Selasa, 07 Oktober 2025

Rabu, 08 Oktober 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Rabu, 08 Oktober 2025

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Seni Rupa dan IPAS

Alat Peraga : Video Pembelajaran, bahan - bahan untuk membuat Es Cream

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami dan mengetahui isi cerita pada teks bacaan kemudian menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita "Awas! " Dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi. Mari kita lanjutkan pembelajaran hari pada hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran

Melalui berdiskusi peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita "Awas! " Dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

MATERI :

Materi: Cerita “Awas!”

📌 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

Menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita berjudul "Awas!"

Mengaitkan masalah dalam cerita tersebut dengan pengalaman pribadi melalui kegiatan berdiskusi.

📖 Materi Pokok

1. Pengertian Masalah dalam Cerita

Masalah dalam cerita adalah halangan atau konflik yang dialami oleh tokoh dalam cerita. Masalah biasanya menjadi bagian penting dalam cerita karena membuat cerita menjadi menarik.

2. Cara Menentukan Masalah dalam Cerita

Untuk mengetahui masalah dalam cerita, kita bisa:

Memperhatikan kejadian yang membuat tokoh merasa sedih, takut, bingung, atau marah.

Mencari bagian cerita yang menunjukkan adanya kesulitan yang harus diatasi tokoh.

📚 Teks Cerita: “Awas!”

(Contoh cerita fiksi pendek, bisa diganti sesuai dengan buku siswa yang digunakan)

Judul: Awas!

Penulis: (Bisa diisi sesuai sumber buku paket)

Pagi itu, Edo dan teman-temannya bermain ke taman. Mereka bermain bola dengan seru. Tiba-tiba, bola Edo memantul ke jalan raya. Edo segera berlari mengejar bola itu. Tanpa melihat kiri dan kanan, Edo menyeberang jalan. Terdengar suara klakson keras dari mobil yang melaju kencang. “Awas!” teriak seorang bapak dari trotoar. Untung saja sopir mobil itu sempat mengerem. Edo sangat kaget dan takut. Ia menyadari bahwa tindakannya sangat berbahaya.

🧠 Analisis Masalah dalam Cerita

Masalah utama: Edo hampir tertabrak mobil karena menyeberang jalan tanpa melihat keadaan sekitar.

Penyebab masalah: Edo terlalu fokus mengejar bola dan tidak memperhatikan keselamatan saat menyeberang.

Akibatnya: Edo hampir celaka, dan orang lain di sekitarnya juga menjadi cemas.

💬 Kegiatan Diskusi

Diskusikan pertanyaan berikut dengan teman kelompokmu:

Apa masalah yang terjadi dalam cerita “Awas!”?

Mengapa masalah itu bisa terjadi?

Apakah kamu pernah mengalami kejadian serupa? Ceritakan!

Bagaimana cara menghindari masalah seperti dalam cerita tersebut?

✍️ Tugas Individu

Tuliskan satu pengalaman pribadimu yang hampir menyebabkan masalah karena tidak hati-hati, lalu jelaskan bagaimana kamu menyelesaikannya!

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi unsur - unsur Seni Rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang) dalam sebuah karya seni rupa menggunakan Kosa kata yg sesuai.

📌 Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba. Contohnya seperti lukisan, patung, gambar, kerajinan, dan karya lainnya.


🎨 Unsur-Unsur Seni Rupa

Seni rupa dibentuk oleh beberapa unsur. Unsur adalah bagian penting yang membuat karya seni menjadi indah. Berikut adalah unsur-unsur seni rupa:


1. Garis

  • Garis adalah goresan atau batas dari suatu bentuk.

  • Garis bisa lurus, melengkung, zig-zag, atau bergelombang.

  • Garis digunakan untuk membuat gambar atau membentuk objek.

📌 Contoh: Garis lurus digunakan untuk menggambar rumah. Garis melengkung bisa digunakan untuk menggambar awan atau wajah tersenyum.


2. Bentuk

  • Bentuk adalah wujud dari suatu benda.

  • Bentuk bisa dua dimensi (2D) seperti gambar di atas kertas (panjang dan lebar), atau tiga dimensi (3D) seperti patung (panjang, lebar, dan tinggi).

  • Ada bentuk geometris (seperti segitiga, persegi) dan organik (bentuk bebas seperti daun, awan, atau batu).

📌 Contoh: Lingkaran, persegi, segitiga, bentuk daun, dan bentuk binatang.

  • dari suatu benda, apakah halus, kasar, licin, atau bergelombang.

  • Tekstur bisa nyata (bisa diraba) atau semu (hanya terlihat di gambar, tapi tidak bisa diraba).

📌 Contoh: Daun asli terasa kasar (tekstur nyata), tapi daun di gambar hanya terlihat seperti kasar (tekstur semu).

3. Warna

  • Warna membuat karya seni lebih hidup dan menarik.

  • Ada warna primer (merah, kuning, biru), warna sekunder (hasil campuran dua warna primer), dan warna netral (hitam, putih, abu-abu).

📌 Contoh: Merah bisa digunakan untuk menggambar apel, biru untuk laut, hijau untuk daun.


4. Tekstur

  • Tekstur adalah kesan permukaan dari suatu benda, apakah halus, kasar, licin, atau bergelombang.

  • Tekstur bisa nyata (bisa diraba) atau semu (hanya terlihat di gambar, tapi tidak bisa diraba).

📌 Contoh: Daun asli terasa kasar (tekstur nyata), tapi daun di gambar hanya terlihat seperti kasar (tekstur semu).


5. Ruang

  • Ruang adalah kesan luas atau dalam dalam suatu karya seni.

  • Dalam gambar 2 dimensi, ruang bisa dibuat dengan teknik bayangan, ukuran, atau letak.

  • Dalam karya 3 dimensi, ruang bisa benar-benar ada, seperti ruang kosong di dalam vas bunga atau patung.

📌 Contoh: Dalam gambar pemandangan, gunung yang jauh digambar lebih kecil, sedangkan pohon di depan digambar lebih besar agar terlihat dekat.

IPAS

Tujuan Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 08 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 08 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Seni Rupa dan IPAS Alat Perag...