Pages

Pages - Menu

Selasa, 29 Oktober 2024

Hesti Windari_UKG2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 2 ( KEWAJAIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Identitas guru     : Hesti Windari, S.Pd.
Mata Pelajaran   : Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 ( Kewajiban dan Hakku di Sekolah )

Tujuan Pembelajaran:
Dengan mengamati gambar yang ditampilkan peserta didik dapat menganalisis hak dan kewajibanku sebagai warga sekolah dengan tepat.

Dengan diskusi kelompok peserta didik dapat menuliskan hasil identifikasi  tentang kewajiban dan hakku sebagai warga sekolah dengan benar.


Metode Pembelajaran : Problem Based Learning
Media / Alat Peraga     : PPT Canva dan gambar
Sumber Belajar            : Buku Tema, MRT dan Modul

Kegiatan Awal
Tabuk Pun 🙏😊
Good Morning Students.
Apa kabar mu ? Semoga anak - anak kelas 3B dalam keadaan sehat-sehat walafiat Aamin Ya Robbal'alamin 🤲
Sebelum mulai pembelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu setelah itu kita berdoa bersama ya 🥰
Guru mengecek kehadiran siswa siapa hari ini yang tidak masuk


Apersepsi :
Baik anak sholeh dan sholeha bu guru kemarin kita sudah mempelajari materi kewajiban dan hakku di rumah.
Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan atau kita laksanakan dengan rasa tanggung jawab.
Sedangkan Hak adalah sesuatu yang harus kita miliki atau kita dapatkan.
Untuk memahami materi ini mari kita simak dengan baik ya dan selalu semangat 👍

Kegiatan Inti
Fase 1 (Orientasi masalah )
1. Guru memberikan sebuah pertanyaan kepada peserta didik yaitu

a.       Apa kewajiban dan hak mu di sekolah?

b.      Apa yang harus kamu lakukan agar sekolah mu indah dan rapi?

2. Peserta didik mengamati gambar tentang kewajiban dan hakku di Sekolah

Materi Pembelajaran :

Kewajiban dan Hak di sekolah





Amatilah gambar keadaan sekolah diatas.?
Apa yang kamu lihat pada gambar? Bagaimana dengan tamannya? Mengapa dapat seperti itu.?
Siapa yang membuat keadaan taman sekolah seperti itu.?
Bagaimana mereka melakukannya?
hak adalah sesuatu yang dapat dimiliki dan diterima. sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan atau dilaksanakan menurut aturan yang berlaku.
Hak dan kewajiban harus dilaksankan dengan seimbang agar tidak terjadi ketimpangan. Hak diperoleh setelah melaksanakan kewajiban.

Contoh Hak Siswa di Sekolah
Inilah beberapa hak yang diterima oleh para siswa ketika berasa disekolah.

1. Mendapatkan Ilmu Pengetahuan dari Guru
Hak sebagai seorang siswa yang pertama adalah mendapatkan ilmu pengetahuan. Orang tua menyekolahkan anaknya di suatu sekolah dengan tujuan supaya mendapatkan ilmu pengetahuan. Mereka nantinya diharapkan akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru dari berbagai mata pelajaran yang diberikan sesuai tingkatan kelasnya.

2. Menggunakan Fasilitas Sekolah
Untuk menunjang proses belajar mengajar, sekolah akan menyediakan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas yang disediakan seperti ruang kelas yang nyaman, arena olahraga, ruang ibadah, perpustakaan, kantin, toilet, dan sebagainya. Semua siswa memiliki hak untuk menggunakan fasilitas yang disediakan sesuai dengan fungsinya. Meski begitu, siswa harus bisa menjaga dan merawat semua fasilitas yang disediakan.

3. Mendapatkan Perlindungan dan Keamanan dari Pihak Sekolah
Hak siswa selanjutnya adalah berhak untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan dari pihak sekolah. Perlu diketahui, jika seorang anak akan menghabiskan banyak waktunya di sekolah bersama guru, teman- teman, staf, dan anggota sekolah lainnya.

4.  Mengajukan Pertanyaan
Siswa sekolah juga memiliki hak untuk mengajukan pertanyaan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas jika diperlukan, khususnya mengajukan pertanyaan terkait materi pembelajaran yang  dirasa  belum jelas. Melalui hak inilah para siswa mendapatkan penjelasan lebih mendalam lagi, bahkan diulang lebih dari sekali sampai dia bisa benar-benar mengerti materi yang disampaikan oleh gurunya dengan jelas.

5.  Menyampaikan Pendapat
Siswa di lingkungan sekolah juga memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya. Contoh pada pemilihan ketua kelas, pemilihan ketua Pramuka, dan lain sebagainya.

Contoh Kewajiban Siswa di Sekolah
Inilah beberapa kewajiban seorang siswa yang harus mereka lakukan ketika berada di sekolah.

1. Menaati Peraturan dan Tata Tertib Sekolah
Setiap sekolah pastinya memiliki peraturan dan tata tertib masing-masing. Peraturan dan tata tertib setiap sekolah bisa saja berbeda satu sama lain. Nah, tugas seorang pelajar yang pertama adalah berkewajiban untuk menaati semua peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. 

2. Mengikuti Jam Pelajaran dan Kegiatan Sekolah
Kewajiban siswa selanjutnya adalah harus mengikuti jam belajar dan kegiatan di sekolah. Siswa harus mengikuti semua pelajaran mulai dari jam pertama hingga jam terakhir. Ini berarti siswa tidak boleh meninggalkan kelas tanpa izin dari wali kelas, guru kelas, dan guru piket. Siswa diperkenankan untuk meninggalkan kelas maupun sekolah ketika proses belajar sudah berakhir.

3. Datang ke Sekolah Tepat Waktu
Sebelum bel sekolah berbunyi, seorang siswa harus sudah datang ke sekolah. Artinya, siswa harus datang ke sekolah tepat waktu (umumnya pukul 07.00 pagi) atau tergantung kebijakan sekolah masing-masing. Apabila siswa tidak masuk sekolah, pihak orang tua atau wali muridnya harus memberikan surat izin tidak masuk sekolah atau bisa juga dengan menghubungi staf sekolah maupun guru.

4. Menjaga Kebersihan Sekolah
Siswa harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah, termasuk ruang kelas atau lingkungan sekolah. contohnya membuang sampah pada tempatnya, merapikan meja dan kursi setelah digunakan, serta menjaga kebersihan toilet dan halaman sekolah.

Mari kita simak Video pembelajaran berikut

3.      Setelah mengamati gambar peserta didik bertanya jawab tentang kewajiban dan hak warga sekolah dan apa yang harus dilakukan agar sekolah indah dan rapi? (HOTS, Critical Thingking)

4.  Guru menyampaikan masalah yang nantinya akan dipecahkan secara bersama secara berkelompok.

Fase 2 (Mengorganisir Peserta didik)

1.      Peserta didik membentuk kelompok menjadi 5 kelompok.

2.      Peserta didik mengamati video yang ditampilkan guru tentang kewajiban dan hak di sekolah. (mengamati, critical thingking)

3.      Guru menjelaskan tentang urutan kewajiban dan hakku di sekolah yang akan dikerjakan peserta didik.

4.      Peserta didik menyimak penjelasan guru

5.      Guru bertanya untuk memastikan pemahaman peserta didik.

Fase 3 (Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri dan

berkelompok)

1.      Guru membagikan LKPD  kepada masing-masing kelompok.

2.     Peserta didik berdiskusi bersama kelompok mengerjakan LKPD   tentang kewajiban dan hakku di sekolah. (Mandiri, critical thingking, communication)

3.  Peserta didik dibimbing guru dalam mengerjakan LKPD menuliskan Kewajiban dan Hak di Sekolah.

4.      Guru berkeliling memantau kegiatan diskusi peserta didik.

LKPD
Amati gambar keadaan sekolah! Diskusikan dengan teman-temanmu!
Kelompokkan hasil diskusimu menjadi kewajiban dan hak !

 

Kewajiban dan Hak disekolah

Kewajiban

Hak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Fase 4 (Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)

1.      Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas.

2.      Kelompok lain menanggapi hasil presentasi kelompok penyaji dibawah bimbingan guru.

3.      Guru memberikan penguatan dan memotivasi keberanian peserta didik dalam mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

Fase 5 (Mengevaluasi hasil)

1. Guru memberikan apresiasi kepada kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusinya.

2. Guru melakukan penilaian terhadap penampilan peserta didik.

 3. Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok.

Refleksi :
Sebelum pembelajaran ditutup guru meminta siswa melakukan refkesi kegiatan hari ini
1. Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
2. Apakah anak anak senang belajar hari ini?

Penutup
Demikian materi kita hari ini, Apakah anak-anak dapat memahami materi pembelajaran tentang Kewajiban dan Hak di Sekolah? Jika ada yang belum dipahami silahkan tanyakan pada ibu guru.
Baiklah sekian penjelasan dari bu guru, kita akan bertemu lagi dimateri berikutnya. tetap semangat dan jangan lupa selalu laksanakan sholat lima waktu. Bu guru akhiri Wassalamualikum wr wb. 

KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengetahui kewajiban dan hakku disekolah serta menyebutkan contoh-contohnya. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami kewajiban dan hak di sekolah, masih ada sebagian siswa yang belum mampu menyebutkan contoh kewajiban dan hak disekolah. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh-contohnya kemudian guru melakukan tanya jawab.


Jumat, 01 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 1 (KEAJAIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Rabu, 30 Oktober 2024

Tema/ Sub Tema : 4/1

Subtema  1           :  Hak dan Kewajibanku di Rumah

Pembelajaran        : 6

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Kerja Kelompok, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang membuat kalimat saran serta mempelajari tentang kewajiban dan hakku sebagai anggota keluarga terkait tempat tinggal. Hari ini kita akan belajar tentang rumahku bersih dan nyaman.

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dapat menunjukkan ungkapan  atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

2.        Dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan tempat tinggal dengan tepat.

Rumahku Bersih dan Nyaman

Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa menyenangkan.

Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit.

Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal yang bersih?

Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi.

Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya baru selesai mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah.

Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin?

Agar lebih jelas mari kita simak video berikut ini :



Pola Irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang dan pendeknya bunyi dapat di hitung melalui ketukan. ketukan tersebut digambarkan seperti bunyi detak jarum jam. Pola irama akan berjalan menurut Birama. Birama adalah kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. 

Setiap lagu mempunyai irama. ada yang bunyinya tinggi ada yang rendah, dan ada yang sedang. Bunyi yang memiliki getaran yang teratur disebut dengan Nada. Nada - nada yang di rangkai akan menjadi sebuah lagu yang indah jika di dengarkan. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Udin dan Mutiara ingin rumahnya selalu rapi.

Apa saja kewajiban yang harus Udin dan Mutiara lakukan? Apa saja hak Udin dan Mutiara?


Kamis, 31 Oktober 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 1 (KEAJAIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Kamis, 31 Oktober 2024

Tema/ Sub Tema : 4/1

Subtema  1           :  Hak dan Kewajibanku di Rumah

Pembelajaran        : 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Kerja Kelompok, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang membuat kalimat saran serta menentukan dua bilangan yang hasilnya telah ditentukan. Hari ini kita akan mempelajari tentang kewajiban dan hakku sebagai anggota keluarga berkaitan dengan tempat tinggal.

Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah,

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dapat menunjukkan ungkapan  atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

2.        Dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan tempat tinggal dengan tepat.

3.        Dapat menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui dengan benar.

 

Rumah Tempat Berlindung

Setiap orang wajib melindungi dirinya dari bahaya. Salah satu tempat berlindung adalah tempat tinggal. Setiap orang berhak mendapatkan tempat tinggal. Tempat tinggal biasanya berbentuk rumah. Rumah memiliki bentuk yang berbeda-beda, tetapi  manfaatnya sama. Rumah merupakan tempat berlindung dan beristirahat. Rumah juga tempat berkumpul bersama keluarga. Kita tidur, mandi, makan, dan melepas lelah di rumah. Kita juga belajar banyak hal di rumah. Udin dan Mutiara  mengeluhkan rumah mereka yang bocor. Ibu menasihati mereka agar bersyukur atas semua yang dimiliki. Ibu menyarankan mereka agar melihat orang-orang yang lebih susah.

Banyak anak yang tidak memiliki rumah. Banyak anak yang tetap bahagia meski rumahnya banjir. Dengan bersyukur, hati akan senang.


Kamu wajib bersyukur memiliki tempat tinggal.

Tempat tinggal akan melindungi dirimu dari bahaya. Kamu juga wajib merawat dan melindungi tempat tinggalmu.


Kewajiban dan Hak di Rumah

1. Bersyukur karena memiliki tempat tinggal.

2. Mendapat rumah yang bersih dan rapi.

3. Bicara lembut dan sopan.

4. Membantu merapikan dan menata rumah.

5. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai.

6. Saling mencintai, menjaga, melindungi, dan menghargai.

7. Diperlakukan dengan lembut dan sopan.

8. Saling menolong dan memaafkan.

9. Mendapat tempat tinggal.

10. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

contoh:

. . .  + . . .  = 898

kamu bisa tentukan bilangan pertama, misalkan 416

416 + . . . = 898

Untuk mencari bilangan yang belum diketahui = 898 – 416 = 482

Rumahku Bersih dan Nyaman

Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa menyenangkan.

Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit.

Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal yang bersih?

Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi.

Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya baru selesai mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah.

Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin?

Pola Irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang dan pendeknya bunyi dapat di hitung melalui ketukan. ketukan tersebut digambarkan seperti bunyi detak jarum jam. Pola irama akan berjalan menurut Birama. Birama adalah kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. 

Setiap lagu mempunyai irama. ada yang bunyinya tinggi ada yang rendah, dan ada yang sedang. Bunyi yang memiliki getaran yang teratur disebut dengan Nada. Nada - nada yang di rangkai akan menjadi sebuah lagu yang indah jika di dengarkan. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Udin dan Mutiara ingin rumahnya selalu rapi.

Apa saja kewajiban yang harus Udin dan Mutiara lakukan? Apa saja hak Udin dan Mutiara?

Jawablah pertanyaan di atas dengan video menjelaskan Hak dan Kewajiban yang harus di lakukan Udin dan Mutiara jika ingin rumahnya selalu rapi!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu membuat kalimat saran. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami bagai mana cara membuat kalimat saran. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.