Rabu, 01 Maret 2023

Kamis, 02 Maret 2023

   TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

 PRODUKSI PANGAN

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG 


Tema   : 7 Perkembangan Teknologi

Subtema  : 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran : 5

Tujuan Pembelajaran:

1.        Dengan membaca dan mengamati isi teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari teknologi pangan dengan tepat.

2.        Setelah menemukan arti dari kata yang berkaitan dengan teknologi pangan menggunakan kamus, siswa dapat menggunakan kata-kata tersebut dalam sebuah kalimat.

3.        Setelah menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan jelas dan tepat.

4.        Dengan memperhatikan penjelasan melalui gambar di blog, siswa dapat menemukan volume suatu benda dengan satuan tidak baku.

5.        Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan volume benda dengan tepat.

6.        Dengan menganalisis gambar, siswa dapat membandingkan volume air dengan tepat.

7.        Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi hal baik (dampak positif) dan hal tidak baik (dampak negatif) dari keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

 

Tidak jauh dari tempat tinggal Udin terdapat sebuah peternakan sapi. Udin dan teman – temannya di perbolehkan untuk mengunjungi peternakan tersebut dan Udin mendapatkan teks bacaan tentang Susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman – temannya membaca teks bersama – sama.  Berikut teksnya :

Apakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi?

1. Gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.

2. Susu dapat diolah menjadi produk baru seperti yoghut, keju, mentega, dan es krim.

3. Menjaga makanan berbahan susu menjadi lebih awet.

4. Makanan berbahan susu lebih menarik bagi anak-anak.


Manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah makanan berbahan dasar susu lebih awet, menjadi produk baru yang disukai anak-anak, serta gizinya dapat dinikmati kapan saja.

 

Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks "Pengolahan Susu Sapi".

Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus!

Kamu bisa minta bantuan pada orang tua di rumah

Ø  Daya tahan artinya kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dair luar yang dapat merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya)

Ø  Teknologi artinya metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

Ø  Pengemasan artinya proses, cara, perbuatan mengemasi.

Ø  Kedap udara artinya tidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembus oleh udara.

 

Contoh Kalimat baru menggunakan kata-kata di atas!

1. Daya tahan

Daya tahan tubuhnya sangat rendah sehingga mudah sakit.

2. Teknologi

Setiap negara berlomba-lomba menciptakan teknologi tercanggih.

3. Pengemasan

Pengemasan produk susu membuat susu menjadi lebih awet

4. Kedap udara

Kita tidak akan bisa bernapas di ruang kedap udara.

 



Memahami keberagaman dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kita saling mengerti satu sama lain. Kita tidak akan pernah memaksakan kehendak atau marah saat pendapat kita ditolak.

Selain itu, sifat tenggang rasa dalam diri kita akan terasah. Tenggang rasa artinya kita dapat menghargai perasaan orang lain.

Dengan begitu, kita bisa mempertahankan persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.

 

Setiap individu memiliki kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda. Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.


Ayo Mengamati

Volume Benda

Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.


Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B


volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B.

Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.

Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda.

Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku.

Gambar yang memiliki volume lebih banyak adalah berikut ini:



Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang bervolume paling banyak! Gambar 3,Gambar 2 dan Gambar 1

Namun sebaliknya jika di minta mengurutkan dari yang terbesar maka jawabannya 1, 2 dan 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 29 November 2024

  PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) KELAS 3 SEMESTER GANJIL  SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG  PAS HARI KE 1 Assalamualaikum wr wb Good morning, se...