Minggu, 07 Mei 2023

Senin, 08 Mei 2023

           TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 3 AKU SUKA BERTUALANG

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Assalamualaikum wr wb

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3A, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta  berdoa terlebih dahulu ya nak! 

Tema 8                   : Praja Muda Karana

Subtema 3            : Aku Suka Bertualang 

Pembelajaran        : 1 

Kode KD Bahasa Indonesia (3.9), Matematika (3.13), PPKn (3.1), SBdp (3.1)

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis  lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.

3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.

4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.

                                              

Aku anggota pramuka yang suka bertualang. Bertualang berarti pergi ke mana-mana mencari pengalaman. Anggota pramuka senang bertualang. Mereka mengunjungi berbagai tempat untuk
belajar. Mereka juga senang mengunjungi tempat yang belum dikenal.

Mengunjungi berbagai tempat di Indonesia termasuk bertualang. Indonesia negara yang sangat kaya dengan budaya. Indonesia juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.
Mengenal budaya Indonesia sebagai tanda cinta pada tanah air. Melihat keindahan alam Indonesia juga merupakan kegiatan yang  mengasyikkan.

Mari kita bertualang untuk mengenal budaya dan keindahan di Indonesia. Bertualang juga dapat mengenal berbagai permainan tradisional di Indonesia. Saat bertualang, kita dapat mengenal berbagai rambu lalu lintas. Menaati  peraturan lalu lintas membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan. 


Ayo Membaca

Hari ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang. Mereka akan mencari tahu tentang lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari jejak. 

Udin memperhatikan tanda yang sudah disepakati agar aman bertualang. Tanda yang digunakan berupa bendera kertas berwarna. Bendera berwarna merah menunjukkan perintah belok kiri. Bendera berwarna kuning menunjukkan perintah belok kanan. Bendera warna hijau menunjukkan perintah berjalan lurus.

Semua anggota kelompok juga mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra
cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.


Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat
yang seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan saat menyeberang jalan. Mereka juga selalu berjalan di bagian jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan patuh pada peraturan.

Ayo Berlatih

Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.


Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat seperti berikut!

Ada banyak kendaraan di jalan raya. Ada mobil dan ada motor. Ada juga sepeda dan bus. Semua pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas. Semua pengendara kendaraan bermotor harus memiliki surat izin mengemudi. Semua harus mengikuti peraturan lalu lintas, agar selamat di perjalanan.

Hiasan pada benda seni ada berbagai bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik dan ada  juga yang berbentuk garis. Contoh benda seni berhias titiktitik sebagai berikut!
 


Tugasmu!

Cobalah kamu gambar dan menghias gambar bus seperti contoh di bawah ini di buku gambarmu! Hiaslah menggunakan garis, titik dan warna agar lebih menarik!

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian melaksanakan sholat Dhuha  mempelajari materi, mengerjakan tugas dan hasilnya, agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum 🥰🙏🥰

8 komentar:

  1. assalamualaikum ibu
    nama :muhammad rafa abidzar
    kelas :3 A
    keterangan :hadir

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum
    Muhammad Hasan Putra
    Kelas 3A
    Hadir

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr wb
    Hafiza Khairunnisa Az Zahra
    Absen : 8
    Hadir

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr wb
    Sherina Nabilla Azka
    Absen 24
    Hadir ibu ....
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum nama= daffaarestian ramadhan kelas=3A keterangan= hadir

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Azka Dimas Alvaro
    Kelas 3A
    Absen : 02
    Hadir

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum Bu Hesti
    Muhammad Ilham Ikhwani Al Fahrezi
    Kelas 3 A
    Hadir

    BalasHapus
  8. Ass. Bu Hesti
    Aqilah Athaya Maharani
    Kelas 3 A

    BalasHapus

Jumat, 03 Mei 2024

  TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI  SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS 3 SD AL AZHAR 2   Tema 7                             : Pe...