TEMA 5 CUACA
SUBTEMA 2 PERUBAHAN CUACA
KELAS 3B
SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Senin, 13 Januari 2025
Tema : 5 Cuaca
Subtema : 2 Perubahan Cuaca
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat peraga : Video Pembelajaran/PPT/Gambar
Metode : Diskusi, tanya jawab
Assalamualaikum...Good Morning....Tabik pun 🙏
Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah melewati materi ditema 5 sub 2 yaitu tentang keadaan cuaca. Dan hari ini kita sudah masuk di sub dua tentang Perubahan cuaca ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menentukan nilai pecahan.
Nah sekarang kita akan melanjutkan materi tentang mengidentifiksi pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh cuaca kemudian membandingkan dua pecahan berpembilang dengan benar adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia.
2. Dengan mengamati benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang dengan benar.3. Dengan mengamati gambar, Siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat lambat kepala dengan benar.
4. Dengan berdiskusi bersama anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari - hari di lingkungan sekitar dengan lengkap.
Pagi ini, cuaca sangat cerah. Matahari bersinar terang. Siti dan teman-teman berbaris mengikuti upacara bendera. Saat istirahat, cuaca berawan. Mereka pun bermain di halaman sekolah dengan nyaman. Mereka bermain tapak gunung dan lompat tali.
Namun, saat pulang sekolah, cuaca berubah mendung. Tanda sebentar lagi akan turun hujan.
Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas. Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.
Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan. Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan
terkadang udara terasa agak panas. Jika hujan turun, udara terasa dingin. Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.
Sudahkah kamu membaca teks tentang cuaca? Informasi apa sajakah yang kamu peroleh dalam teks bacaan tersebut?
Yuk anak-anak dapat menuliskan 1 saja informasi yang didapat pada teks bacaan di atas dan kemudian jawab di kolom komentar sebagai absen kehadiran ya nak👍
Ayo Mengamati
Hari ini adalah hari Minggu. Saat sore hari, cuaca berawan dan udara terasa sejuk. Dayu mengajak teman-temannya ke balai desa. Dayu mengajak mereka untuk beraktivitas di luar rumah.
Dayu, Siti, dan Lani akan belajar menari. Sementara, Beni, Udin, dan Edo mau bermain bola di lapangan. Sebelum beraktivitas, Dayu mengajak mereka untuk menikmati buah melon yang di bawanya.

Beni mengambil satu buah melon. Melon itu sudah dipotong-potong oleh Dayu di rumah. Beni lalu menghitung potongan melon tersebut.
Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Dalam bentuk nilai pecahan,bagian itu dilambangkan dengan 1/8
.
Setelah itu, Edo mengambil buah melon yang kedua. Melon itu juga sudah dipotong-potong. Edo menghitung potongan melon tersebut.

Melon yang kedua dipotong menjadi 6 bagian yang sama besar. Dalam bentuk pecahan, bagian itu
dilambangkan dengan 1/6. Lani mengambil 1 potong buah dari melon yang pertama. Sedangkan Beni mengambil 1 potong buah dari melon yang kedua. Apakah potongan buah dari kedua melon itu sama besar? Mengapa?
Perbandingan ukuran potongan melon Lani dan Beni 1/6 > 1/8
Dayu dan teman-teman lalu menyantap buah melon hingga habis. Mereka saling membandingkan banyaknya potongan buah melon yang telah dimakan.
Simbol:
> : lebih dari
< : kurang dari
= : sama dengan
Coba amati lagu berikut ini :
dan kalian dapat membuka buku tema 5 halaman 59 gerakan kepala dengan cepat dan lambat sesuai lagu diatas.
tahukah kamu mengapa sikap saling membantu itu penting? apakah manfaat dari sikap tersebut?
berikut manfaatnya :
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan cuaca serta membandingkan pecahan berpembilang dengan benar. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami cara mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan cuaca dan membandingkan pecahan berpembilang. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar