Karya seni milik sendiri (refleksi)
Karya seni milik orang lain (apresiasi)
Lisan (dengan berbicara)
Tulisan (dengan menulis)
"Saya suka karya ini karena warnanya cerah dan membuat suasana ceria."
"Menurut saya, komposisi gambarnya sudah bagus, tapi bagian kanan terlihat terlalu kosong."
"Karya saya belum rapi, terutama di bagian garis. Saya akan memperbaikinya."
"Tekstur pada lukisan ini terlihat nyata, seperti permukaan kayu asli."
"Karyanya jelek."
"Aku nggak suka gambarnya."
"Warnanya aneh."
Amati karya seni rupa yang akan dinilmati karya seni rupa yang akan dinilai.
KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Rabu, 29 Oktober 2025
Mata Pelajaran : Seni Rupa dan B Indonesia
Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT
Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap sederhana serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran
Mengungkapkan pendapat terhadap karya seni rupa milik sendiri dan orang lain secara lisan ataupun tulisan dengan menggunakan istilah seni rupa yang telah dipelajarai.
Materi :
A. Apa Itu Mengungkapkan Pendapat?
Mengungkapkan pendapat artinya menyampaikan apa yang kita pikirkan dan rasakan tentang suatu hal. Dalam seni rupa, kita bisa menyampaikan pendapat tentang:
Pendapat bisa disampaikan secara:
B. Menggunakan Istilah Seni Rupa
Ketika menyampaikan pendapat, kita sebaiknya menggunakan istilah seni rupa yang sudah dipelajari, seperti:
| Istilah Seni Rupa | Artinya |
|---|---|
| Garis | Unsur seni rupa berupa goresan nyata atau batas antara bidang |
| Warna | Unsur yang memberikan kesan keindahan pada karya |
| Tekstur | Kesan permukaan benda (halus, kasar, licin, dll) |
| Komposisi | Cara menata unsur-unsur seni rupa agar terlihat menarik |
| Proporsi | Perbandingan ukuran bagian-bagian dalam karya |
| Simetri | Keseimbangan bentuk antara sisi kiri dan kanan |
| Irama | Pengulangan unsur secara teratur sehingga terlihat menarik |
C. Contoh Kalimat Mengungkapkan Pendapat
✅ Menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan
❌ Hindari Kalimat yang Kurang Baik
D. Cara Menyampaikan Pendapat
Gunakan mata seni untuk memperhatikan unsur-unsurnya.
Sampaikan pendapat dengan jujur, sopan, dan membangun.
Gunakan istilah seni rupa yang sesuai.
Hargai setiap karya, karena setiap orang punya cara berbeda dalam berkarya.
E. Latihan
Amati gambar berikut (guru dapat menampilkan contoh karya seni rupa 2D atau 3D), lalu jawab pertanyaan berikut secara lisan atau tulisan:
Apa yang kamu lihat pada karya ini?
Unsur seni rupa apa saja yang terlihat?
Apa pendapatmu tentang komposisi dan warna dalam karya ini?
Bagian mana yang kamu suka? Mengapa?
Apa saran kamu agar karya ini bisa lebih baik?

Tidak ada komentar:
Posting Komentar