarga besar
3. Membuat silsilah keluarga besar
MATERI
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut
Bermain Dengan Rukun
Bela senang saudara sepupunya menginap di rumah
Bela dapat bermain dengan saudara sepupuny
Bela juga mendengar cerita dari saudara sepupu
Sore hari mereka bermain
Ada yang bermain catur
Ada yang bermain congklak
Ada yang bermain boneka
Mereka bermain dengan rukun
Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dengan intonasi yang tepat
Bermain Congklak
Tok tok tok tok
Biji biji congklak dimasukkan dalam lubang
Biji congklak berupa kerang kerang kecil
Lubang tempat biji congklak berupa cekungan pada papan
Siapa yang memasukkan paling banyak biji congklak dalam lubang miliknya dialah pemenangnya
Ayo Berlatih
Buatlah sebuah kalimat berdasarkan kata di bawah ini
Contoh :
( bermain )
Bela dan sepupu bermain di halaman
(catur dan congklak )
Anak anak bermain catur dan congklak
1. ( bermain )
…………………………………………………………….
2. ( di halaman )
…………………………………………………………….
3. ( balap karung )
…………………………………………………………….
4. ( lomba )
…………………………………………………………….
Ayo Berlatih
Lani dan adiknya sedang mengukur panjang benda
Alat yang digunakan adalah korek api
Korek api dapat digunakan untuk mengukur panjang benda
Carilah alat ukur panjang sederhana lainnya, seperyi yang digunakan Lani
Sekarang lakukan pengukuran panjang dengan alat sederhanamu di kelas
1. Apakah alat sederhana yang kamu gunakan tepat untuk mengukur panjang benda?
2. Adakah cara lain untuk mengukur panjang benda?
Hari/Tanggal : Jumat, 1 November 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar dan contoh dari guru, siswa dapat memperkenalkan saudaranya dan bercerita pengalaman bermain dengan saudaranya dengan baik dan benar.
2. Dengan melakukan bermain peran keluarga, siswa dapat memahami kedudukan keluarga dengan benar.
3. Dengan menyimak gambar, siswa dapat bercerita pengalamannya beribadah bersama keluarga dengan baik.
4. Dengan menyimak gambar dan menjawab pertanyaan di buku siswa mengenai pengalaman beribadah dengan anggota keluarganya, siswa mampu menyebutkan kedudukan angota keluarga berdasarkan kedudukannya dengan baik.
Materi Pembelajaran :
1. Bermain peran
2. Bercerita pengalaman dengan keluarga besar
MATERI
Siapa yang bercakap-cakap?
Apa yang ditanyakan kakek?
Apa yang membuat siti merasa senang?
Ayo Mengamati
Amati gambar berikut
Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan gambar pilihlah kata-kata di dawah ini
Lebih Panjang Tinggi Pendek Tertinggi Terpendek
Contoh : ayah Udin lebih tinggi dari ibu
1. Ayah Udin lebih …………….. dari kakak Udin
2. Kakak Udin lebih …………… dari Ibu
3. Udin ……………… di keluarga
4. Ayah Udin ………. di keluarganya
5. Sepeda Udin ……………….. dari pada mobil mainannya
Ayo Mengamati
Udin sedang beribadah dengan keluarganya
Senang sekali bisa beribadah dengan keluarganya
Apakah kamu pernah beribadah bersama keluargamu?
Ayo Bercerita
Ayo ceritakan pengalamanmu beribadah dengan keluargamu di depan kelas