TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN
SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), PPKn (3.3), Matematika (3.8), SBdP (3.2)
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks bacaan secara bersama-sama, siswa dapat menemukan produk dari teknologi pangan dengan tepat.
2. Dengan mendengarkan lagu “Tukang Sayur”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan mengamati bagian-bagian permukaan tempe, siswa dapat menghitung luas permukaan bidang alas tempe dalam satuan tidak baku dengan tepat.
Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang informasi mengolah hasil kebun atau pertanian menjadi bahan makanan dengan menggunakan perkembangan teknologi. Hari ini Lani kedatangan Bibi Lani yang bekerja di pabrik pengolahan makanan. Bibi menceritakan macam-macam cara mengolah bahan makanan. Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologi pangan. Udin, Edo, Beni, Dayu, Siti, dan Lani membaca bersama - sama.
Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), PPKn (3.3), Matematika (3.8), SBdP (3.2)
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks bacaan secara bersama-sama, siswa dapat menemukan produk dari teknologi pangan dengan tepat.
2. Dengan mendengarkan lagu “Tukang Sayur”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan mengamati bagian-bagian permukaan tempe, siswa dapat menghitung luas permukaan bidang alas tempe dalam satuan tidak baku dengan tepat.
Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang informasi mengolah hasil kebun atau pertanian menjadi bahan makanan dengan menggunakan perkembangan teknologi. Hari ini Lani kedatangan Bibi Lani yang bekerja di pabrik pengolahan makanan. Bibi menceritakan macam-macam cara mengolah bahan makanan. Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologi pangan. Udin, Edo, Beni, Dayu, Siti, dan Lani membaca bersama - sama.
Dengarkan dengan baik lagu
“Tukang Sayur” berikut ini:
https://www.youtube.com/watch?v=ZKW_CPJaZmU
Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola irama adalah susunan sekelompok bunyi yang muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah lagu. Apakah lagu “Tukang Sayur” memiliki pola irama yang berbeda? Nyanyikan lagu tersebut secara bergantian dengan temanmu. Iringi nyanyian temanmu dengan berbagai gerakan untuk menunjukkan pola irama berbeda. Pola irama 1 diiringi dengan tepuk tangan. Pola irama 2 diiringi dengan petikan jari. Pada lirik lagu tersebut, pola irama yang berbeda ditandai dengan gambar alat musik yang berbeda.
Gambar 2 : Luas satuan persegi adalah = 5 Satuan persegi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar