Senin, 20 Oktober 2025

Rabu, 22 Oktober 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Rabu, 22 Oktober 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap sederhana serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat ๐Ÿค—๐Ÿค—

Seni Rupa

Tujuan Pembelajaran 

Mengungkapkan pendapat terhadap karya seni rupa milik sendiri dan orang lain secara lisan ataupun tulisan dengan menggunakan istilah  seni rupa yang telah dipelajarai. 

Materi :

A. Apa Itu Mengungkapkan Pendapat?

Mengungkapkan pendapat artinya menyampaikan apa yang kita pikirkan dan rasakan tentang suatu hal. Dalam seni rupa, kita bisa menyampaikan pendapat tentang:

  • Karya seni milik sendiri (refleksi)

  • Karya seni milik orang lain (apresiasi)

Pendapat bisa disampaikan secara:

  • Lisan (dengan berbicara)

  • Tulisan (dengan menulis)


B. Menggunakan Istilah Seni Rupa

Ketika menyampaikan pendapat, kita sebaiknya menggunakan istilah seni rupa yang sudah dipelajari, seperti:

Istilah Seni RupaArtinya
GarisUnsur seni rupa berupa goresan nyata atau batas antara bidang
WarnaUnsur yang memberikan kesan keindahan pada karya
TeksturKesan permukaan benda (halus, kasar, licin, dll)
KomposisiCara menata unsur-unsur seni rupa agar terlihat menarik
ProporsiPerbandingan ukuran bagian-bagian dalam karya
SimetriKeseimbangan bentuk antara sisi kiri dan kanan
IramaPengulangan unsur secara teratur sehingga terlihat menarik

C. Contoh Kalimat Mengungkapkan Pendapat

✅ Menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan

  • "Saya suka karya ini karena warnanya cerah dan membuat suasana ceria."

  • "Menurut saya, komposisi gambarnya sudah bagus, tapi bagian kanan terlihat terlalu kosong."

  • "Karya saya belum rapi, terutama di bagian garis. Saya akan memperbaikinya."

  • "Tekstur pada lukisan ini terlihat nyata, seperti permukaan kayu asli."

❌ Hindari Kalimat yang Kurang Baik

  • "Karyanya jelek."

  • "Aku nggak suka gambarnya."

  • "Warnanya aneh."


D. Cara Menyampaikan Pendapat

  1. Amati karya seni rupa yang akan dinilai.

  2. Gunakan mata seni untuk memperhatikan unsur-unsurnya.

  3. Sampaikan pendapat dengan jujur, sopan, dan membangun.

  4. Gunakan istilah seni rupa yang sesuai.

  5. Hargai setiap karya, karena setiap orang punya cara berbeda dalam berkarya.


E. Latihan

Amati gambar berikut (guru dapat menampilkan contoh karya seni rupa 2D atau 3D), lalu jawab pertanyaan berikut secara lisan atau tulisan:

  1. Apa yang kamu lihat pada karya ini?

  2. Unsur seni rupa apa saja yang terlihat?

  3. Apa pendapatmu tentang komposisi dan warna dalam karya ini?

  4. Bagian mana yang kamu suka? Mengapa?

  5. Apa saran kamu agar karya ini bisa lebih baik? 

BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan mencari kalimat didalam cerita, murid dapat memahami pemakaian kalimat transitif dan intransitive dengan baik.

MATERI

๐Ÿง  Apa itu Kalimat Transitif dan Intransitif?

1. Kalimat Transitif

  • Kalimat transitif adalah kalimat yang memerlukan objek (sesuatu yang dikenai tindakan).

  • Tanpa objek, kalimat ini terasa tidak lengkap.

๐Ÿ”น Contoh:

  • Ibu memasak sayur.
    (Kata kerja: memasak, Objek: sayur)

  • Dodi membaca buku.
    (Kata kerja: membaca, Objek: buku)

2. Kalimat Intransitif

  • Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek.

  • Kalimat ini sudah lengkap tanpa tambahan objek.

๐Ÿ”น Contoh:

  • Rina tertawa.
    (Kata kerja: tertawa, tidak butuh objek)

  • Ayah berjalan di taman.
    (Kata kerja: berjalan, keterangan tempat bukan objek)


๐Ÿ“– Contoh Cerita Pendek

Judul: Pagi di Kebun

Setiap pagi, Danu membantu ayah di kebun. Ia membawa cangkul dan ember kecil. Ayah menggali tanah dengan hati-hati. Danu menyiram tanaman satu per satu. Mereka bekerja sambil bercanda. Setelah selesai, mereka beristirahat di bawah pohon mangga.


๐Ÿ“ Tugas: Temukan Kalimat dan Tentukan Jenisnya!

Petunjuk:
Bacalah cerita pendek di atas, lalu temukan kalimat dan tentukan apakah kalimat tersebut transitif atau intransitif.

KalimatJenis Kalimat
Danu membantu ayah di kebun.Transitif
Ia membawa cangkul dan ember kecil.Transitif
Ayah menggali tanah dengan hati-hati.Transitif
Danu menyiram tanaman satu per satu.Transitif
Mereka bekerja sambil bercanda.Intransitif
Mereka beristirahat di bawah pohon mangga.Intransitif

✍️ Latihan Menyusun Kalimat Sendiri

Buatlah 3 kalimat transitif dan 3 kalimat intransitif berdasarkan kegiatan sehari-hari kamu!

Contoh jawaban siswa:

  • Transitif:

    1. Ibu mencuci piring.

    2. Aku menulis surat.

    3. Adik membawa tas.

  • Intransitif:

    1. Kakak tidur siang.

    2. Kucing melompat.

    3. Burung terbang tinggi.


✅ Penutup

Dengan memahami kalimat transitif dan intransitif, kita bisa membaca cerita dengan lebih teliti dan menyusun kalimat dengan benar. Ingat:

  • Transitif → butuh objek

  • Intransitif → tidak butuh objek


IPAS 

Tujuan Pembelajaran

Murid mengidentifikasi berbagai perubahan wujud zat melalui pengamatan.

MATERI AJAR: PERUBAHAN WUJUD BENDA

Pengertian Perubahan Wujud Benda

Perubahan wujud benda adalah perubahan bentuk suatu benda dari satu wujud ke wujud lainnya karena pengaruh panas (suhu) atau tekanan.

Benda dapat berubah wujud dari:

  • Padat

  • Cair

  • Gas


Macam-Macam Perubahan Wujud Benda

1. Mencair (Meleleh)

➡️ Dari padat menjadi cair
๐ŸงŠ Contoh: Es batu yang dibiarkan di luar kulkas akan mencair menjadi air.


2. Membeku

➡️ Dari cair menjadi padat
๐Ÿ’ง Contoh: Air dimasukkan ke dalam freezer akan membeku menjadi es batu.


3. Menguap

➡️ Dari cair menjadi gas
๐Ÿ”ฅ Contoh: Air yang dipanaskan akan menguap menjadi uap air.


4. Mengembun

➡️ Dari gas menjadi cair
๐ŸŒซ️ Contoh: Uap air yang menempel di kaca akan berubah menjadi titik-titik air (embun).


5. Menyublim

➡️ Dari padat langsung menjadi gas
๐Ÿงผ Contoh: Kamper (kapur barus) di lemari yang lama-lama habis.


6. Mengkristal

➡️ Dari gas menjadi padat
❄️ Contoh: Uap air di udara dingin membentuk salju (terjadi di daerah bersalju).


Contoh Soal Sederhana

  1. Apa yang terjadi jika es dibiarkan di luar kulkas?

  2. Sebutkan tiga contoh perubahan wujud benda!

  3. Apa nama proses perubahan dari cair ke gas?


Percobaan Sederhana yang Bisa Dilakukan

  1. Letakkan es batu di atas piring → Amati proses mencair.

  2. Panaskan air → Lihat uapnya → Proses menguap.

  3. Letakkan kaca di atas air panas → Amati embun → Proses mengembun.


Contoh Perubahan Wujud di Sekitar Kita

KegiatanJenis Perubahan
Es batu mencairMencair
Air membeku di freezerMembeku
Air mendidihMenguap
Kaca berembun saat hujanMengembun

Kesimpulan

  • Perubahan wujud benda terjadi karena pengaruh panas atau suhu.

  • Ada enam macam perubahan wujud: mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim, dan mengkristal.

  • Kita bisa menemukan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari.


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb ๐Ÿฅฐ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 22 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 22 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Seni Rupa Alat Peraga : Teks cerita, Video, PP...