TEMA 7 BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DISEKITARKU
SUBTEMA 1 BENDA HIDUP DAN TAK HIDUP DISEKITAR KITA
KELAS 1 SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bahan Ajar Tema 7 Subtema 1 Pb 5&6
Hari/Tanggal : Senin, 07 Maret 2022
Kelas : 1 (satu)
Tema : 7 (Benda, Hewan dan Tanaman disekitarku)
Subtema : 1 ( Benda Hidup dan Tak Hidup disekitar Kita)
Pembelajaran : 5 & 6
Kompetensi Dasar :
- B.Indonesia KD 3.6 menguraikan kosakata yang berhbungan dengan benda hidup dan tak hidup
- MTK KD 3.3 menuliskan nama dan lambang bilangan.
Assalamuallaikum wr wb
Hallo.. Anak sholih dan sholiha bu guru apa kabar mu hari ini? Jawab dengan semangat ya "Alhamdulillah Luar Biasa Allahu Akbar" 💪
Alhamdulillah ibu guru juga dalam keadaan sehat wal'afiat. Anak anak mari kita lanjutkan pembelajaran kita hari ini ya, tapi sebelum beraktifitas yuuk kita laksanakan sholat duha dahulu, setelah itu lanjutkan dengan murojaah ya sayang🤗 🌷
Apersepsi
Kemarin kita sudah mempelajari tentang ciri - ciri benda hidup dan Tak Hidup. Salah satu ciri benda hidup yaitu bernafas, bergerak, berkembang biak contoh manusia hewan dan tumbuhan.
Sedangkan ciri benda tak hidup tidak bernafas, tidak bergerakan dan tidak memerlukan makanan contohnya batu, meja, kursi dll.
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang perkembangbiakan benda hidup dengan tepat.
2. Dengan menggunakan gambar pada buku siswa, siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri atas dua angka dengan bantuan benda konkret dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri atas dua angka sesuai nilai tempat dengan benar.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut ini.
Benda hidup dapat berkembang biak.
Benda hidup tidak dapat berkembang biak.
Berkembang biak untuk mendapatkan keturunan.
Berkembang biak juga untuk memperbanyak jumlahnya.
Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga kelestariannya
Ayo Berlatih
Ayam biasanya bertelur sehari hanya satu butir.
Banyaknya telur adalah 47.
Telur diletakkan di dalam keranjang besar dan keranjang kecil.
Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil.
Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan.
Keranjang kecil dianggap sebagai keranjang satuan.
Jadi, 47 = 40 + 7
47 = 4 puluhan + 7 satuan
4 menempati tempat puluhan
7 menempati tempat satuan
Jika dituliskan dalam nilai tempat adalah seperti berikut.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Setelah membaca, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang perkembangbiakan benda hidup dengan tepat.
2. Dengan menggunakan gambar pada buku siswa, siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri atas dua angka dengan bantuan benda konkret dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri atas dua angka sesuai nilai tempat dengan benar.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut ini.
Benda hidup dapat berkembang biak.
Benda hidup tidak dapat berkembang biak.
Berkembang biak untuk mendapatkan keturunan.
Berkembang biak juga untuk memperbanyak jumlahnya.
Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga kelestariannya
Ayo Berlatih
Ayam biasanya bertelur sehari hanya satu butir.
Banyaknya telur adalah 47.
Telur diletakkan di dalam keranjang besar dan keranjang kecil.
Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil.
Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan.
Keranjang kecil dianggap sebagai keranjang satuan.
Jadi, 47 = 40 + 7
47 = 4 puluhan + 7 satuan
4 menempati tempat puluhan
7 menempati tempat satuan
Jika dituliskan dalam nilai tempat adalah seperti berikut.
TUGASMU 📗✏
Ayo Berlatih
Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup.
Boneka, mobil-mobilan dan kartu adalah benda tak hidup.
Dadu pun termasuk benda tak hidup.
Mari mencoba membuat dadu.
Kegiatan membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan.
Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut.
Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup.
Boneka, mobil-mobilan dan kartu adalah benda tak hidup.
Dadu pun termasuk benda tak hidup.
Mari mencoba membuat dadu.
Kegiatan membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan.
Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut.
Tulislah tugasmu di buku latihan tema setelah iti fotokan lalu kirimkan ke whatsapp bu guru ya. Jangan lupa minta bantuan mama/papa dengan menggunakan kata tolong dan terimakasih 🤗
jangan lupa cuci tangan mu selesai menulis supaya tidak ada kuman yang menempel.
Selamat beraktifitas, wassalamualaikum 😍🙏😍
Dokumentasi Kegiatan Siswa:
Assalamualaikum ibu
BalasHapusNama : Fakhri Azzam AlRasyid
Kelas : 1. A
No. Absen : 9
Hadir
Wassalamu'alaikum.
Assalamu'alaikum Bu guru
BalasHapusMuhammad Adi Fadillah
Kelas 1 A
No absen 15
Hadir Bu guru
Assalamu'alaikum
BalasHapusAleando alfatih vasha
No absen 2
Kls 1.a
SD al azhar 2
Assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusAgista Raya Sepira Dermawan
Kelas 1A
Absen 1
Hadir