Rabu, 22 Januari 2025

Kamis, 23 Januari 2025

 TEMA 5 CUACA

SUBTEMA 3 PENGARUH PERUBAHAN CUACA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA

KELAS 3B

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG 




Hari/Tanggal     : Kamis, 23 Januari 2025

Tema                 : 5 Cuaca

Subtema               :  3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia

Pembelajaran        : 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Tanya jawab, kerja kelompok


Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima subtema tiga yaitu tentang keadaan cuaca. Dan hari ini kita sudah masuk di sub tiga tentang Perubahan cuaca  terhadap aktivitas manusia ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menemukan istilah khusus yang berkaitan dengan perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia dan menunjukan sikap bersatu dalam keberagaman.

Nah sekarang kita akan melanjutkan materi tentang  menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan berpenyebut sama. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan kegiatan menulis percakapan, siswa dapat menyusun informasi tulis tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia dengan benar.

2. Dengan kegiatan berlatih menari, siswa dapat menyimulasikan cara bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3. Dengan menyelesaikan soal hitungan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan berpenyebut sama.


AYO MENGAMATI

Sepulang sekolah, Siti menonton berita di televisi. Pembawa acara menyampaikan prakiraan cuaca hari ini. Cuaca di daerah Siti diperkirakan hujan.Awalnya, Siti berencana bermain sepeda bersama

Lani. Setelah mendengar prakiraan cuaca di televisi. Siti mengurungkan niatnya. Ia akan menelepon Laniuntuk membatalkan rencana mereka.  Simaklah percakapan di telepon antara Siti dan Lani.Lengkapi kalimat yang rumpang dengan kata yang ada pada kotak di bawah ini!

prakiraan       mendung        berawan       sepeda   

batalkan        esok        hujan       cerah


Siti :  Halo, selamat siang. Bisa bicara dengan Lani?

Lani : Halo, iya ini Lani. Siapakah ini?

Siti : Hai, Lani. Ini Siti.

Lani : Hai, Siti. Ada apa?

Siti : Lani, aku baru saja menonton  prakiraan cuaca. Diperkirakan sore ini akan mendung   dan berawan di daerah kita.

Lani :  : Oh, ya? Wah, padahal kita berencana akan main  sepeda  keliling komplek sore ini.

Siti : Iya, sepertinya kita  batalkan saja rencana kali ini. Mungkin bisa   kita lakukan   esok  atau lain waktu. Aku khawatir setelah mendung akan turun  hujan   

Lani :  Baiklah Siti, tidak apa-apa. Kita lakukan lain waktu saat cuaca  cerah .

Siti :  Oke, Lani, sampai jumpa besok di sekolah.

Lani : Sampai jumpa.

Perubahan cuaca dapat terjadi setiap saat. Terkadang kita sudah merencanakan sesuatu. Akan tetapi, mungkin tidak dapat kita lakukan. Hal ini disebabkan cuaca yang tidak mendukung.  Pernahkah kamu mengalami hal yang sama seperti Siti dan Lani? Ya Tentunya.

Ayo Mengamati

Siti membatalkan rencana bersepeda bersama Lani. Ia menggantinya dengan membaca buku. Buku  yang baru dibeli Ayah kemarin. Selain hobi membaca, Siti juga suka menari. Ayah menghadiahi Siti sebuah buku. Buku itu bercerita tentang tarian tradisional Indonesia. Tahukah kamu tarian apa saja yang ada di Indonesia?

Tari Balen Dadas (Dayak, Kalimantang Tengah)

Tari Serimpi (Yogyakarta dan surakarta)


Tari Piring (Sumatra Barat)

Tari Ratoe Jaro (Aceh)

Tarian Nusantara sangat beragam. Kita boleh mempelajarinya. Tidak selalu harus sesuai dengan daerah asal kita. Boleh dari berbagai daerah. 

Berlatihlah satu tarian Nusantara. Kalian dapat belajar dari teman. Dapat juga dengan orang tua teman yang pandai menari. Atau, belajar melalui  video Cintailah budaya nusantara kita.

Latihan menari sungguh menyenangkan. Ini dapat dijadikan kegiatan alternatif di saat hujan.

Selesai berlatih, Siti beristirahat sejenak. Siti menikmati buah semangka yang telah disiapkan oleh Ibu.   Satu buah semangka, awalnya dipotong menjadi 2 bagian. Lalu dipotong lagi menjadi 4 bagian. Siti baru memakan seperempat bagian. Ia akan melanjutkan seperempat bagian lagi setelah makan malam.

 



Contoh Soal:

ibu dan Siti akan membuat kue bolu. Ibu menghabiskan  3/4 kg tepung untuk satu loyang  kue bolu. Ibu akan membuat 3 loyang kue bolu. Berapa jumlah tepung yang ibu butuhkan untuk 3 loyang kue bolu?

¾ + ¾ + ¾ =  9

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menyelesaikan masalah sehari hari terkait penjumlahan berpenyebut sama. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami cara menyelesaikan soal penjumlahan berpenyebut sama. Untuk mengatasi hal tersebut guru menjelaskan ulang materi dan memberikan kembali latihan soal yg berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 11 Maret 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret  2025 Tema           ...