Rabu, 29 Oktober 2025

Kamis, 30 Oktober 20025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Kamis,  30 Oktober 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS

Alat Peraga : lukisan seni rupa, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranbhari pada hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

🌈 MATERI SENI RUPA KELAS 4 SD

Tema: Mengeluarkan Pendapat tentang Hasil Karya Orang Lain


🎨 A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Mengamati hasil karya seni rupa teman atau orang lain dengan penuh perhatian.

  2. Mengungkapkan pendapat secara sopan dan jujur tentang hasil karya seni rupa.

  3. Memberikan masukan yang membangun (kritik dan saran) terhadap karya seni rupa.

  4. Menghargai setiap karya seni sebagai bentuk ekspresi individu.

🖼️ B. Pengantar Materi

Dalam seni rupa, setiap orang memiliki cara dan gaya sendiri dalam berkarya.
Karya seni bisa berupa:

  • Gambar

  • Lukisan

  • Patung

  • Kerajinan dari bahan alam

  • Kolase, mozaik, atau montase

Setiap karya memiliki nilai keindahan, keunikan, dan pesan yang ingin disampaikan oleh pembuatnya.


💬 C. Cara Mengeluarkan Pendapat tentang Karya Seni

  1. Amati dengan baik
    Lihat dengan teliti karya seni temanmu. Perhatikan warna, bentuk, bahan, dan tema.

  2. Ungkapkan pendapat positif terlebih dahulu
    Contoh:

    “Aku suka warnanya yang cerah, membuat gambar ini terlihat gembira.”
    “Bentuknya rapi dan menarik.”

  3. Berikan saran dengan sopan
    Contoh:

    “Mungkin bisa ditambah sedikit bayangan supaya terlihat lebih nyata.”
    “Kalau diberi latar belakang, gambarnya akan lebih hidup.”

  4. Gunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung
    Hindari kalimat seperti:
    ❌ “Karyamu jelek.”
    Gantilah dengan:
    ✅ “Mungkin kalau warnanya lebih lembut, hasilnya akan lebih bagus.”


🧠 D. Contoh Kegiatan di Kelas

  1. Guru membagi siswa menjadi kelompok kecil.

  2. Setiap kelompok menampilkan satu karya seni rupa hasil tugas sebelumnya (misalnya: gambar pemandangan).

  3. Siswa lain mengamati dan memberikan pendapat sesuai langkah-langkah di atas.

  4. Guru memandu diskusi agar semua siswa belajar memberi dan menerima pendapat dengan baik.


🏆 E. Nilai-nilai yang Dapat Dipetik

  • Belajar menghargai karya orang lain

  • Melatih kejujuran dan tanggung jawab

  • Menumbuhkan sikap sopan dan saling menghormati

  • Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif


✏️ F. Tugas / Latihan

  1. Amati satu karya temanmu di kelas (boleh gambar atau kerajinan).

  2. Tulislah pendapatmu menggunakan kalimat yang sopan:

    • Apa yang kamu sukai dari karya itu?

    • Apa saranmu agar karya itu lebih baik?

Contoh jawaban:

Aku suka warna yang digunakan karena terlihat cerah dan ceria.
Mungkin bisa ditambahkan gambar awan agar pemandangannya lebih lengkap.


Apakah kamu ingin saya bantu buatkan lembar kerja siswa (LKS) atau rubrik penilaian untuk materi ini juga?

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 30 Oktober 20025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Kamis,  30 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS Alat Peraga : lukisan sen...