Pages

Pages - Menu

Selasa, 22 Juli 2025

Rabu, 23 Juli 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG


Hari/Tanggal : Rabu, 23 Juli 2025

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan IPAS

Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, diskusi, Penugasan


Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

kemarin kita sudah mempelajari tentang mengurutkan dan membandingkan bilangan cacah, Baiklah hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita yaitu Bahasa Indonesia tentang menyimak cerita, menemukan dan menyimpulkan cerita, serta kalimat intransitif dan transitif. 

IPAS

Tujuan Pembelajaran (TP)

Mengidentifikasi bentuk dan fungsi pancaindra manusia serta cara menjaga kesehatannya.

MATERI IPAS

A. Pengertian Pancaindra

Pancaindra adalah lima alat tubuh manusia yang berfungsi untuk mengenali atau merasakan lingkungan sekitar. Pancaindra meliputi:

  1. Mata – Untuk melihat

  2. Telinga – Untuk mendengar

  3. Hidung – Untuk mencium bau

  4. Lidah – Untuk mengecap rasa

  5. Kulit – Untuk merasakan sentuhan, tekanan, suhu, dan rasa sakit

Video Pembelajaran Panca Indra




B. Bentuk dan Fungsi Masing-masing Pancaindra

1. Mata

  • Fungsi: Melihat benda, warna, dan cahaya

  • Bagian penting: Kornea, pupil, lensa, retina

  • Cara kerja: Mata menangkap cahaya, lalu mengubahnya menjadi sinyal yang dikirim ke otak

2. Telinga

  • Fungsi: Mendengar suara

  • Bagian penting: Daun telinga, saluran telinga, gendang telinga, tulang pendengaran, koklea

  • Cara kerja: Suara masuk melalui saluran telinga dan dikirim ke otak sebagai sinyal suara

3. Hidung

  • Fungsi: Mencium bau

  • Bagian penting: Lubang hidung, rongga hidung, sel pencium

  • Cara kerja: Bau masuk ke hidung dan ditangkap oleh sel pencium, lalu dikirim ke otak

4. Lidah

  • Fungsi: Mengecap rasa

  • Jenis rasa: Manis, asin, asam, pahit, umami (gurih)

  • Bagian penting: Papila lidah (mengandung pengecap)

5. Kulit

  • Fungsi: Merasakan sentuhan, suhu, tekanan, dan rasa sakit

  • Bagian penting: Lapisan kulit luar (epidermis) dan dalam (dermis)

  • Cara kerja: Ujung saraf pada kulit merespon rangsangan dan mengirim sinyal ke otak


C. Cara Menjaga Kesehatan Pancaindra

PancaindraCara Menjaga Kesehatan
MataTidak membaca sambil tiduran, menjaga jarak saat menonton, tidak melihat cahaya terang langsung, makan makanan bergizi (wortel)
TelingaTidak memasukkan benda ke dalam telinga, menjauh dari suara bising, membersihkan telinga secara aman
HidungMenjaga kebersihan hidung, hindari asap rokok, memakai masker saat debu
LidahMenjaga kebersihan mulut dan gigi, hindari makanan terlalu panas atau terlalu pedas
KulitMandi secara teratur, memakai pelembap atau tabir surya, tidak menggaruk kulit dengan kasar

Pancaindra sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Dengan merawat dan menjaga kesehatannya, kita bisa terus belajar, bermain, dan beraktivitas dengan nyaman.


Latihan Soal (Opsional)

  1. Sebutkan 5 pancaindra manusia!

  2. Apa fungsi dari lidah?

  3. Bagaimana cara menjaga kesehatan mata?

  4. Mengapa penting menjaga kebersihan kulit?

Ayo Pasangkan gambar dibawah ini :


BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran (TP)

Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, sera menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

MATERI 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)

M  MATERI AJAR:
   Mendiskusikan hubungan kakak adik pada teks "tak muat lagi"
-    dan bagaimana perasaan nya. 
   



PPengertian:

MMenyimak adalah mendengarkan dengan penuh perhatian.

TTeks aural adalah pesan atau informasi yang disampaikan secara lisan, bisa dari guru, teman, rekaman suara, atau video.


l Langkah Menyimak yang Baik:

  1. Dengarkan dengan sungguh-sungguh.

  2. Fokus pada topik utama pembicaraan.

  3. Catat hal-hal penting, seperti:

    • Siapa yang berbicara?

    • Apa yang dibicarakan?

    • Kapan dan di mana kejadian berlangsung?

    • Mengapa itu penting?

  4. Jangan memotong pembicaraan.

  5. Ulangi dalam hati atau tuliskan poin-poinnya.


CContoh Teks Aural Pendek:

A"Anak-anak, besok hari Jumat kita akan melakukan kerja bakti di kelas. Bawalah sapu, kain pel, dan lap. Kegiatan dimulai pukul 07.00 pagi. Jangan lupa memakai pakaian olahraga ya!"

I  Informasi Penting:

  • Kegiatan: Kerja bakti

  • Waktu: Hari Jumat, pukul 07.00 pagi

  • Alat yang dibawa: Sapu, kain pel, lap

  • Pakaian: Pakaian olahraga

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini murid sudah mampu memahami dan menyimpulkan pesan pada teks. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu memahami dan menyimpulkan pesan pada teks, disebabkan murid masih belum fokus dan teliti dalam membaca sehingga masih kesulitan untuk menyimpulkan isi teks. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta siswa diberi latihan kembali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar