KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Senin, 20 Oktober 2025
Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia
Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT
Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap sederhana serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
BAHASA INDONESIA
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mencari kalimat didalam cerita, murid dapat memahami pemakaian kalimat transitif dan intransitive dengan baik.
MATERI
🧠 Apa itu Kalimat Transitif dan Intransitif?
1. Kalimat Transitif
-
Kalimat transitif adalah kalimat yang memerlukan objek (sesuatu yang dikenai tindakan).
-
Tanpa objek, kalimat ini terasa tidak lengkap.
🔹 Contoh:
-
Ibu memasak sayur.
(Kata kerja: memasak, Objek: sayur) -
Dodi membaca buku.
(Kata kerja: membaca, Objek: buku)
2. Kalimat Intransitif
-
Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek.
-
Kalimat ini sudah lengkap tanpa tambahan objek.
🔹 Contoh:
-
Rina tertawa.
(Kata kerja: tertawa, tidak butuh objek) -
Ayah berjalan di taman.
(Kata kerja: berjalan, keterangan tempat bukan objek)
📖 Contoh Cerita Pendek
Judul: Pagi di Kebun
Setiap pagi, Danu membantu ayah di kebun. Ia membawa cangkul dan ember kecil. Ayah menggali tanah dengan hati-hati. Danu menyiram tanaman satu per satu. Mereka bekerja sambil bercanda. Setelah selesai, mereka beristirahat di bawah pohon mangga.
📝 Tugas: Temukan Kalimat dan Tentukan Jenisnya!
Petunjuk:
Bacalah cerita pendek di atas, lalu temukan kalimat dan tentukan apakah kalimat tersebut transitif atau intransitif.
Kalimat | Jenis Kalimat |
---|---|
Danu membantu ayah di kebun. | Transitif |
Ia membawa cangkul dan ember kecil. | Transitif |
Ayah menggali tanah dengan hati-hati. | Transitif |
Danu menyiram tanaman satu per satu. | Transitif |
Mereka bekerja sambil bercanda. | Intransitif |
Mereka beristirahat di bawah pohon mangga. | Intransitif |
✍️ Latihan Menyusun Kalimat Sendiri
Buatlah 3 kalimat transitif dan 3 kalimat intransitif berdasarkan kegiatan sehari-hari kamu!
Contoh jawaban siswa:
-
Transitif:
-
Ibu mencuci piring.
-
Aku menulis surat.
-
Adik membawa tas.
-
-
Intransitif:
-
Kakak tidur siang.
-
Kucing melompat.
-
Burung terbang tinggi.
-
✅ Penutup
Dengan memahami kalimat transitif dan intransitif, kita bisa membaca cerita dengan lebih teliti dan menyusun kalimat dengan benar. Ingat:
-
Transitif → butuh objek
-
Intransitif → tidak butuh objek
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.
MATERI AJAR: PECAHAN CAMPURAN
✅ A. PENGERTIAN PECAHAN CAMPURAN
Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa.
Contoh:
→ dibaca: dua satu per empat
→ dibaca: lima tiga per lima
✅ B. MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN KE PECAHAN BIASA
Langkah-langkah:
Kalikan bilangan bulat dengan penyebut.
Tambahkan pembilang.
Hasilnya jadi pembilang baru, penyebut tetap.
Contoh:
Ubah menjadi pecahan biasa:
✅ C. MENGUBAH PECAHAN BIASA KE PECAHAN CAMPURAN
Langkah-langkah:
Bagi pembilang dengan penyebut.
Hasil bagi menjadi bilangan bulat.
Sisa pembagian menjadi pembilang baru, penyebut tetap.
Contoh:
Ubah menjadi pecahan campuran:
✅ D. OPERASI HITUNG PECAHAN CAMPURAN
1. Penjumlahan dan Pengurangan
Langkah:
Ubah semua pecahan campuran ke pecahan biasa.
Samakan penyebut jika berbeda.
Lakukan operasi (tambah/kurang).
Ubah kembali ke pecahan campuran jika perlu.
Contoh:
2. Perkalian
Langkah:
Ubah ke pecahan biasa.
Kalikan pembilang dengan pembilang, penyebut dengan penyebut.
Ubah ke pecahan campuran jika perlu.
Contoh:
3. Pembagian
Langkah:
Ubah ke pecahan biasa.
Kali dengan kebalikan dari pecahan kedua.
Ubah ke pecahan campuran jika perlu.
Contoh:
✅ E. LATIHAN SOAL
1. Ubah ke pecahan biasa:
a. = …
b. = …
2. Ubah ke pecahan campuran:
a. = …
b. = …
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TUJUAN PEMBELAJARAN
;Murid dapat membedakan antara kalimat transitif dan intransitif dengan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar