Pages

Pages - Menu

Rabu, 23 Juli 2025

Kamis, 24 Juli 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG


Hari/Tanggal : Kamis, 24 Juli 2025

Mata Pelajaran : IPAS dan Seni Rupa

Alat Peraga : Video Pembelajaran

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab,  Penugasan


Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang kalimat transitif dan instransitif pada kalimat, Nah  hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita yaitu mata pelajaran Ipas mempelajari tentang panca indra. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

IPAS

Tujuan Pembelajaran (TP)

Mengidentifikasi bentuk dan fungsi pancaindra manusia serta cara menjaga kesehatannya.

MATERI IPAS

A. Pengertian Pancaindra

Pancaindra adalah lima alat tubuh manusia yang berfungsi untuk mengenali atau merasakan lingkungan sekitar. Pancaindra meliputi:

  1. Mata – Untuk melihat

  2. Telinga – Untuk mendengar

  3. Hidung – Untuk mencium bau

  4. Lidah – Untuk mengecap rasa

  5. Kulit – Untuk merasakan sentuhan, tekanan, suhu, dan rasa sakit

Video Pembelajaran Panca Indra




B. Bentuk dan Fungsi Masing-masing Pancaindra

1. Mata

  • Fungsi: Melihat benda, warna, dan cahaya

  • Bagian penting: Kornea, pupil, lensa, retina

  • Cara kerja: Mata menangkap cahaya, lalu mengubahnya menjadi sinyal yang dikirim ke otak

2. Telinga

  • Fungsi: Mendengar suara

  • Bagian penting: Daun telinga, saluran telinga, gendang telinga, tulang pendengaran, koklea

  • Cara kerja: Suara masuk melalui saluran telinga dan dikirim ke otak sebagai sinyal suara

3. Hidung

  • Fungsi: Mencium bau

  • Bagian penting: Lubang hidung, rongga hidung, sel pencium

  • Cara kerja: Bau masuk ke hidung dan ditangkap oleh sel pencium, lalu dikirim ke otak

4. Lidah

  • Fungsi: Mengecap rasa

  • Jenis rasa: Manis, asin, asam, pahit, umami (gurih)

  • Bagian penting: Papila lidah (mengandung pengecap)

5. Kulit

  • Fungsi: Merasakan sentuhan, suhu, tekanan, dan rasa sakit

  • Bagian penting: Lapisan kulit luar (epidermis) dan dalam (dermis)

  • Cara kerja: Ujung saraf pada kulit merespon rangsangan dan mengirim sinyal ke otak


C. Cara Menjaga Kesehatan Pancaindra

PancaindraCara Menjaga Kesehatan
MataTidak membaca sambil tiduran, menjaga jarak saat menonton, tidak melihat cahaya terang langsung, makan makanan bergizi (wortel)
TelingaTidak memasukkan benda ke dalam telinga, menjauh dari suara bising, membersihkan telinga secara aman
HidungMenjaga kebersihan hidung, hindari asap rokok, memakai masker saat debu
LidahMenjaga kebersihan mulut dan gigi, hindari makanan terlalu panas atau terlalu pedas
KulitMandi secara teratur, memakai pelembap atau tabir surya, tidak menggaruk kulit dengan kasar

Pancaindra sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Dengan merawat dan menjaga kesehatannya, kita bisa terus belajar, bermain, dan beraktivitas dengan nyaman.


Latihan Soal (Opsional)

  1. Sebutkan 5 pancaindra manusia!

  2. Apa fungsi dari lidah?

  3. Bagaimana cara menjaga kesehatan mata?

  4. Mengapa penting menjaga kebersihan kulit?

Ayo Pasangkan gambar dibawah ini :


SENI RUPA

Tujuan Pembelajaran :

Mengidentifikasi berbagai unsur rupa (titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang) yang ada lingkungan sekitar) 

Materi
Mengidentifikasi warna tekstur, gelap terang. 
Unsur seni rupa itu seperti bahan-bahan yang dipakai pelukis atau seniman untuk membuat karyanya jadi indah. Kita akan bahas tiga unsur utama: warna, tekstur, dan gelap terang. Yuk, kita mulai!

1. Warna

Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang paling gampang kita lihat. Coba lihat sekelilingmu, ada banyak sekali warna, kan? Ada merah, kuning, biru, hijau, ungu, dan banyak lagi! Warna bisa membuat gambar atau lukisan jadi lebih hidup dan menarik.

Warna pada sebuah karya seni memberikan kesan seperti benda di dunia nyata.

Warna warna primer terdiri dari merah, kuning, dan biru. Ketiga warna ini juga disebut sebagai warna dasar.

Jika digabungkan, warna merah, kuning, dan biru bisa menghasilkan warna turunan lainnya.

Ada beberapa hal penting tentang warna:

  • Warna Primer: Ini adalah warna dasar yang tidak bisa dicampur dari warna lain. Ada tiga warna primer:

    • Merah

    • Kuning

    • Biru

  • Warna Sekunder: Warna ini didapatkan dengan mencampur dua warna primer. Contohnya:

    • Merah + Kuning = Oranye

    • Kuning + Biru = Hijau

    • Biru + Merah = Ungu

  • Warna Panas dan Dingin:

    • Warna panas (seperti merah, oranye, kuning) memberi kesan semangat, ceria, dan dekat.

    • Warna dingin (seperti biru, hijau, ungu) memberi kesan tenang, sejuk, dan jauh.

2. Tekstur

Tekstur adalah permukaan suatu benda yang bisa kita rasakan dengan rabaan atau kita lihat. Misalnya, permukaan batu terasa kasar, sedangkan permukaan kapas terasa halus. Dalam seni rupa, tekstur bisa membuat karya jadi lebih nyata dan menarik.

Tekstur ada yang termasuk tekstur raba atau sesuatu yang bisa dirasakan  melalui sentuhan dan ada tekstur lihat atau sesuatu yang bisa dirasakan melalui penglihatan.

Ada dua jenis tekstur:

  • Tekstur Nyata: Tekstur yang benar-benar bisa kita raba dan rasakan. Contohnya, patung dari tanah liat yang permukaannya tidak rata.

  • Tekstur Semu (Buatan): Tekstur yang hanya terlihat seperti ada, tapi sebenarnya permukaannya halus. Misalnya, gambar kulit jeruk di buku gambar, kita tahu kulit jeruk itu kasar, tapi kertas gambarnya tetap halus. Pelukis bisa membuat tekstur semu dengan goresan pensil atau kuas yang berbeda-beda.

3. Gelap Terang (Nilai Cahaya)

Gelap terang atau nilai cahaya adalah perbedaan antara bagian yang terang dan bagian yang gelap pada suatu benda atau gambar. Gelap terang ini penting sekali untuk membuat benda terlihat memiliki bentuk (3 dimensi) dan tidak terlihat rata (2 dimensi).

Gelap/terang dihasilkan dari perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda. Ini akan menghasilkan tingkat warna yang berbeda.

Unsur gelap/terang biasanya digunakan untuk menciptakan kesan tiga dimensi atau keruangan.

Coba bayangkan sebuah bola. Jika hanya kita beri warna merah saja, bola itu akan terlihat seperti lingkaran merah biasa. Tapi, jika kita beri bagian yang lebih terang (seperti terkena cahaya matahari) dan bagian yang lebih gelap (seperti bayangan), maka bola itu akan terlihat lebih nyata dan bulat.

  • Bagian Terang: Bagian benda yang terkena cahaya langsung.

  • Bagian Gelap: Bagian benda yang tidak terkena cahaya atau tertutup bayangan.

  • Bayangan: Area gelap yang terbentuk karena ada benda yang menghalangi cahaya.

Dengan mengatur gelap terang, kita bisa membuat gambar terlihat lebih hidup, bervolume, dan menunjukkan dari mana arah datangnya cahaya.


Nah, itu dia penjelasan singkat tentang warna, tekstur, dan gelap terang. Unsur-unsur ini sangat penting dalam membuat sebuah karya seni rupa. Dengan memahami dan menggunakan unsur-unsur ini, kalian bisa membuat gambar atau lukisan yang lebih bagus dan menarik!

Contoh gambar yang menunjukkan unsur seni rupa gelap terang:

Pada gambar-gambar tersebut, perhatikan bagaimana perbedaan antara area terang dan gelap menciptakan kesan bentuk, volume, dan kedalaman pada objek. Bagian yang terkena cahaya langsung terlihat lebih terang, sementara bagian yang tidak terkena cahaya atau tertutup bayangan terlihat lebih gelap.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini murid sudah mampu memahami lima panca indra pada manusia dan siswa sudah mampu menyebutkan 5 panca indra dengan tepat. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu memahami 5 panca indra pada manusia, siswa masih ada yg menyebutkan bahwa alis, dagu, pipi termasuk panca indra. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta siswa diberi latihan kembali.  Serta guru memberikan contoh yang real yaitu dengan menyuruh siswa maju untuk menunjukan 5 panca indra. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar