Rabu, 03 April 2024

Rabu, 03 April 2024

    TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                   : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran               : 6

1.        Dengan memperhatikan penjelasan melalui gambar di blog, siswa dapat menemukanvolume suatu benda dengan satuan tidak baku.

2.        Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan volume benda dengan tepat.

3.        Dengan menganalisis gambar, siswa dapat membandingkan volume air dengan tepat.

4.       Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi hal baik (dampak positif) dan hal tidak baik (dampak negatif) dari keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.


melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.

Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B


volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B.

Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.

Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda.


Bacalah teks bacaan berikut!

Setelah membuat tempe, Siti dan teman-teman akan mengolah tempe yang sudah jadi. Mereka membayangkan menu masakan yang akan dibuat dari tempe.

Siti ingin membuat tempe balado karena Siti suka pedas. Edo ingin membuat semur tempe karena Edo suka rasa manis. Lani ingin membuat tempe  asam manis karena Lani suka rasa asam dari saus tomat. Beni, Dayu, dan Udin, lebih suka tempe yang digoreng. Rasanya asin dan gurih.

Siti memaksa ingin membuat tempe balado. Demikian pula, Edo tetap bertahan ingin membuat semur tempe. Karena tidak ada yang mau mengalah, hampir saja tempe tidak jadi diolah.

Keinginan setiap orang berbeda-beda. Jika setiap orang memaksakan kehendak, akan terjadi

pertengkaran.

Akhirnya, Siti dan kawan-kawan berdiskusi untuk menentukan jenis masakan yang akan dibuat. Siti tidak ingin memaksakan kehendak. Siti paham bahwa tidak semua orang suka pedas. Siti memiliki tenggang rasa terhadap teman-temannya. Begitu pula Edo dan Lani, mereka tidak memaksakan keinginan pribadi. Dari hasil diskusi, semua sepakat untuk membuat tempe mendoan.

Perbedaan sifat dan kebiasaan dapat menimbulkan pertengkaran jika tidak ada yang mau mengalah. Sikap itu tentu saja tidak baik. Perbedaan sifat dan kebiasaan tidak akan menjadi masalah, jika bertoleransi terhadap sifat dan kebiasaan orang lain.

Tenggang rasa adalah sikap mau memahami keadaan orang lain.

Amati hasil diskusi mengenai berbagai akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan pada setiap orang!

- Muncul sikap tenggang rasa

- Berbeda pendapat

- Perang antar suku bangsa

- Memahami perasaan orang lain

- Saling melengkapi satu sama lain

- Memicu pertengkaran

- Menghargai perbedaan

- Memaksakan kehendak

- Memperkaya wawasan

- Tidak mau bersatu

Tuliskan kembali sikap yang perlu ditiru dan dihindari jika terdapat perbedaan pada tabel berikut!

1. Perlu Ditiru

- Muncul sikap tenggang rasa

- Memahami perasaan orang lain

- Saling melengkapi satu sama lain

- Menghargai perbedaan

- Memperkaya wawasan

2. Perlu Dihindari

- Berbeda pendapat

- Perang antar suku bangsa

- Memicu pertengkaran

- Memaksakan kehendak

- Tidak mau bersatu

Sikap yang perlu ditiru memberikan akibat yang positif atau baik.

Sikap yang harus dihindari adalah sikap yang dapat memberikan akibat negatif atau tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 22 November 2025

TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )   SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA)  KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Kamis , 21 ...