Jumat, 26 April 2024

Jumat, 26 April 2024

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                   : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran : 1 dan 2

TUJUAN PEMBELAJARAN:

1. Dengan mengamati simbol-simbol peraturan di kolam renang, siswa dapat menjelaskan prosedur cara menjaga keselamatan diri dalam aktivitas air dengan runtut dan percaya diri. 

2. Dengan membaca teks bacaan tentang “Alat Komunikasi Tradisional dan Modern”, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari suatu bacaan dengan tepat.

3. Dengan memberi warna pada setiap sisi bangun datar, siswa dapat menunjukkan keliling bangun datar dengan tepat. 

4. Dengan mengamati contoh karya gambar dekoratif yang ditunjukkan oleh guru, siswa dapat menentukan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk dibuat menjadi karya dekoratif dengan rapi dan percaya diri.

Mari kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini 💪

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, setiap orang memerlukan orang lain. Satu orang berhubungan dengan orang lain. Manusia melakukan komunikasi saat bersama-sama. Saat berkomunikasi, kita dapat menyampaikan apa yang diinginkan.

Saat berkomunikasi, kita dapat menyampaikan apa yang kita pikirkan. Dahulu, ruang komunikasi manusia amat terbatas. Bersyukurlah, teknologi komunikasi makin berkembang. Kini kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja. Mari kita pelajari perkembangan teknologi komunikasi, agar hidup makin berarti.

Apakah kamu masih ingat tentang kalimat pokok dari setiap paragraf?

Ide pokok suatu bacaan dapat ditemukan jika kita membaca dengan teliti. Ide pokok ditemukan pada kalimat utama tiap paragraf. Ide pokok adalah gagasan utama dari bacaan.

Ayo Mengamati!

Siti mendapat kiriman kartu ucapan terima kasih dari toko majalah yang pernah Siti pesan.
Kartu tersebut cantik sekali. Kartu itu disebut kartu pos. Unsur garis, bidang, dan warna pada kartu pos menarik untuk dilihat.
Amati hiasan pada kartu pos berikut!


Siti, Dayu, dan Lani telah selesai menghias sekeliling kartu pos dengan karya hiasan.
Amati gambar kartu pos yang telah dihias!

Kartu pos  mempunyai empat tepi. Jumlah panjang keempat tepinya disebut keliling kartu pos.
Persegipanjang mempunyai  empat sisi. Jumlah panjang keempat sisinya disebut keliling persegi panjang .
Setiap bangun datar memiliki keliling. Kita dapat  menemukan keliling dari setiap bangun datar dengan mudah.

Ayo Berlatih!




Ayo Mencoba!
Sebagian besar Bumi terdiri atas air. Oleh karena itu, kita harus bersahabat dengan air. Air dapat menjadi kawan maupun lawan. Kita perlu memperhatikan keselamatan diri saat berada di dalam air.

Dengan mematuhi peraturan di kolam renang, kita  telah menjaga keselamatan diri sendiri.

Ayo Membaca!

Setelah berenang, Udin, Beni, dan Edo beristirahat. Udin beristirahat sambil membaca buku yang
dibawanya.
Buku tersebut bercerita tentang alat komunikasi tradisional dan modern.

Bacalah teks berikut.

Setelah anak-anak membaca Alat Komunikasi Tradisional dan Modern pada teks di atas.
Anak-anak dapat membedakan alat komunikasi Tradisional dan Modern, Sekarang yuk kita menjawab latihan soal pada Tugasmu!

Tugasmu! 

Lengkapi kalimat berikut menggunakan kata yang tersedia di bawah ini.
Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung!

1. Alat komunikasi ______________ digunakan pada masa lalu.
2. __________ termasuk ke dalam alat komunikasi tradisional.
3. Lonceng dan ______ memiliki fungsi yang sama.
4. Telepon kini berkembang menjadi _____________
5. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi ___________


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 22 November 2025

TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )   SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA)  KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Kamis , 21 ...