TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN
SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.
3. Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
4. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang disukai tiap individu, siswa dapat membuat daftar keberagaman makanan yang disukai tiap individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan benar.
Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
“Teknologi Pangan”!
1. Apa arti dari pangan?
2. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?
3. Apa manfaat dari teknologi pangan?
Ayo Mengamati!
Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.
Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka dan didinginkan, adonan tahu siap dicetak.
Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8.
Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi.
Berapakah luas dari kain A dan kain B?
Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.
Ayo Berlatih!
Hitunglah luas dari setiap gambar berikut.
Luas bidang A adalah 7 satuan
Luas bidang B adalah 10 satuan
Luas bidang C adalah 6 satuan
Luas bidang D adalah 7 satuan
Ayo Mengamati!
Dayu, Siti, dan Lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng. Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak Sarip membuat ikan bandeng presto.
Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.
Ayo Membaca!
Bacalah teks tentang “Bandeng Presto” berikut.
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf.
Ayo Mengamati!
Lani, Dayu, dan Siti memiliki kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah mahir berenang.
Dayu ingin belajar berenang. Siti lebih senang bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita dapat menemukan beragam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam. Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar