Pages

Pages - Menu

Selasa, 30 April 2024

Selasa, 30 April 2024

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran : 4 dan 5

Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), Matematika (3.10), PPKn (3.3)

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mengamati poster bergambar pesan untuk menjaga keselamatan diri,siswa dapat menjelaskan cara menjaga keselamatan diri saat melakukan aktivitasair dengan runtut dan tepat.

 2. Dengan membaca teks “Alat Komunikasi Tulisan”, siswa dapat menemukan kosakata

produk yang dihasilkan teknologi komunikasi dengan tepat.

3. Dengan membaca teks berupa surat, siswa dapat mengetahui salah satu contoh bentuk komunikasi tulisan dengan tepat.

4. Dengan mengamati gambar peta lokasi pada buku siswa, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan tepat.

5. Dengan menghitung jumlah ukuran sisi dari bangun datar yang dibuat pada pola sentimeter blok, siswa dapat menyajikan hasil pengukuran keliling bangun datar dengan tepat.

6. Dengan mengamati ragam budaya Indonesia melalui gambar, siswa dapat menemukan keragaman karakteristik individu dengan benar.

 

 


Pagi hari, Siti menerima pesan singkat (SMS) dari Lani melalui ponsel milik ibu. Rupanya, Lani mengajak Siti untuk berenang bersama. Siti meminta izin kepada Ibu untuk pergi berenang bersama Lani dan Dayu. Ibu mengizinkan Siti pergi berenang. Ibu meminta Bibi untuk menemani Siti pergi berenang. Berenang merupakan olahraga air yang baik. Pada saat berenang semua otot tubuh bergerak. Namun, kita harus waspada akan bahaya berkegiatan di air. Bahaya yang mungkin terjadi di kolam renang adalah tenggelam. Agar tetap selamat saat berenang, kita harus ditemani oleh orang yang sudah mahir.

Apa saja upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga keselamatan diri saat berenang?

Lakukan tahapan-tahapan berikut sebelum
berenang:
1. Pastikan pakaian yang dikenakan adalah pakaian renang.
2. Lakukan pemanasan sebelum masuk ke kolam renang.
3. Lakukan kegiatan bersama teman yang sudah bisa berenang.
4. Lakukan latihan meluncur dan mengambang di kolam dangkal.
5. Kenakan pelampung agar lebih aman.

AYO MEMBACA!
Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok dirumah Siti. Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu. Telepon adalah alat komunikasi secara lisan. Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.


AYO MENULIS!
1. 



AYO MEMBACA!

Hari ini Beni kedatangan tamu istimewa. Tamu itu adalah Bang Andi. Dia adalah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang. Beberapa waktu yang lalu, Ayah menunjukkan 

Senin, 29 April 2024

Senin, 29 April 2024

    TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran : 3

Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), Matematika (3.10), PPKn, SBdP (3.1)

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan membaca teks “Sejarah Pengunaan Telepon”, siswa dapat menemukan kalimat utama tiap paragraf dari teks yang telah dibaca serta membuat ringkasan informasi dari suatu teks dengan runtut dengan tepat.
2. Setelah mengamati pola dekoratif Toraja, siswa dapat mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif, dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warnasertadapat menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna dalam karya yang rapi dan indah.dengan benar. 
3. Siswa dapat menunjukkan keliling bangun datar dengan benar.


Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini 💪

Hari ini Dayu dan Lani sangat bersemangat. Mereka akan melakukan percobaan “telepon kaleng”.  Dayu mengetahui cara membuat telepon kaleng dari ibu.  Telepon merupakan  salah satu alat komunikasi. Dengan adanya teknologi, telepon berkembang dari masa ke masa. Saat ini telepon merupakan salah satu alat yang sangat memudahkan komunikasi.

Bacalah teks berikut!

Sejarah Penggunaan Telepon
Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Manusia sudah mengenal surat dan telegraf sebelum ditemukannya telepon. Namun, surat memerlukan waktu berharihari dalam menyampaikan pesan. Selain itu, komunikasi dilakukan secara tertulis.

Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800an. Berdasarkan hasil penelitian tentang gelombang bunyi, Alexander Graham Bell menciptakan telepon. Pada uji coba pertama kali, daya jangkau telepon sekitar 8 mil.

Selanjutnya, ada satelit telepon. Oleh karena itu, daya jangkau telepon semakin luas. Komunikasi dapat dilakukan antarnegara. 

Sekarang, jaringan telepon bergerak melalui satelit. Kita dapat berkomunikasi di mana saja dengan menggunakan telepon genggam atau ponsel.

Carilah kalimat utama dari setiap paragraf pada teks “Sejarah Penggunaan Telepon”!

 Kalimat Utama dari Teks “Sejarah Penggunaan Telepon”

Paragraf 1     : Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. 
Paragraf 2     : Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800an. 
Paragraf 3     : ada satelit telepon. 
Paragraf 4     : jaringan telepon bergerak melalui satelit.

Ayo Berkreasi
Dayu dan teman-teman membuat telepon kaleng. Lani dan Udin membawa kaleng bekas susu kental manis. Edo dan Beni menyiapkan benang kasur. Sementara itu, Dayu dan Siti membawa kertas dan lem untuk hiasan.
Amati langkah-langkah membuat “telepon kaleng” berikut! 

Penampilan telepon kaleng akan semakin menarik jika diberi hiasan. Salah satu motif hiasan adalah pola hiasan dari Toraja.

Amati pola hiasan Toraja berikut!


Hiasan akan menambah keindahan suatu benda.

Ayo Mengamati!

Setelah menghias kaleng,  Lani menunjukkan gambar yang ia buat. Udin mengusulkan agar gambar Lani diberi bingkai. Dayu menawarkan untuk membantu Lani membuat bingkai. Lani pun setuju. Untuk membuat bingkai, Dayu harus mengetahui keliling dari kertas gambar milik Lani.
Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran dari sisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.

Ayo Membaca
Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah Siti.
Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu.
Telepon adalah alat komunikasi secara lisan.  Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat  komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.


TUGAS !

Pilihlah salah satu motif hiasan dengan pola hiasan dari Toraja.



Gambarlah dibuku gambarmu dan warnai dengan bagus, difoto dan bisa dikirimkan ke ibu guru

Jumat, 26 April 2024

Jumat, 26 April 2024

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                   : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran : 1 dan 2

TUJUAN PEMBELAJARAN:

1. Dengan mengamati simbol-simbol peraturan di kolam renang, siswa dapat menjelaskan prosedur cara menjaga keselamatan diri dalam aktivitas air dengan runtut dan percaya diri. 

2. Dengan membaca teks bacaan tentang “Alat Komunikasi Tradisional dan Modern”, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari suatu bacaan dengan tepat.

3. Dengan memberi warna pada setiap sisi bangun datar, siswa dapat menunjukkan keliling bangun datar dengan tepat. 

4. Dengan mengamati contoh karya gambar dekoratif yang ditunjukkan oleh guru, siswa dapat menentukan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk dibuat menjadi karya dekoratif dengan rapi dan percaya diri.

Mari kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ðŸ’ª

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, setiap orang memerlukan orang lain. Satu orang berhubungan dengan orang lain. Manusia melakukan komunikasi saat bersama-sama. Saat berkomunikasi, kita dapat menyampaikan apa yang diinginkan.

Saat berkomunikasi, kita dapat menyampaikan apa yang kita pikirkan. Dahulu, ruang komunikasi manusia amat terbatas. Bersyukurlah, teknologi komunikasi makin berkembang. Kini kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja. Mari kita pelajari perkembangan teknologi komunikasi, agar hidup makin berarti.

Apakah kamu masih ingat tentang kalimat pokok dari setiap paragraf?

Ide pokok suatu bacaan dapat ditemukan jika kita membaca dengan teliti. Ide pokok ditemukan pada kalimat utama tiap paragraf. Ide pokok adalah gagasan utama dari bacaan.

Ayo Mengamati!

Siti mendapat kiriman kartu ucapan terima kasih dari toko majalah yang pernah Siti pesan.
Kartu tersebut cantik sekali. Kartu itu disebut kartu pos. Unsur garis, bidang, dan warna pada kartu pos menarik untuk dilihat.
Amati hiasan pada kartu pos berikut!


Siti, Dayu, dan Lani telah selesai menghias sekeliling kartu pos dengan karya hiasan.
Amati gambar kartu pos yang telah dihias!

Kartu pos  mempunyai empat tepi. Jumlah panjang keempat tepinya disebut keliling kartu pos.
Persegipanjang mempunyai  empat sisi. Jumlah panjang keempat sisinya disebut keliling persegi panjang .
Setiap bangun datar memiliki keliling. Kita dapat  menemukan keliling dari setiap bangun datar dengan mudah.

Ayo Berlatih!




Ayo Mencoba!
Sebagian besar Bumi terdiri atas air. Oleh karena itu, kita harus bersahabat dengan air. Air dapat menjadi kawan maupun lawan. Kita perlu memperhatikan keselamatan diri saat berada di dalam air.

Dengan mematuhi peraturan di kolam renang, kita  telah menjaga keselamatan diri sendiri.

Ayo Membaca!

Setelah berenang, Udin, Beni, dan Edo beristirahat. Udin beristirahat sambil membaca buku yang
dibawanya.
Buku tersebut bercerita tentang alat komunikasi tradisional dan modern.

Bacalah teks berikut.

Setelah anak-anak membaca Alat Komunikasi Tradisional dan Modern pada teks di atas.
Anak-anak dapat membedakan alat komunikasi Tradisional dan Modern, Sekarang yuk kita menjawab latihan soal pada Tugasmu!

Tugasmu! 

Lengkapi kalimat berikut menggunakan kata yang tersedia di bawah ini.
Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung!

1. Alat komunikasi ______________ digunakan pada masa lalu.
2. __________ termasuk ke dalam alat komunikasi tradisional.
3. Lonceng dan ______ memiliki fungsi yang sama.
4. Telepon kini berkembang menjadi _____________
5. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi ___________


Kamis, 25 April 2024

Kamis, 25 April 2024

    TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                   : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran               : 6

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mencermati teks, siswa dapat menjelaskan manfaat dan menceritakan kembali informasi mengenai teknologi produksi sandang di lingkungan setempat dengan tepat
2. Siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan menyadari keberadaannya sebagai mahluk Tuhan di tengah keragaman suku, agama, dan adat istiadat.
3. Dengan melakukan percobaan terhadap beberapa bentuk bangun datar, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan menggunakan benda konkret.

Baiklah yuk kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, semangat ðŸ’ª

Edo sangat senang karena tahu asal pakaiannya. Edo ingin belajar tentang pakaian profesi. 

Ikutilah kegiatan Edo dan teman-temannya!

Ayo Membaca

Pakaian Profesi

Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini.  

Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter memakai pakaian dokter saat praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi saat bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara saat bersidang. Pakaian profesi tidak dipakai setiap saat.

Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi adalah seorang polisi. Kita dapat membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.

Amatilah teks “Pakaian Profesi”!

1. Jawablah pertanyaan berikut ini!


Ayo Berlatih!

Edo dan teman-temannya sangat senang belajar tentang pakaian profesi. Mereka berencana mengadakan kegiatan menarik. Mereka ingin memakai pakaian profesi sesuai cita-cita Setiap anak memiliki cita-cita. Mereka memiliki cita-cita yang berbeda. Udin ingin menjadi dokter. 

Dayu ingin menjadi pilot. Lani ingin menjadi perawat. Edo ingin menjadi polisi. Siti ingin menjadi perancang busana. Beni ingin menjadi penyiar televisi.

Amatilah gambar Edo dan teman-temannya!
2. Jawablah pertanyaan berikut!


Edo dan teman-temannya mempunyai cita-cita yang berbeda. Perbedaan itu tidak membuat mereka berpecah belah. Mereka berbeda, tetapi tetap rukun. 

Ayo Mencoba!

Masih ingatkah kamu dengan motif kain kesayangan ibu Udin? Salah satu motifnya adalah persegi.

Apakah persegi termasuk bangun datar yang memiliki simetri putar?

Berapakah jumlah simetri putarnya?

Isilah Tabel percobaan berikut ini ya nak...

Rabu, 24 April 2024

Rabu, 24 April 2024

    TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                   : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran               : 4 dan 5

Tujuan Pembelajaran:

1.       1. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan bermacam-macam hasil produksi teknologi produksi sandang di lingkungan setempat dengan tepat.

2.     2. Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan prang-orang yang terlibat dalam proses pembuatan pakaian dengan tepat.

3.     3. Dengan melakukan percobaan terhadap beberapa bentuk bangun datar, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan menggunakan benda konkret.

4.    4. Dengan berlatih, siswa dapat menentukan banyak simetri putar pada sebuahbangun datar menggunakan benda konkret.

5.    5. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

6.      6. Dengan melakukan pengamatan lingkungan sekitar, siswa dapat menulis cerita tentang pentingnya memahami keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.


Baiklah yuk kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, semangat ðŸ’ª

Dahulu, orang-orang menggunakan baju adat sebagai pakaian sehari-hari. Saat ini, jenis pakaian sangat beragam. Apa sajakah itu? Mari, kita pelajari!

Ayo Membaca!

Bacalah teks berikut dengan intonasi yang tepat!

Jenis-jenis Pakaian

    Lani sedang mengamati pakaiannya. Ternyata ia memiliki banyak jenis pakaian. Ada pakaian yang ia gunakan sehari-hari. Ada juga pakaian yang ia gunakan pada waktu tertentu.

   Salah satu jenis pakaian Lani adalah seragam sekolah. Lani mengenakan seragam saat pergi ke sekolah. Teman-teman Lani juga mengenakan seragam saat ke sekolah. Mereka mengenakan seragam sesuai jadwal. 

Sepulang sekolah, Lani mengganti baju seragamnya dengan pakaian rumah. Lani memiliki beberapa jenis pakaian rumah. Lani mengenakan kaus, celana selutut, atau rok saat di rumah. Lani juga memiliki beberapa baju yang digunakan saat tidur. 

  Lani memiliki baju yang dipakai untuk berolahraga. Lani mengenakan baju olahraga yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Bahan baju olahraga Lani mudah menyerap keringat. Lani dapat bergerak bebas dengan baju olahraganya. 

  Lani memiliki beberapa baju yang digunakan untuk waktu tertentu. Ada baju hangat yang digunakan saat udara dingin. Ada juga gaun yang biasa digunakan saat pergi ke pesta.

Lani bersyukur memiliki cukup pakaian. Ia teringat  orang zaman dahulu yang hanya memiliki satu jenis pakaian. Lani menyayangi semua pakaiannya. Ia memakainya dengan hati-hati agar tidak cepat rusak. 

Amati teks pada halaman sebelum ini! Lalu carilah informasi dari setiap paragraf! Tuliskan pada tabel berikut ini!

NO

PARAGRAF

INFORMASI

1.

Paragraf 1

Lani sedang mengamati pakaiannya

2.

Paragraf 2

Salah satu jenis Pakaian Lani adalah seragam sekolah

3.

Paragraf 3

Lani mengganti baju seragamnya dengan pakaian rumah

4.

Paragraf 4

Lani memiliki baju yang dipakai untuk olahraga

5.

Paragraf 5

Lani memiliki beberapa baju yang digunakan untuk waktu tertentu

6.

Paragraf 6

Lani bersyukur memiliki cukup pakaian

Ayo Mencoba!

Amati gambar di bawah! 

Cara berpakaian orang berbeda-beda. Siti selalu memakai kerudung dan  baju yang menutupi seluruh tubuhnya. Lani dan Dayu senang memakai celana selutut dan kaos lengan pendek. Meskipun berbeda dalam cara berpakaian, mereka tetap berteman.

Jelaskan manfaat saling menghargai perbedaan!  

Menurut ibu guru, manfaat dari saling menghargai salah satunya adalah:  

1. Menjaga persatuan dan keutuhan bangsa indonesia 

2. Muncul sikap tenggang rasa

dan masih banyak lagi manfaat dari saling menghargai perbedaan.  

Amatilah anak-anak di sekitar rumahmu! Apakah

mereka beragam? Dalam hal apa saja? Apa yang

kamu lakukan terhadap mereka? Ceritakanlah! 

Tuliskan ceritamu pada tempat tersedia!



Ayo Membaca!

Bacalah teks berikut dengan teliti!

Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar 

    Pakaian berasal dari bahan dasar yang berbeda. Ada yang berasal dari kapas dan serat daun. Ada yang berasal dari bulu domba dan serat sutra. Bahan dasar pakaian banyak didapat dari lingkungan sekitar.

    Petani dan peternak menyediakan bahan dasar pakaian. Petani menyediakan kapas dan beberapa jenis daun. Bulu domba disediakan oleh peternak domba. Serat sutra disediakan oleh peternak ulat sutra.




    Bahan dasar dikumpulkan dan dibawa ke pabrik pemintalan. Pemintal memintal bahan dasar di pabrik pemintalan. Mereka memintal bahan dasar menjadi benang. Pemintalan dilakukan dengan mesin-mesin modern. 

    Benang yang telah dipintal dibawa ke pabrik kain. Penenun menenun benang menjadi kain. Mereka menenun dengan mesin modern.  

    Kain hasil tenunan dibawa ke tukang jahit. Penjahit menjahit kain menjadi baju. Mereka menjahit berbagai jenis baju. Mereka menjahit dengan mesin yang canggih. Baju yang dihasilkan dibawa ke pasar untuk dijual.

    Keberagaman pekerjaan membuat hidup menjadi lebih mudah. Kita memiliki pakaian karena bantuan  petani dan peternak. Kita dapat mengenakan pakaian karena bantuan pemintal dan penenun. Kita memiliki baju karena bantuan penjahit. 


Kamu sudah membaca teks “Dari Bahan Dasar

Sampai ke Pasar”. Siapa saja yang terlibat dalam

pembuatan pakaian? 



Ayo Mencoba!

Masih ingatkah kamu dengan motif kain kesayangan ibu Udin? Salah satu motifnya adalah persegi. 

Ikutilah langkah-langkah berikut!

1. Gambarlah persegi di atas karton dengan panjang sisi 5 cm. 

2. Guntinglah gambarmu dengan rapi.

3. Jiplaklah bangun persegi yang kamu buat di buku latihanmu.

4. Tentukan titik pusatnya.

5. Letakkan karton persegimu tepat di atas gambar persegi yang kamu buat.

6. Cobalah memutar karton persegimu searah jarum jam. 

7.  Apakah bangun datar tersebut dapat memenuhi garis yang kamu buat dengan tepat?

8. Cobalah putar lagi sampai menempati posisi semula.

9. Berapa kali putaran persegi dapat menempati bingkainya, apabila diputar satu kali putaran penuh?