Senin, 06 Februari 2023

Selasa, 07 Februari 2023

      TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2 BANDAR

 LAMPUNG



Tema  : 6 Energi dan Perubahannya
Subtema : 2 Perubahan Energi
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran           :

1.      Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat

2.      Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.

3.      Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuanwaktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.

 

Semua   benda   yang   menghasilkan   energi   disebut   sumber   energi.   Matahari, udara,  air,  tumbuhan,  dan  hewan   merupakan  sumber  energi.  Sumber  energi terbesar   di   bumi    adalah   Matahari.   Tanpa   matahari,   tumbuhan   tidak   bisa melakukan   fotosintesis.   Fotosintesis   ini   menghasilkan   makanan   dan   oksigen. Makanan  dan  oksigen  sangat  penting  untuk  kelangsungan  hidup  manusia  dan makhluk   hidup   lainnya.   Selain   itu,   sinar   matahari   juga   digunakan   sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

 

Air  juga  merupakan  sumber  energi.  Tubuh  kita  memerlukan  air  sekitar  3  liter tiap  hari.  Air  dan  makanan  merupakan  sumber  energi  bagi  tubuh.  Selain  itu, tumbuhan  dan  hewan  juga  merupakan  sumber  energi,  karena  sebagian  besar makanan dihasilkan oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan untuk makanannya.


Cara melestarikan sumber energi :

 

⮚   Merawat dan memelihara tanamam/tumbuhan

⮚   Melakukan penghijauan

⮚   Tidak membuang sampah atau limbah ke sumber air

 

Air  bukan  hanya  sumber   energi   bagi   tubuh,  tapi   juga   sumber  energi   listrikBendungan   atau   waduk   yang   dimanfaatkan  untuk   menghasilkan  energi   listrik disebut  Pembangkit  Listrik  Tenaga  Air  atau  (PLTA).  Aliran  air  dari waduk/bendungan    memiliki    kekuatan    yang    disebut    Energi    Kinetik.    Energi kinetik    air    menggerakkan    kincir    atau    turbin.    Gerakan    kincir    air    akan menggerakkan   generator   listrik.   Generator   listrik   inilah   yang   membangkitkan energi    listrik.    Selain    sebagai    pembangkit    listrik,    waduk/    bendungan    juga digunakan   untuk   irigasi   (pengairan   sawah),   perikanan,   dan   sebagai   tempat wisata.

Udara    juga    merupakan    sumber    energi    bagi    tubuh,   yaitu    untuk    bernapas karena udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara juga dimanfaatkan untuk menghasilkan  listrik   yang   dinamakan   Pembangkit   Listrik   Tenaga   Bayu   (PLTB). Udara  yang   bergerak   disebut   bayu   atau   angin.   Bayu   (angin)   memiliki   energi kinetik.   Energi   kinetik   inilah   yang   dapat   menggerakkan   kincir.   Kincir   angin dapat   menggerakkan   generator   listrik.   Generator   listrik   akan   membangkitkan energi listrik.

Sumber   energi   bagi   kendaraan   adalah   BBM   (Bahan   Bakar   Minyak).   BBM berasal  dari  fosil  hewan.  Fosil  hewan  adalah  hewan  yang  mati  dan  tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk menyalakan kompor, untuk mesian-mesin di pabrik.


Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman - teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih Gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakakaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat.  Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!




Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.

Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.



Ayo Berlatih!

Coba kerjakan soal berikut di buku latihan tema ya nak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 12 November 2024

  TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )   SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA )  KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Selasa , 12...