Senin, 07 Oktober 2024

Selasa, 08 Oktober 2024

 TEMA 3 ( BENDA DISEKITAR KU )

 SUB TEMA 3 (PERUBAHAN WUJUD BENDA )

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Selasa, 08 Oktober 2024

Tema/ Sub Tema : 3/3

Subtema  3            :  Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran        : 1

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Kerja Kelompok/praktik percobaan


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang cara mengukur atau menimbang berat benda dengan alat satuan tak baku serta arti penting hidup sederhana.

Nah sekarang kita akan melanjutkan materi tentang perubahan wujud benda Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan melakukan percobaan, siswa dapat menuliskan informasi perubahan wujud sesuai dengan hasil percobaan.

2.    Dengan menyelesaikan soal latihan di Buku Siswa, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan berat.

3.    Dengan menggambar seni dekoratif, siswa dapat menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan tepat.

4.    Dengan melakukan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda.

5.    Dengan mencari informasi tentang peran yang ada, siswa dapat mengidentifikasi peran yang ada disekolah.

 

Kalian telah mengenal wujud benda. Ada padat, cair, dan gas. Kalian juga telah mengetahui sifat-sifatnya.

Sekarang, apa yang terjadi jika benda tersebut dipanaskan, didinginkan, dan diletakkan di udara terbuka? Apakah benda - benditu mengalami perubahan?

Benda dapat mengalami perubahan wujud. Jika benda tersebut dipanaskan atau didinginkan. Perubahan wujud apa sajakah  yang akan terjadi?

Perubahan wujud benda di alam tanda kebesaran Tuhan. Marilah pelajari perubahan wujud di sekitarmu!


Benda padat jika terkena panas akan mencair. Peristiwa mencair tidak hanya terjadi pada es.

Namun, proses mencair juga terjadi pada benda - benda padat lainnya. Apakah semua benda padat mencair pada waktu bersamaan?

Untuk memahami ini, lakukan percobaan berikut!

Bahan dan Alat

• Empat buah gelas plastik bekas kemasan air mineral

batu, cokelat, kapur, dan mentega


Langkah-Langkah Percobaan

1. Masukkan setiap benda ke dalam gelas. Satu gelas diisi dengan satu benda.

2. Letakkan gelas tersebut di ruangan terbuka. Ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Diamkan selama 15 menit. Coba perhatikan! Apa yang akan terjadi?





Hari ini Lani berulang tahun. Lani akan merayakan bersama teman-temannya. Ibu ingin membuatkan kue cokelat untuk Lani.

Di negara-negara yang mengalami empat musim, saat mu sim dingin tiba akan turun salju. Salju akan mencair begitu ganti musim semi. Tahukah kamu bahwa setiap butiran salju mempunyai bentuk yang khas?

mempunyai bentuk yang khas?

Kamu akan melihat butiran salju yang bentuknya berbeda-beda. Bentuk yang berbeda jika dilihat di bawah mikroskop.

Dari gambar butiran salju, terciptalah karya seni seperti berikut!

Kamu dapat menghasilkan karya seni. Untuk itu, kamu harus menggabungkan garis, bentuk, dan warna. Dengan demikian, hasilnya menjadi harmoni yang indah.



Pernahkah kamu menyimpan air dalam plastic di lemari pembeku? Apa yang akan terjadi dalam beberapa jam? Tentunya air akan berubah menjadi es, bukan? Meskipun kamu membuka ikatan plastik itu. Ternyata, es tidak akan tumpah. Mengapa demikian?

Wujud air berubah dari cair menjadi padat. Perubahawujud dari cair menjadi padat disebut membeku.

Kamu telah mengerjakan pembuatan es bersama kelompokmu. Adakah pembagian tugas di dalam kelompok? Dengan pembagian tugas, pekerjaan menjadi mudah dan ringan.

Begitu juga di sekolah. Siswa di sekolah ada peran masing-masing. Contohnya di SD Nusantara tempat Siti dan teman-temannya bersekolah. Ada guru yang mengajar sehari-hari di kelas. Ada pula kepala sekolah yang memimpin sekolah. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak.

Latihan soal

1.        Apakah yang dimaksud dengan proses mencair? Serta berikan contoh mencair lainnya di kehidupan sehari – hari!

2.         


3.        Untuk menghasilkan karya seni rupa , kita harus menggabungkan garis, bentuk, dan warna. Apa yang dimaksud dengan garis?

4.        Apa yang dimaksud dengan membeku?

5.        Dengan adanya pembagian tugas pekerjaan menjadi lebih ringan. Di sekolah ada siswa, guru juga kepalas sekolah, salah satu peran dan tugas seorang guru adalah . . 

      Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami perubahan wujud benda serta mempraktikan percobaan perubahan wujud benda mencair, membeku, menguap, mengembun, mengkristal dan menyublim, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham bagaimana perubahan wujud benda terutama pada perubahan benda mengristal dan menyublim. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta memberikan contoh yg lebih kongkrit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 15 November 2024

  TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )   SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA )  KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Jumat , 15 ...