KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Senin, 21 Juli 2025
Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia
Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, diskusi
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah hari ini kita akan mulai pembelajaran kita yang pertama dikelas 4 materi Matematika dan Bahasa Indonesia.
MATEMATIKA
Capaian Pembelajaran (CP)
Murid menunjukan menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan pecahan sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi bilangan tersebut.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Murid mengetahui cara menyatakan bilangan nilai 10.000 berdasarkan komposisi bilangan.
Tujuan Pembelajaran (TP)
Murid mampu menunjukan pemahaman dan intuisi bilangan pada bilangan cacah sampai 10.000.
Materi Matematika
Bilangan Cacah Besar
Apa itu Bilangan Cacah?
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan tidak negatif. Contohnya:
0, 1, 2, 3, 4, ..., sampai 10.000.
Pokok-Pokok Materi
1. Mengenal dan Menulis Bilangan sampai 10.000
· Bilangan terdiri dari angka ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.
Contoh: 7.432 → 7 ribuan, 4 ratusan, 3 puluhan, 2 satuan.
· Cara membaca bilangan:
6.205 dibaca enam ribu dua ratus lima.
2. Nilai Tempat dan Nilai Angka
· Nilai tempat menunjukkan posisi angka (satuan, puluhan, ratusan, ribuan).
· Nilai angka adalah besar angka sesuai posisi.
Contoh:
Pada 3.846
- Angka 8 di tempat ratusan → nilai angkanya = 800
- Angka 3 di tempat ribuan → nilai angkanya = 3.000
3. Membandingkan Bilangan
· Menggunakan tanda:
> (lebih besar)
< (lebih kecil)
= (sama dengan)
· Bandingkan dari angka paling kiri (ribuan → satuan).
Contoh:
4.562 > 3.789 karena 4 ribuan lebih besar dari 3 ribuan.
4. Mengurutkan Bilangan
· Dari kecil ke besar: 1.234, 2.348, 4.567
· Dari besar ke kecil: 9.998, 7.654, 5.432
5. Menentukan Letak Bilangan pada Garis Bilangan
· Garis bilangan digunakan untuk menunjukkan urutan bilangan.
· Bilangan di sebelah kanan selalu lebih besar dari bilangan di kiri.
Bilangan cacah besar adalah bilangan cacah yang nilainya lebih besar dari puluhan juta, seperti ratusan juta, miliar, triliun sampai kuadriliun.
“Setiap angka pada bilangan cacah besar ini memiliki nilai berdasarkan letak atau tempat angkanya, yang biasa disebut juga dengan nilai tempat.”
“Kalau dituliskan dalam bentuk tabel nilai tempat, bisa dimulai dari kolom paling kanan yaitu nilai tempat satuan sampai kolom paling kiri yaitu nilai tempat kuadriliun.”
Contoh Bilangan Cacah Besar
“Terus, gimana contoh bilangan cacah besar? Coba lihat jumlah penduduk negara Cina tadi, deh! Angkanya dipisahkan dengan diberi tanda titik setiap 3 angka dari belakang. Terus, kita bisa masukin setiap digit angka ke tabel nilai tempat mulai dari kolom paling kanan, seperti ini!” kata Lulu.
Nilai Tempat Bilangan Cacah Besar
“Kalau sudah tahu nilai tempat pada bilangan cacah besarnya, bisa memudahkan kita untuk tahu cara membaca bilangannya.Untuk dapat membaca bilangan cacah besar, bisa dibantu oleh tabel nilai tempat. Caranya ada dua, seperti ini.”
Cara Membaca Bilangan Cacah Besar
Berdasarkan langkah-langkah tersebut, aku jadi bisa membaca jumlah penduduk negara Cina ini. Jumlah penduduknya adalah satu miliar empat ratus empat puluh tujuh juta lima ratus empat puluh ribu delapan ratus tiga puluh tujuh orang.
Bahas Indonesia
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA: MENYIMAK
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal- hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)
MATERI AJAR:
- Menceritakan kembali isi teks yg berjudul "tak muat lagi"
- Mencari ide pokok
- Menemukan kalimat transitif dan intransitif pada teks "tak muat lg"
Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif
Kalimat transitif adalah kalimat yang memerlukan objek.
Bentuk kalimat transitif dapat diubah menjadi kalimat pasif.
Contoh:
Hani memakai sepatu Heri.
S P O
Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek.
Contoh:
Heri berlari.
S P
Berikut Video Pembelajaran :
A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar