Hari/Tanggal Selasa, 2 Mei 2023
Kelas : 3A
Mata Pelajaran : Tematik
MATERI AJAR KLS 3D HARI INI 👇
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramuka dari teks yang dibaca dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan berbagai bangun datar dengan menggunakan gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.
5. Setelah siswa mengamati, siswa dapat menulis pendapat tentang perilaku seharihari yang sesuai dengan arti simbol-simbol sila Pancasila dengan benar.
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramuka dari teks yang dibaca dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan berbagai bangun datar dengan menggunakan gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.
5. Setelah siswa mengamati, siswa dapat menulis pendapat tentang perilaku seharihari yang sesuai dengan arti simbol-simbol sila Pancasila dengan benar.
Ayo Membaca!
Ayo Membaca!
Bacalah dengan nyaring! Perhatikan intonasi pada saat membaca!
Aku Anak Mandiri
Aku anggota pramuka yang mandiri. Anggota pramuka dilatih untuk dapat bekerja secara mandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Aku selalu menyiapkan peralatan sendiri. Aku menyiapkan dan mengenakan seragam pramuka sendiri.Aku mengenakan kelengkapan seragam pramuka secara mandiri. Seragam pramuka memiliki banyak kelengkapan. Diantaranya baju seragam lengkap dengan celana atau rok. Baju dilengkapi dengan tanda-tanda pramuka. Ada juga tutup kepala dan setangan leher. Dilengkapi dengan ikat pinggang, kaus kaki, dan sepatu.Latihan pramuka membuatku menjadi mandiri. Aku sudah dapat mandiri melakukan kegiatan. Aku selalu menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Aku mengerjakan tugas dan merapikan kamar secara mandiri. Untuk dapat mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan akan menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. Dalam pramuka, aku berlatih mengerjakan tugas secara mandiri bersama teman-teman.Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?Kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri
-Memakai baju
-Memakai kaos kaki
-Memakai sepatu
-Memakai tali sepatu
-Memakai ikat pinggang
-Menyiapkan peralatan sekolah
Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga. Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!
Ayo Berlatih!Perhatikan pula tanda/atribut yang dikenakan seperti gambar berikut ini.
Perhatikan bentuk tanda pramuka tersebut. Bentuk tanda pramuka merupakan bentuk bangun datar.Ada lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang.1. Tuliskan pada tabel berikut!Tuliskan secara berkelompok sesuai bentuknya!
Ayo Menari!
Pernahkah kamu menari tari tempurung? Cobalah ikuti kegiatan berikut ini.Siapkan dua buah tempurung kelapa. Benturkan kedua bagian punggung tempurung sehingga berbunyi.
Mandiri dalam Mengambil Keputusan
Anggota pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan mengambil keputusan dalam menentukan nama kelompok. Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi. Setiap anggota kelompok dapat menyampaikan pendapat. Diskusi kelompok dipimpin oleh ketua kelompok. Setelah selesai berdiskusi, semua anggota setuju. Nama kelompok telah ditetapkan.
Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah.
Bermusyawarah juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.
Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila.
2. Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan bacaan!a. Apa arti bermusyawarah?b. Sebutkan 3 contoh kegiatan bermusyawarah!c. Termasuk pengamalan sila keberapa kegiatan bermusyawarah?Ayo Mencoba!Anggota pramuka yang baik selalu mengenakan seragam dengan rapi. Saat latihan anggota pramuka selalu berpakaian rapi. Latihan merapikan seragam bagian dari persiapan baris berbaris. Anggota pramuka merapikan seragam mulai dari alas kaki sampai tutup kepala. Berikut ini gambar kegiatan merapikan seragam pramuka.
Mari, mencoba berlatih mengikuti gerakan membungkukkan badan! Gerakan membungkukkan badan sambil menyentuh kaki. Gerakan membungkukkan badan termasuk melatih kelentukan badan. Gerakan membungkukkan badan bertujuan melemaskan otot pinggang. Lakukan tahapan gerakan seperti berikut ini!
1. Berdiri tegap dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.2. Bungkukkan badan ke depan bawah sampai kedua tangan menyentuh lantai. Pandangan ke arah lutut. Pertahankan sampai hitungan kelima.3. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.4. Bungkukkan badan ke sebelah kiri. Kedua tangan menyentuh kaki kiri. Pertahankan sampai hitungan kelima.5. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.6. Bungkukkan badan ke sebelah kanan. Kedua tangan menyentuh kaki kanan. Pertahankan sampai hitungan kelima.7. Selama melakukan gerakan ini, lutut tidak ditekuk.8. Lakukan gerakan secara berulang.
Bacalah dengan nyaring! Perhatikan intonasi pada saat membaca!
Aku Anak Mandiri
Kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri
-Memakai baju
-Memakai kaos kaki
-Memakai sepatu
-Memakai tali sepatu
-Memakai ikat pinggang
-Menyiapkan peralatan sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar