TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA
SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Hari/Tanggal : Senin, 10 Februari 2025
Tema : 6 Energi dan Perubahannya
Subtema : 1 Sumber Energi
Pembelajaran : 6
Alat peraga : Video Pembelajaran, Ppt
Metode : Tanya jawab, Diskusi
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima dan sekarang kita akan mempelajari materi ditema enam ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang menentukan hak yang terkait dengan penggunaan
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,
Pembelajaran: 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengidentifiasi istilah-istilah terkait energi, siswa mampu menyusun informasi lisan dengan benar.
2. Dengan menuliskan hasil diskusi, siswa mampu menentukan hak yang terkait dengan penggunaan sumber energi dengan tepat
3. Dengan latihan soal, siswa mampu menentukan satuan waktu dengan tepat.
Guru menjelaskan pentingnya melestarikan sumber energi. Setelah mendengar penjelasan guru, Siti memahami. Kini Siti menyadari kewajiban menghemat energi. Siti tidak lagi membiarkan keran air terbuka setelah selesai dipakai. Siti tidak lagi menghambur-hamburkan air saat mandi. Siti juga mulai membiasakan diri mematikan lampu yang tidak diperlukan. Siti telah melaksanakan kewajibannya di rumah. Orang tuanya memberikan hak untuk memanfaatkan energi. Berikut ini contoh hak yang diperoleh Siti.
1. Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi.
2. Menggunakan lampu saat belajar.
3. Menyalakan kipas angin saat kepanasan.
4. Menyalakan televisi untuk hiburan.
Kita boleh menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban. Jadi kewajiban harus didahulukan daripada hak. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.
Kalian telah diskusi dengan teman untuk melengkapi tabel di atas. Sekarang buatlah sebuah tulisan tentang sumber energi yang telah kamu pelajari. Kamu dapat menulis tentang matahari, air, angin, atau makanan. Semakin lengkap informasimu semakin baik.
Sumber Energi Matahari
Energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dan fotosintesis pada tumbuhan.
Matahari mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi bumi. Energi pancaran matahari telah membuat bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara dan air di bumi bersirkulasi, dan banyak hal lainnya.
Matahari juga merupakan sumber energi terbesar di bumi. Tanpa matahari, sulit di bayangkan bagaimana kehidupan di bumi. Berkat adanya sinar matahari, dunia ini menjadi hidup karena sinar matahari memberikan energi pada semua makhluk bumi.
Sumber energi matahari sudah dimanfaatkan sejak dahulu. Panas Matahari biasa digunakan untuk mengeringkan cucian, mengeringkan hasil bumi, mengeringkan air laut agar menghasilkan kristal kristal garam, dan lainnya.
Bahkan kini, energi matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Untuk mendapatkan manfaat ini, maka pelat-pelat logam biasanya akan diletakkan di atas gedung yang memanfaatkan energi matahari sebagai sumber listrik.
Pelat-pelat ini kemudian menyerap panas dari matahari. Dengan berbagai teknologi, panas matahari akan diubah menjadi listrik.
Panas matahari bisa digunakan secara langsung, maupun disimpan dengan cara dipindahkan ke media lain. Penyimpanan panas ini akan digunakan pada
malam hari untuk keperluan listrik pada rumah atau gedung itu.


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menyebutkan hak dan kewajiaban bagaimana cara memanfaatkan hemat energi. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami atau menyebutkan hak dan kewajiban mengjemat energi..
Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh konkret contoh memwatikan keran air saat tidak digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar