Senin, 06 Januari 2025

Selasa, 07 Januari 2025

 TEMA 5 CUACA

SUBTEMA 1 KEADAAN CUACA

KELAS 3B

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG 




Hari/Tanggal     : Selasa, 07 Januari 2025

Tema                 : 5 Cuaca

Subtema               :  1 Keadaan Cuaca 

Pembelajaran        : 3

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT/Gambar

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum...
Good Morning....Tabik pun 🙏
Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Nah bagai mana perasaan kalian dihari kedua pembelajaran pagi hari ini tentu nya selalu semangat dan menyenangkan ya. 
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah melakukan refleksi kegiatan pembelajaran disemester satu kemarin dan anak anak pun sudah percaya diri menceritakan liburan sekolah kemarin. Kemudian anak anak juga sudah mengenal simbol-simbol cuaca, ada cuaca cerah, berawan, mendung dan hujan.

Nah sekarang kita akan melanjutkan materi tentang keadaan cuaca dan tempo irama . Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan kegiatan membaca teks, siswa dapat menentukan kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar.

2. Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat menyajikan pecahan menggunakan benda konkret dengan benar.

3. Dengan kegiatan menyanyi, siswa mampu menunjukkan pola irama yang sama pada sebuah lagu dan dapat menirukan nyanyian dengan benar.

Ayo Berlatihh


Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini. Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya.

  Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga. Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi.



    Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar. Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.

   Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.


Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong. 

Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.

Ayo Membaca

Edo menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.
Persahabatan Matahari dan Awan

Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah. 

Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan. 
“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.
“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.
“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah  aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.

“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca  cerah itu,” ujar Awan.

“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka  memanfaatkannya untuk bermain.”
Ayo Mengamati

Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan  keadaan cuaca dari cerita itu? 
Jadi kosa kata yang terdapat dari cerita Persahabatan Matahari dan Awan adalah :

cerah - sinar - hujan - matahari - awan - terik

Ayo Bernyanyi

Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu
Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar  indah.




Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami keadaan cuaca cerah, berawan, cerah berawan, mendung dan hujan. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami atau membedakan cuaca cerah dan berawan. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya reald dengan melihat cuaca cerah diluar kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 11 Maret 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret  2025 Tema           ...