Pages

Pages - Menu

Rabu, 31 Mei 2023

Senin, 5 Juni 2023


 


Berikut ini kisi kisi Penilaian Akhir Semester genap tema 6 semoga Sholeh Sholeha Bu gur dapat mempelajari dengan baik dan dapat menjawab soal-soal nya dengan benar sehingga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin,🤲

Kisi – Kisi PAS Tema 8

PKN
Ø  Memahami    Arti Gambar pada     Lambang Negara “Garuda Pancasila”
Bahasa Indonesia
Ø  Mengidentifikasi lambang/simbol ( rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara )beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
Matematika
Ø  Menjelaskan sudut, jenis sudut ( sudut siku – siku,sudut lancip, dan sudut tumpul )
Ø  Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat – sifat yang dimiliki.
Ø  Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.
SBdP
Ø  Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
Ø  Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
Ø  Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung
Ø  Memahami dinamika gerak tari

Rabu, 31 Mei 2023


 


Berikut ini kisi kisi Penilaian Akhir Semester genap tema 6 semoga Sholeh Sholeha Bu gur dapat mempelajari dengan baik dan dapat menjawab soal-soal nya dengan benar sehingga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin,🤲

Kisi – Kisi PAS Tema 7

PKN
Ø  Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia
Ø  Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan  tehnologi produksi, komunikasi, dan transportasi setempat
Matematika
Ø  Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan banda konkret.
Ø  Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
Ø  Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar.
SBdP
Ø  Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
Ø  Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
Ø  Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung
Ø  Memahami dinamika gerak tari

Senin, 29 Mei 2023

Selasa, 30 Mei 2023


 


Berikut ini kisi kisi Penilaian Akhir Semester genap tema 6 semoga Sholeh Sholeha Bu gur dapat mempelajari dengan baik dan dapat menjawab soal-soal nya dengan benar sehingga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin,🤲

Kisi - Kisi Tema PAS Tema 6

PKN

Ø  Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebaga anggota keluarga dan warga sekolah

Bahasa Indonesia

Ø  Menggalinformastentang sumber dan bentuk energy yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

Matematika

Ø  Menjelaskan dan menentukan lamwaktu suatu kejadian berlangsung

Ø  Menjelaskan dan menentukan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda kongkret

SBdP

Ø  Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif

Ø  Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu

Ø  Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung

Senin, 29 Mei 2023



Bismillahirrahmanirrahim 

Assalamualaikum Sholeh Sholeha Bu guru 

Berikut ini kisi kisi Penilaian Akhir Semester genap tema 5 semoga Sholeh Sholeha Bu guru dapat mempelajari dengan baik dan dapat menjawab soal-soal nya dengan benar sehingga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin,🤲

PKN

 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar 

Bahasa Indonesia

Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan,tulis, visual dan/atau eksplorasi lingkungan

Matematika

Menggunakan ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret

Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama

SBdP

Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu

Memahami dinamika gerak tari

Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif

Mengetahui teknik potong lipat sambung

Kamis, 25 Mei 2023

Kamis, 25 Mei 2023

         TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Tema 8             : Praja Muda Karana

Subtema 4      : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran         : PH


PENILAIAN HARIAN TEMA 8 SUBTEMA 4 

Rabu, 24 Mei 2023

Rabu, 24 Mei 2023

 TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Tema 8             : Praja Muda Karana

Subtema 4      : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran         : 6

1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan posisi suatu tempat dengan benar. 

2. Setelah berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.  

3. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.   

4. Setelah mengamati, siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram gambar dengan benar.


Membaca denah dalam bentuk gambar

Perhatikan denah taman bermain berikut ini! Pelajari cara membaca denah tersebut! Lalu, tentukan area penghijauan yang paling tepat pada gambar denah tersebut!
Denah Penghijauan
Posisi seluncuran ada di A1.
Posisi ayunan ada di A2.
Posisi tempat duduk ada di A3.

Ayo Berlatih
Isilah titik-titik sesuai gambar taman bermain!
Tentukan posisi sesuai contoh!
  1. Posisi pedagang ada di B2
  2. Posisi jembatan ada di B3
  3. Posisi air mancur ada di C2
  4. Posisi tempat sampah ada di C1
  5. Misalkan akan ditanam pohon. Lokasi yang bisa di gunakan B1 dan C3

Sekarang perhatikan gambar denah berikut ini !
Lengkapi denah dengan gambar sesuai keterangan!
Denah Lengkap
Keterangan
Posisi A1 terdapat tempat duduk anak-anak saat beristirahat.
Posisi B2 terdapat kolam ikan.
Posisi A3, B3, dan C3 terdapat area penghijauan.
Posisi C1 terdapat tempat sampah

Baca dan diskusikanlah bersama temantemanmu!
Tentukan sila Pancasila yang sesuai dengan perilaku tersebut!
Beri tanda centang pada kolom yang sesuai! Kamu bisa memberi centang lebih dari satu disetiap perilaku!

Senin, 22 Mei 2023

Selasa, 23 Mei 2023

          TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Tema 8             : Praja Muda Karana

Subtema 4      : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran         : 5

Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa dapat menentukan arah mata angin dan dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.

2. Siswa dapat membuat denah sesuai lokasi menggunakan arah mata angin dengan tepat

3. Siswa dapat menginterpretasikan data dan dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar. 

Ayo Berlatih

Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.

Diagram akan digambar seperti berikut ini!

 

Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!

1. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat? 8 Buah Buku
2. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu? 20 Buah Buku
3. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak? pada hari Senin 

Membuat Denah

iti dan teman-teman berlatih membuat denah untuk lokasi kegiatan amal. Mereka berencana melaksanakan kegiatan di lapangan upacara.

Ada tiga meja untuk menjual mainan bekas. Semua meja penjualan mainan bekas menghadap ke arah
barat.

Ada tiga meja untuk penjualan sepatu bekas. Semua meja penjualan sepatu bekas menghadap ke arah timur.

Ada empat meja untuk penjualan buku bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah selatan.

Ada lima meja untuk penjualan baju bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah utara.

Buatlah denah berdasarkan informasi tersebut!
Pakaian Bekas
Andaikan kegiatan tersebut dilakukan di sekolahmu. Jelaskan beberapa hal berikut! Di mana kegiatan akan dilakukan? (Kegiatan dilakukan di halaman sekolah) Jelaskan arah perjalanan dari gerbang sekolah menuju tempat kegiatan amal! (Dari gerbang sekolah berjalan ke arah barat )

Senin, 22 Mei 2023

         TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Tema 8             : Praja Muda Karana

Subtema 4      : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran         : 4

Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menceritakan pengalaman yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
2. Siswa dapat menentukan arah mata angin dan dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
3. Siswa dapat menginterpretasikan data dan dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar. 


Ayo Membaca

Peraturan dan Sikap Adil di Perpustakaan

Ada beberapa peraturan yang diterapkan di perpustakaan. Hal ini dilakukan agar ruang perpustakan tetap nyaman dan menyenangkan untuk pengunjungnya. Ada peraturan yang harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Ada pula peraturan yang harus dilakukan oleh pengunjung perpustakaan.
Salah satu peraturan di perpustakaan  adalah merapikan ruangan secara rutin. Peraturan itu harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Saat merapikan ruangan, petugas perpustakaan memperhatikan arah mata angin. Petugas perpustakaan juga berkewajiban melayani pengunjung dengan baik.

Untuk membuat perpustakaan nyaman, ada juga peraturan peminjaman buku. Petugas perpustakaan menetapkan batas waktu peminjaman. Jika ada kerusakan atau kehilangan, peminjam berkewajiban untuk memperbaiki atau mengganti. 

Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan agar semua anggota perpustakaan mendapatkan kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan sikap adil. 


Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menunjukkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Kekayaan ini hendaknya dapatdirasakan manfaatnya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.


Denah lokasi perkemahan menunjukkan posisi setiap tempat dengan baik. Meja makan ada di sebelah timur tenda pembina. Kamar kecil ada di sebelah barat tenda utama. Pusat air minum ada di sebelah utara meja makan. Sementara tungku ada di sebelah selatan tenda anggota pramuka.
Lokasi Kemah
Seorang anggota pramuka akan menuju tenda pembina. Tentukan arah yang harus dilewati anggota tersebut!
Dari tenda anggota pramuka akan berjalan ke arah barat sampai menuju tungku. Dari tungku anggota pramuka akan berjalan ke arah selatan menuju meja makan. Dari meja makan anggota pramuka berjalan ke arah barat menuju tenda pembina.

Jumat, 19 Mei 2023

Jumat, 19 Mei 2023

           TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Tema 8             : Praja Muda Karana

Subtema 4      : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran         : 3

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep

delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar. 

2. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan kembali ide pokok dari informasi

yang didengar/disajikan tentang  delapan arah mata angin dan pemanfaatannya

dalam denah dengan tepat.

3. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam

bentuk diagram gambar dengan benar.


Menulis cerita berdasarkan pikiran pokok yang ditetapkan

Pada umumnya dalam menyusun paragraf berdasarkan gambarnya menggunakan gambar gambar seri. Gambar seri ialah rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan sebuah peristwa. Tiap tiap bagian dari gambar tersebut memiliki ceritanya masing masing.

Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.

Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.

Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Gambar Seri
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
  1. Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
  2. Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
  3. Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
  4. Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.

Senin, 15 Mei 2023

Selasa, 16 Mei 2023

         TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Tema 8             : Praja Muda Karana

Subtema 4      : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran         : 2

 Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar. 

2. Setelah membaca siswa dapat menceritakan kembali ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang  delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.

3. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar. 

4. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.

5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan gerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dengan benar.

6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dengan benar.

Ayo Membaca

Menjadi Petugas Penerima Tamu Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas  memberikan penjelasan tentang SD Nusantara. 

Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima  tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah  sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.

Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas. Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.

Ayo Menulis

Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu!

Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf. 

Contoh

Edo anak yang rajin. Semua tugas sekolah selalu dikerjakan tepat waktu. Edo juga selalu membantu orang tua. Edo selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Pikiran pokok dari paragraf di atas adalah “Edo anak yang rajin”.

Sikap anak-anak SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama saat menerima tamu. Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa senang berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga mampu membagi tugas dengan baik.

Semua anak terlibat dalam melaksanakan program kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk menentukan program kebersihan sekolah. Semua anak mendapat kesempatan memberikan pendapat. 


Manakah dari contoh sikap tersebut yang pernah kamu lakukan?

Ceritakan kepada teman-temanmu!

Bekerja sama termasuk pengamalan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Simbol sila ketiga berupa pohon beringin. Bangsa Indonesia sangat besar dan beragam.  Sila ketiga berpesan agar kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh warga negara juga berkewajiban menjaga nama baik Indonesia. Kerja sama dengan teman bagian dari pengamalan sila ketiga. Bekerja sama membuat tugas menjadi lebih ringan dan mudah.