Minggu, 19 Oktober 2025

Senin, 20 Oktober 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Senin, 20 Oktober 2025

Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap sederhana serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan mencari kalimat didalam cerita, murid dapat memahami pemakaian kalimat transitif dan intransitive dengan baik.

MATERI

🧠 Apa itu Kalimat Transitif dan Intransitif?

1. Kalimat Transitif

  • Kalimat transitif adalah kalimat yang memerlukan objek (sesuatu yang dikenai tindakan).

  • Tanpa objek, kalimat ini terasa tidak lengkap.

🔹 Contoh:

  • Ibu memasak sayur.
    (Kata kerja: memasak, Objek: sayur)

  • Dodi membaca buku.
    (Kata kerja: membaca, Objek: buku)

2. Kalimat Intransitif

  • Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek.

  • Kalimat ini sudah lengkap tanpa tambahan objek.

🔹 Contoh:

  • Rina tertawa.
    (Kata kerja: tertawa, tidak butuh objek)

  • Ayah berjalan di taman.
    (Kata kerja: berjalan, keterangan tempat bukan objek)


📖 Contoh Cerita Pendek

Judul: Pagi di Kebun

Setiap pagi, Danu membantu ayah di kebun. Ia membawa cangkul dan ember kecil. Ayah menggali tanah dengan hati-hati. Danu menyiram tanaman satu per satu. Mereka bekerja sambil bercanda. Setelah selesai, mereka beristirahat di bawah pohon mangga.


📝 Tugas: Temukan Kalimat dan Tentukan Jenisnya!

Petunjuk:
Bacalah cerita pendek di atas, lalu temukan kalimat dan tentukan apakah kalimat tersebut transitif atau intransitif.

KalimatJenis Kalimat
Danu membantu ayah di kebun.Transitif
Ia membawa cangkul dan ember kecil.Transitif
Ayah menggali tanah dengan hati-hati.Transitif
Danu menyiram tanaman satu per satu.Transitif
Mereka bekerja sambil bercanda.Intransitif
Mereka beristirahat di bawah pohon mangga.Intransitif

✍️ Latihan Menyusun Kalimat Sendiri

Buatlah 3 kalimat transitif dan 3 kalimat intransitif berdasarkan kegiatan sehari-hari kamu!

Contoh jawaban siswa:

  • Transitif:

    1. Ibu mencuci piring.

    2. Aku menulis surat.

    3. Adik membawa tas.

  • Intransitif:

    1. Kakak tidur siang.

    2. Kucing melompat.

    3. Burung terbang tinggi.


Penutup

Dengan memahami kalimat transitif dan intransitif, kita bisa membaca cerita dengan lebih teliti dan menyusun kalimat dengan benar. Ingat:

  • Transitif → butuh objek

  • Intransitif → tidak butuh objek

MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran :

MAPEL MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar. 

MATERI AJAR: PECAHAN CAMPURAN


✅ A. PENGERTIAN PECAHAN CAMPURAN

Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa.

Contoh:

  • 214 → dibaca: dua satu per empat

  • 535 → dibaca: lima tiga per lima


✅ B. MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN KE PECAHAN BIASA

Langkah-langkah:

  1. Kalikan bilangan bulat dengan penyebut.

  2. Tambahkan pembilang.

  3. Hasilnya jadi pembilang baru, penyebut tetap.

Contoh:
Ubah 325 menjadi pecahan biasa:

(3×5)+2=15+2=17175


✅ C. MENGUBAH PECAHAN BIASA KE PECAHAN CAMPURAN

Langkah-langkah:

  1. Bagi pembilang dengan penyebut.

  2. Hasil bagi menjadi bilangan bulat.

  3. Sisa pembagian menjadi pembilang baru, penyebut tetap.

Contoh:
Ubah 227 menjadi pecahan campuran:

22÷7=3 sisa 1317


✅ D. OPERASI HITUNG PECAHAN CAMPURAN

1. Penjumlahan dan Pengurangan

Langkah:

  • Ubah semua pecahan campuran ke pecahan biasa.

  • Samakan penyebut jika berbeda.

  • Lakukan operasi (tambah/kurang).

  • Ubah kembali ke pecahan campuran jika perlu.

Contoh:

213+123=73+53=123=4

2. Perkalian

Langkah:

  • Ubah ke pecahan biasa.

  • Kalikan pembilang dengan pembilang, penyebut dengan penyebut.

  • Ubah ke pecahan campuran jika perlu.

Contoh:

212×114=52×54=258=318

3. Pembagian

Langkah:

  • Ubah ke pecahan biasa.

  • Kali dengan kebalikan dari pecahan kedua.

  • Ubah ke pecahan campuran jika perlu.

Contoh:

312÷134=72÷74=72×47=2814=2


✅ E. LATIHAN SOAL

1. Ubah ke pecahan biasa:
a. 425 = …
b. 713 = …

2. Ubah ke pecahan campuran:
a. 194 = …
b. 356 = …

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

TUJUAN PEMBELAJARAN

;Murid dapat membedakan antara kalimat transitif dan intransitif dengan benar.


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 22 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 22 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Seni Rupa Alat Peraga : Teks cerita, Video, PP...