Hari/Tanggal : Kamis, 17 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan guru dan mengenali foto keluarga, siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.
2. Dengan mengamati simbol-simbol sila Pancasila dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan simbol sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
3. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.
Materi Pembelajaran :
1. Melengkapi nama-nama anggota keluarga berdasarkan teks.
2. Menceritakan anggota keluarga secara tertulis
3. Mengamati simbol sila pertama Pancasila.
MATERI
Ayo Mengamati
Bacalah teks terlebih dahulu!
Namaku Udin, ayahku bernama Rahmat
Ibuku bernama Fatimah
Kakak perempuanku bernama Mutiara
Isilah nama-nama pada foto di bawah ini
Isilah titik titik berdasarkan gambar di atas
1. Jumlah anggota keluarga Udin……………..
2. Udin dan Fatimah adalah ……………….
3. Ayah dan ibu punya …………… orang anak
4. Fatimah punya saudara sebanyak……………. Orang
Tahukah kamu?
Foto keluarga berbentuk segi empat
Segi empat disebut bangun datar
Contoh bangun datar yang lain adalah segitiga dan lingkaran
Ayo Mengamati
Ajaklah salah satu temanmu
Amati gambar-gambar di bawah ini
Adakah bentuk degi empat, segitiga dan lingkaran?
Isilah titik-titik di bawah ini
Bentuk-bentuk bangun datar
Apakah dikelasmu ada foto Garuda Pancasila?
Adakah Presiden dan Wakil Presiden?
Amati bingkai foto tersebut
Apakah bentuknya?
Amatilah symbol-simbol sila dalam Pancasila
Adakah yang berbentuk segi empat?
Adakah yang berbentuk segitiga?
Adakah yang berbentuk lingkaran?
Amatilah simbol sila pertama
Apakah nama simbolnya?
Ayo Belajar
Sebelum makan kita harus berdoa
Ayah memimpin berdoa
Berdoa tanda bersyukur
Bersyukur karena diberi tuhan rezeki
Lihatlah gambar bintang pada dada garuda
Gambar bintang adalah sila kesatu Ketuhanan Yang Maha Esa
Sikap yang sesuai dengan sila kesatu adalah berdoa sebelum melakukan kegiatan
Tidak membedakan teman juga sesuai sila kesatu
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak contoh yang diberikan guru, siswa dapat menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah suara dengan penuh percaya diri.
2. Dengan menyusun tulisan, siswa dapat menceritakan pengalaman berolah raga bersama keluarga.
Materi Pembelajaran :
1. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila
2. Menulis pengalaman berolah raga bersama keluarga.
MATERI
Ayo Membaca
Ayah bela senang berolahraga lari
Ayah rajin lari pagi
Ayah berlari di taman
Ibu bela suka membuat kue
Ibu membuat kue dengan oven
Bela suka kue bolu buatan ibu
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut
Cerita keluarga bela
Ayah selalu menemaniku
Ayah mengantarku ke sekolah
Ayah menemaniku beli buku
Ibu baik hati
Ibu menyiapkan makanku
Ibu bercerita sebelum aku tidur
Kakakku hadi selalu membantu
Aku dapat tugas dari guru
Aku tidak bisa membuat tugas
Kak hadi membantuku mengerjakannya
Jawablah pertanyaan dengan lisan
1. Siapa yang menemani bela membeli buku?
2. Siapa yang suka bercerita pada bela?
3. Bagaimana ibu terhadap bela?
4. Siapa nama kakak bela?
5. Siapa yang membantu bela mengerjakan tugas sekolah?
Bacalah dengan nyaring
Ibu Beni pelatih paduan suara
Hari itu ibu Beni melatih siswa kelas lima
Siswa kelas lima akan menjadi petugas upacara
Mereka berlatih menyanyikan lagu wajib Garuda Pancasila
Ayo Bernyanyi
Bacalah syair lagu berikut kemudian nyanyikan bersama temanmu
Garuda Pancasila
Ciptaan : sudharnoto
Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar Negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Tidak ada komentar:
Posting Komentar