Senin, 01 April 2024

Senin, 01 April 2024

    TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                   : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran               : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan membaca teks bacaan secara bersama-sama, siswa dapat menemukan produk dari teknologi pangan dengan tepat.

2. Dengan mendengarkan lagu “Tukang Sayur”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.

3. Dengan mengamati bagian-bagian permukaan tempe, siswa dapat menghitung luas permukaan bidang alas tempe dalam satuan tidak baku dengan tepat.

4. Dengan mengamati gambar-gambar berisi ragam pakaian adat dan makanan Indonesia, siswa dapat mengenal ragam budaya Indonesia dengan baik.

5. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi produksi pangan yang dibaca.


Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang informasi mengolah hasil kebun atau pertanian menjadi bahan makanan dengan menggunakan perkembangan teknologi. Hari ini Lani kedatangan Bibi Lani yang bekerja di pabrik pengolahan makanan. Bibi menceritakan macam-macam cara mengolah bahan makanan. Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologi pangan. Udin, Edo, Beni, Dayu, Siti, dan Lani membaca bersama - sama.

 Ayo Membaca!

Bacalah teks berikut!

1. Carilah jenis makanan baru yang dihasilkan oleh teknologi pangan!
Amati kalimat yang berwarna merah pada teks “Hasil Teknologi Pangan”. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama pada setiap paragraf.

Ayo Bernyanyi!
Setelah membaca dan bercerita tentang teknologi pangan, Lani mengajak teman-teman bernyanyi bersama. Bibi Lani memperkenalkan sebuah lagu baru.

Dengarkan dengan baik lagu “Tukang Sayur” berikut ini:


https://www.youtube.com/watch?v=ZKW_CPJaZmU

 Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola irama adalah susunan sekelompok bunyi yang muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah lagu. Apakah lagu “Tukang Sayur” memiliki pola irama yang berbeda? Nyanyikan lagu tersebut secara bergantian dengan temanmu. Iringi nyanyian temanmu dengan berbagai gerakan untuk menunjukkan pola irama berbeda. Pola irama 1 diiringi dengan tepuk tangan. Pola irama 2 diiringi dengan petikan jari.  Pada lirik lagu tersebut, pola irama yang berbeda ditandai dengan gambar alat musik yang berbeda.

Ayo Mengamati!
Bibi Lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai di dalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya.
Tempe yang dibeli Bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang  tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi. 
Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang.
Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku.
Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga.

Amati bentuk di bawah ini!


Ayo Berlatih!
Hitunglah luas permukaan bidang berikut.

                            Gambar        1                            2                            3

Gambar 1 : Luas satuan persegi adalah =  5 Satuan persegi

Gambar 2 : Luas satuan persegi adalah =  5 Satuan persegi

Gambar 3 : Luas satuan persegi adalah =  6 Satuan persegi

2. Mari hitung satuan luas pada gambar di bawah ini!
Gambarlah dan beri warna sesuai dengan gambar berikut. 

                        Gambar :     1                               2                                   3





    Pagi ini, Udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni. 
    Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah Sunda. Edo memakai baju dari Papua. Dayu memakai  pakaian adat Bali. Demikian pula dengan Beni,  Siti, Lani, dan yang lainnya. 

Mereka juga membawa makanan khas daerah. Udin membawa combro dari Sunda. Edo membawa kue sagu dari Papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari Bali. Beni membawa panada dari Manado. Siti membawa keripik singkong dari Padang. Tak ketinggalan, Lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas Tionghoa. 
    Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di Indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing.  
Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat. 

Amati gambar pakaian khas daerah Indonesia berikut!


Indonesia terbagi menjadi beberapa daerah.
Setiap daerah memiliki pakaian adat yang beragam atau berbeda-beda.
Walaupun berbeda-beda, namun Indonesia tetap bersatu.

Apakah Udin dan teman-teman membawakan budaya dari daerah yang sama?
Jawaban:
Tidak, Udin dan teman-teman membawakan budaya dari daerah yang berbeda.
Ø  Apakah kita perlu mengenal dan memahami daerah-daerah lain di Indonesia?
Jawaban:
Ya, kita perlu mengenal dan memahami daerah-derah lain di Indonesia agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Ayo Mengamati!
Indonesia terbagi menjadi beberapa daerah. Setiap daerah memiliki pakaian adat yang beragam atau berbeda-beda. Walaupun berbeda-beda, namun Indonesia tetap bersatu.


Pada perayaan kemerdekaan RI ke-72 yang  bertempat di istana Merdeka, Presiden RI Joko  Widodo beserta para tamu undangan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Walau memakai pakaian yang berbeda, setiap orang saling menghargai perbedaan tersebut. Dengan memahami perbedaan, kita telah menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks tersebut:
• Pakaian yang dikenakan oleh Bapak Presiden beserta para undangan menunjukkan keragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Penting bagi kita untuk menghargai keragaman dengan itu terciptalah persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia .

Ayo Membaca!
Bacalah Teks Berikut.
Pengolahan Singkong

Di daerah Sumatra Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari lauk pauk hingga makanan ringan. Gulai singkong, kue talam singkong, dan kacimuih merupakan makanan yang biasa dibuat untuk konsumsi sehari-hari. Singkong goreng juga sering dibuat di rumah. Daya tahannya paling lama adalah dua hari.
Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Teknologi pangan memberikan nilai lebih bagi bahan makanan hasil panen melalui berbagai cara. Tekniknya adalah melalui pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Dengan demikian, singkong dapat dinikmati dalam jangka waktu lebih lama.

Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Singkong diolah menjadi dakak-dakak, karak kaliang, rendang singkong, dan karupuak singkong pedas. Teknik pengemasan yang baik, mampu membuat makanan tersebut awet hingga 3 bulan atau lebih.

Teknologi pangan membuat makanan awet dan tahan lama.
Contoh makanan awet dan tahan lama:
Karak Kaliang 
        


          
              Dakak -dakak                   

  
Karupuak sanjai



                                                                         Rendang singkong


Contoh dalam menjawab tugas diatas: 
Gambar 1 Pakaian adat dari ..................
Gambar 2 Pakaian adat dari .................. 
Gambar 3 Pakaian adat dari .................. 
Gambar 4 Pakaian adat dari .................. 

Jadi untuk tugas kita hari ini ada 3 point ya sholeh sholeha, silahkan dibaca dengan teliti materi kita hari ini... 

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 22 November 2025

TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )   SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA)  KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Kamis , 21 ...