KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Kamis, 06 November 2025
Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS
Alat Peraga : lukisan seni rupa, PPT
Metode Pembelajaran : Penugasan
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranbhari pada hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
RUPANYA RUPA
Tujuan Pembelajaran
Menunjukan sikap menghargai perbedaan gaya, tekhnik, dan kreativitas dalam penciptaan karya seni.
Materi :
MATERI SENI RUPA KELAS 4
Tema: Menghargai Perbedaan Gaya, Teknik, dan Kreativitas dalam Penciptaan Karya Seni
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:
-
Menjelaskan pengertian gaya, teknik, dan kreativitas dalam seni rupa.
-
Mengidentifikasi perbedaan gaya dan teknik dalam karya seni rupa.
-
Menunjukkan sikap menghargai hasil karya teman yang memiliki gaya dan teknik berbeda.
-
Menerapkan sikap menghargai perbedaan saat berkarya bersama.
B. Pengertian Penting
-
Gaya (Style)
Gaya adalah cara khas seseorang dalam membuat karya seni.
Contoh:-
Ada yang suka menggambar dengan warna cerah.
-
Ada juga yang lebih suka warna lembut atau hitam putih.
-
-
Teknik (Technique)
Teknik adalah cara atau alat yang digunakan untuk membuat karya seni.
Contoh:-
Teknik lukis dengan cat air, krayon, atau spidol.
-
Teknik kolase dengan menempelkan bahan-bahan.
-
Teknik cetak atau cap dengan benda di sekitar.
-
-
Kreativitas (Creativity)
Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan hal baru atau cara unik dalam berkarya.
Setiap orang memiliki ide dan cara berpikir berbeda, itulah yang membuat karya seni beragam dan menarik.
C. Menghargai Perbedaan dalam Berkarya Seni
-
Tidak menertawakan karya teman yang berbeda.
-
Memberi pujian atas usaha dan ide teman.
-
Belajar dari teknik dan gaya teman yang berbeda.
-
Bekerja sama dalam membuat karya kelompok tanpa memaksakan pendapat.
-
Menyadari bahwa setiap karya seni memiliki nilai keindahan masing-masing.
D. Contoh Kegiatan
-
Kegiatan Individu:
-
Siswa membuat gambar bertema “Alam Sekitar” dengan gaya dan alat yang disukai (krayon, pensil warna, atau cat air).
-
-
Kegiatan Kelompok:
-
Menyusun pameran mini di kelas, menampilkan semua karya siswa.
-
Setiap siswa memberi komentar positif terhadap karya teman.
-
-
Refleksi:
-
Apa yang kamu pelajari dari perbedaan karya temanmu?
-
Bagaimana perasaanmu saat teman menghargai karyamu?

Tidak ada komentar:
Posting Komentar