TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA
SUBTEMA 3 AKU SUKA BERTUALANG
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Assalamualaikum wr wb
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha, muroja'ah serta berdoa terlebih dahulu ya nak!
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Bertualang
Pembelajaran : 5 & 6
Kode KD Bahasa Indonesia (3.7), Matematika (3.13), PPKn (3.1)
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.
3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
Ayo Membaca
Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar ramburambu petunjuk tempat.
Perhatikan papan petunjuk berikut ini!
Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?
Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri
Perhatikan petunjuk tempat beribadah berikut!
Perhatikan gambar berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross
2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.
Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya. Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.
Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?
Perhatikan contoh diagram batang makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.
Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya. Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.
Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?
Perhatikan contoh diagram batang makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.
Latihan Soal !
1. Buatlah diagram batang seperti contoh di atas dengan data berikut ini:
2. Berapa banyak siswa yang menyukai ice cream? 3. Makanan favorit apa yang paling sedikit disukai?
4. Berapa banyak perbedaan antara makanan favorit mie ayam dengan siomay?
5. Berapa banyak perbedaan antara makanan favorit Ice cream dengan bakso?
Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!
Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🥰🙏
Assalamualaikum Bu Hesti
BalasHapusM Ilham Ikhwani Al Fahrezi
Kelas 3 A
Hadir 🙏
Hafiza Khairunnisa Az Zahra
BalasHapusAbsen : 8
Hadir Bu 🙏
Assalamualaikum
BalasHapusAzka Dimas Alvaro
Absen : 2
Hadir Bu