Sabtu, 15 Februari 2025

Senin, 17 Februari 2025

 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Hari/Tanggal     : Senin, 17 Februari 2025

Tema                : 6 Energi dan Perubahannya

Subtema               :  2 Perubahan Energi

Pembelajaran        : 6

Alat peraga           : Video Pembelajaran, Ppt

Metode                 : Tanya jawab, kerja kelompok

Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima dan sekarang kita akan mempelajari materi ditema enam ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari dan menyebutkan hak dan kewajiban cara menghemat energi. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang mengidentifikasi istilah-istilah terkait perubahan energi, siswa mampu menyusun informasi berdasarkan istilah-istilah tersebut dengan benar.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,

Tujuan Pembelajaran           :


1.    Dengan mengidentifikasi istilah-istilah terkait perubahan energi, siswa mampu menyusun informasi berdasarkan istilah-istilah tersebut dengan benar.

2.    Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban terkait penggunaan energi dengan tepat.

3.    Dengan  latihan soal, siswa mampu menentukan lamanya suatu kegiatan dalam satuan  jam dan menit dengan tepat.


Ayo Mengamati! 

Kalian sudah mempelajari bahwa perubahan energi selalu terjadi kapanpun dan di manapun. Seringkali kita tidak menyadari terjadinya perubahan energi. Contohnya, ketika menonton televisi. Kalian tidak menyadari bahwa telah terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya.

Perubahan energi lainnya yang sering tidak disadari, misalnya saat buah jatuh. Saat buah jatuh juga terjadi perubahan energi. Perubahan tersebut energi gerak menjadi energi bunyi. Perubahan energi adalah peristiwa yang setiap saat dapat diamati. Sekarang, susunlah informasi perubahan energi. 

Perubahan tersebut energi gerak menjadi energi bunyi. Perubahan energi adalah peristiwa yang setiap


saat dapat diamati. Sekarang, susunlah informasi perubahan energi. Mulai dari bangun tidur sampai kamu tiba di sekolah. Lihat tabel berikut untuk membantumu!



Ayo Berdiskusi!

Energi adalah karunia Tuhan yang sangat besarManusia tidak mampu menciptakan energi. Manusia juga tidak mampu memusnahkannya. Manusia hanya mampu mengubah bentuknya. Perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Perubahan inilah yang dapat dimanfaatkan. Siapapun berhak memanfaatkan energi yang ada di muka bumi ini. Namun, jika ada hak, maka akan ada kewajiban yang harus ditunaikan. Contohnya kita berhak menggunakan listrik. Akan tetapi kita juga berkewajiban membayar rekening listrik.



Ayo Berdiskusi!

Energi adalah karunia Tuhan yang sangat besarManusia tidak mampu menciptakan energi. Manusia juga tidak mampu memusnahkannya. Manusia hanya mampu mengubah bentuknya. Perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Perubahan inilah yang dapat dimanfaatkan. Siapapun berhak memanfaatkan energi yang ada di muka bumi ini. Namun, jika ada hak, maka akan ada kewajiban yang harus ditunaikan. Contohnya kita berhak menggunakan listrik. Akan tetapi kita juga berkewajiban membayar rekening listrik.

Berikut contoh hak dan kewajiban saling berhubungan terkait dengan penggunaan energi :



Ayo Berlatih

Lama dan besarnya penggunaan energi listrik mempengaruhi besarnya biaya yang harus dibayar. Tentukan lama penggunaan alat-alat listrik pada tabel berikut! Kemudian, bandingkan penggunaan alat-alat tersebut dari yang paling lama sampai yang paling besar biaya listriknya.




Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, serta dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.
Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, serta dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.
 Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh dengan menggunakan alat peraga jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 11 Maret 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret  2025 Tema           ...