Jumat, 17 Januari 2025

Selasa, 21 Januari 2025

 TEMA 5 CUACA

SUBTEMA 3 PENGARUH PERUBAHAN CUACA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA

KELAS 3B

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG 




Hari/Tanggal     : Selasa, 21 Januari 2025

Tema                 : 5 Cuaca

Subtema               :  3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia

Pembelajaran        : 2 dan 3

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima subtema tiga yaitu tentang keadaan cuaca. Dan hari ini kita sudah masuk di sub tiga tentang Perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia  ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahan cuaca dan pengaruhnya pada aktivitas manusia dengan benar.

2. Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa dapat menyimulasikan cara menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik

3. Dengan kegiatan mempelajari materi di blog. siswa dapat menjumlahkan hasil pecahan yang berpenyebut sama


Ayo Berdiskusisi

Dayu menceritakan banyak hal. Tak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani. Kebun dan ladang mulai rusak. Terkena cuaca panas akibat abu vulkanik. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup. 

Siti mengajak teman-teman berdiskusi. Tanaman apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya.

Perhatikan percakapan mereka berikut ini!



Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah. Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.


Hari makan bersama pun tiba. Setiap anak sudah membawa makanan khas daerahnya. Edo membawa makanan pokok berupa papeda. Siti membawa makanan pokok berupa nasi. Temanteman lain membawa lauk pauknya. 

Beni dari Manado membawa ikan dengan sambal dabu-dabu. Dayu membawa sate lilit khas Bali. Lani membawa capcay masakan khas keluarganya. Mereka duduk membuat lingkaran. Makanan yang mereka bawa diletakkan di tengah. Makan bersama sungguh menyenangkan. Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu!


Proses terjadinya hujan 


Hujan adalah air yang jatuh dari langit. Hujan jatuh ke bumi karena awan terisi penuh dengan embun yang menjadi air.

Proses terjadinya hujan dimulai dari sinar matahari yang panas menyebabkan adanya proses penguapan. Air yang berada di bumi seperti laut, sungai, serta sumber air lainnya mengalami penguapan.

Uap air terkumpul di udara dalam bentuk awan. Awan yang terbentuk menjadi semakin besar. Adanya angin juga membuat awan kecil berkumpul menjadi besar

Karena kandungan air di awan yang sudah besar dan tidak bisa ditampung lagi maka butiran-butiran air akan jatuh. Terjadilah hujan.

Ayo Berlatih

Perubahan cuaca tak hanya berpengaruh pada hasil panen. Akan tetapi, juga berpengaruh pada alat transportasi. Saat cuaca hujan, mobil, angkutan kota, bahkan bus akan melaju dengan pelan. 
Sore itu, Lani akan pergi ke rumah Opa. Ia berangkat naik bus bersama Mama. Perjalanan ditempuh seperempat hari. Cukup lama dan membuat Lani bosan. Lani menulis soal-soal pecahan. Ini dilakukan
untuk mengusir rasa bosannya.

Apakah kamu dapat memecahkan soal-soal pecahan buatan Lani?
Yuk, kita coba selesaikan bersama!

Contoh Soal : 

Di dalam bus, Lani membuka bekal makanannya. Lani membawa kue lapis yang sudah dipotong
menjadi 10 bagian sama besar.


Lani makan 3 potong kue. Mama makan 2 potong kue. Berapa bagian kue yang dimakan Lani dan Mama?

Jawab: 3/10 + 2/10 = 5/10 


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu Hesti akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami cara menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan berpenyebut sama dengan benar. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami bagai mana cara menyelesaikan masalah penjumlahan berpengaruh sama. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi dan memberikan banyak contoh soal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 11 Maret 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret  2025 Tema           ...